Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Jagakarsa Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Jagakarsa –ย Delivery order nasi tumpeng adalah cara praktis untuk mendapatkan tumpeng. Namun sudah tahukah Anda mengenai berbagai fakta nasi tumpeng yang sering disajikan dalam acara syukuran? Jika belum tahu, berikut adalah 5 fakta dan hal menarik tentang nasi tumpeng.

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Jagakarsa

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Jagakarsa Jakarta Selatan

  1. Filosofi Tumpeng

Tradisi menghidangkan tumpeng sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Pada awalnya, hidangan ini disajikan untuk memuliakan leluhur yang sudah meninggal. Namun ketika ajaran Islam sudah masuk ke Nusantara, tradisi tumpengan kemudian diadopsi sebagai sajian dalam acara syukuran kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kemudian di zaman modern seperti sekarang ini, tumpeng bergeser fungsinya menjadi sajian dalam acara perayaan ulang tahun, acara perpisahan, acara peresmian, dll. Meskipun begitu, fungsinya sebagai bentuk rasa syukur tetap dipertahankan. Karena biasanya bagian ujung tumpeng akan dipotong setelah prosesi pembacaan doa.

  1. Bentuk Tumpeng

Cukup banyak pembeli di jasa catering nasi tumpeng di Jagakarsa Jakarta Selatan yang penasaran dan bertanya kenapa tumpeng memiliki bentuk kerucut. Ternyata, bentuk tumpeng yang mengerucut adalah simbol geografis di Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi. Karena dahulu, tumpeng dipersembahkan untuk dewa-dewi yang dipercaya bersemayam di gunung. Namun, ajaran tersebut berubah seiring berkembangnya ajaran Islam di Indonesia.

Kini, bentuk kerucut tumpeng dianggap memberikan konsep ketuhanan. Selain itu juga dianggap sebagai harapan dan doa. Itulah sebabnya, nasi tumpeng sering disajikan dalam berbagai acara syukuran dan selamatan.

  1. Arti Menu dalam Tumpengan

Ada berbagai varian menu yang bisa didapat di catering nasi tumpeng enak di Jagakarsa Jakarta Selatan. Setiap lauk-pauk itu pun memiliki artinya masing-masing. Contohnya ayam jago yang digunakan dengan tujuan untuk menghindari sifat-sifat yang dimiliki oleh ayam jago seperti sombong dan tidak setia. Ikan lele diartikan sebagai simbol ketabahan karena ikan ini dikenal kuat dan mampu hidup di tempat-tempat sulit. Selain itu, telur ayam rebus juga melambangkan perencanaan dan penyusunan haruslah dilakukan dengan matang supaya mendapatkan hasil yang sempurna.

  1. Arti Warna Nasi Tumpeng
baca juga  Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Srengseng Sawah Jakarta Selatan

Jika pesan nasi tumpeng murah di jasa catering kami sebenarnya ada berbagai macam jenis nasi yang digunakan. Namun yang paling umum digunakan adalah nasi kuning. Jenis nasi ini melambangkan gunung emas yang diartikan sebagai kemakmuran dan kekayaan moral. Oleh sebab itulah, tumpeng nasi kuning sering disajikan dalam perayaan atau syukuran seperti panen raya, kelahiran anak, pernikahan, dll. Sementara itu, ada juga tumpeng yang menggunakan nasi putih ataupun nasi uduk sebagai bahannya. Warna putih dimaknai sebagai simbol kesucian sehingga sering digunakan dalam acara yang berkaitan dengan keagamaan.

  1. Tiap Tumpeng Memiliki Fungsinya tersendiri

Tumpeng ada banyak sekali ragam jenisnya. Setiap jenis nasi tumpeng tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu contohnya adalah tumpeng robyong. Tumpeng ini biasanya disajikan dan dipotong sebelum dilakukan prosesi penyiraman dalam acara pernikahan adat Jawa. Contoh lainnya adalah tumpeng nujuh bulan. Tumpeng ini biasa disajikan dalam acara peringatan kehamilan tujuh bulan sebagai bentuk rasa syukur dan memohon keselamatan bayi yang dikandung.

Itulah beberapa hal menarik seputar nasi tumpeng yang belum banyak orang mengetahuinya. Makna yang terkandung di dalamnya merupakan salah satu alasan kenapa nasi tumpeng sering dihidangkan dalam acara syukuran dan suka cita. Jika berminat untuk membeli tumpeng untuk berbagai keperluan, silakan pesan nasi tumpeng terbaik di Jagakarsa Jakarta Selatan.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan