Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pesanggrahan Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pesanggrahan – Saat mengadakan acara peringatan kelahiran, pernikahan, ataupum wafatnya seseorang maka nasi tumpeng bisa disajikan. Dan khusus untuk memperingati meninggalnya seseorang, dalam adat Jawa dikenal tradisi pembuatan tumpeng pungkur. Berikut ini adalah tradisi dan makan terkait tumpeng pungkur.

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pesanggrahan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pesanggrahan Jakarta Selatan

  1. Fungsi tumpeng Pungkur

Perlu diketahui, tumpeng pungkur merupakan tumpeng yang disajikan dalam acara kematian seseorang dalam tradisi Jawa. Fungsinya yaitu sebagai simbol perpisahan antara arwah yang meninggal dengan keluarga dan orang-orang yang ditinggalkan. Tumpeng pungkur dijadikan sebagai utama dalam acara ungkur-ungkuran bersama dengan sajian hidangan pelengkap lainnya. Sama halnya dengan tumpeng jenis lainnya, tumpeng pungkur juga dilengkapi dengan berbagai lauk-pauk serta akan dipotong. Selain itu, penggunaan nasi putih pada tumpeng pungkur juga menjadi hal yang membuatnya berbeda dengan tumpeng jenis lainnya yang kebanyakan menggunakan nasi kuning.

  1. Bentuk tumpeng dan maknanya

Yang membuat tumpeng pungkur unik yaitu bentuknya yang tidak kerucut seperti nasi tumpeng pada umumnya. Sajian yang bisa dipesan di jasa catering nasi tumpeng di Pesanggrahan Jakarta Selatan ini memiliki bentuk kerucut yang dibelah dua dari puncak ke pangkal. Kemudian nasi tumpeng yang sudah dibelah tersebut diletakkan bersebelahan dengan posisi saling membelakangi. Bentuk ini melambangkan perpisahan antara orang yang sudah meninggal dengan orang-orang yang ditinggalkannya. Selain itu, juga sebagai simbol yang menandakan bahwa keluarga yang ditinggalkan sudah ikhlas dengan kepergiannya. Bentuk seperti ini pun masih digunakan sampai sekarang sebagai tradisi memperingati meninggalnya seseorang dalam adat Jawa.

  1. Menu tumpeng

Menu dalam tumpeng pungkur adalah berupa lauk-pauk dan sayuran yang terdiri dari tujuh macam. Dalam filosofis Jawa, angka 7 berarti pitu atau pitulungan (pertolongan). Maksudnya adalah sebagi doa memohon pertolongan untuk orang yang sudah meninggal.  Aneka menu yang bisa dipilih antara lain kangkung, telur rebus, kacang panjang, kubis, wortel, kecambah, dan bayam. Dalam tradisi Jawa sayur bayam juga memiliki filosofis yang diartikan sebagai bayem (ayem). Dalam bahasa Indonesia berarti tenang. Semua menu tumpeng pungkur dengan kualitas terbaik bisa didapatkan di catering nasi tumpeng enak di Pesanggrahan Jakarta Selatan.

  1. Hidangan pelengkap
baca juga  Tumpeng Enak di Jakarta

Selain hidangan utama berupa nasi tumpeng pungkur, harus disajikan juga hidangan pendamping. Di antaranya adalah ayam ingkung, mie rebus, gebing kelapa, kerupuk, dan tempe goreng. Berbagai hidangan dan tumpeng pungkur nantinya akan dinikmati bersama-sama oleh orang-orang yang hadir dalam acara tersebut. Makna dari kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kebersamaan antar masyarakat. Jadi selain berfungsi sebagai peringatan kematian, acara ini juga bermanfaat untuk mempererat persaudaraan dan silaturahmi di antara masyarakat.

  1. Tradisi ungkur-ungkuran

Tradisi ungkur-ungkuran adalah acara memperingati kematian yang dilakukan oleh masyarakat suku Jawa. Sampai saat ini, hal tersebut masih terus dilestarikan dan cukup banyak orang yang melakukannya. Tumpeng pungkur dengan nasi putih merupakan sajian utama yang harus ada dalam acara tersebut. Jika ingin mengadakan acara serupa ketika mengenang kematian seseorang, bisa pesan nasi tumpeng murah dengan kualitas terbaik di kawasan Pesanggrahan Jakarta Selattan.

Itulah tradisi ungkur-ungkuran dan makna yang terkandung di dalamnya. Acara peringatan kematian ini masih terjaga kelestariannya terutama di kalangan masyarakat Jawa. Untuk urusan tumpeng pungkur, bisa pesan nasi tumpeng terbaik di Pesanggrahan Jakarta Selatan.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Balasan