Cara Pembuatan Nasi Uduk

Cara Pembuatan Nasi Uduk – Siapa yang tidak mengenal hidangan berupa nasi uduk? Nasi uduk ini biasanya akan banyak ditemukan di Jakarta dan sekitarnya. Hal ini karena hidangan ini termasuk dalam hidangan tradisional yang berasal dari suku Betawi. Nasi uduk ini biasanya akan disantap sebagai salah satu hidangan sarapan. Selain itu juga banyak ditemukan pada acara-acara adat khas Betawi.

Cara Pembuatan Nasi Uduk

Mengenal Asal-usul dan Sejarah Nasi Uduk

Untuk Anda yang belum pernah mencoba nasi uduk, mungkin hanya akan melihatnya sebagai nasi putih biasa saja. Akan tetapi nasi uduk ini memiliki cita rasa dan juga aromanya yang gurih. Selain itu jika dilihat dari teksturnya nasi uduk tidak terlalu pulen seperti nasi putih pada umumnya.

Nasi uduk ini nantinya akan dipadukan dengan berbagai macam jenis lauk pauk. Misalnya seperti ayam goreng, kering tempe, telur dadar atau telur balado dan beberapa jenis lauk yang lainnya. Nasi uduk ini akan sangat mudah Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional pada saat pagi hari. Selain itu juga banyak tempat catering yang menerima pesanan nasi uduk tersebut.

Tidak banyak orang tahu bahwa nasi uduk ini termasuk dalam hidangan yang berasal dari dua budaya yang dipadukan menjadi satu. Nasi uduk mulai ada pada abad sekitar 14 sampai 16. Di abad tersebut, bangsa Melayu masih dijajah oleh bangsa Portugis.

Kemudian tanah melayu berpindah tangan ke Batavia sehingga dijuluki suku Betawi. Pada saat yang bersamaan juga kerajaan Mataram juga diduduki oleh VOC di mana membuat suku Jawa berpindah ke Batavia.

Nasi uduk ini sebenarnya termasuk makanan yang dikonsumsi oleh para pedagang dari suku Melayu. Pedagang Melayu yang berasal dari Sumatra kemudian membawa nasi uduk tersebut ke pulau Jawa dengan cara perdagangan.

Sedangkan untuk suku Jawa pada saat berpindah ke Batavia, membawa nasi gurih. Jadi dalam kata lain nasi uduk merupakan perpaduan dua budaya antara budaya Jawa dan Melayu. Pada awalnya, nasi uduk tersebut dinamakan dengan nasi lemak oleh masyarakat Sumatra.

Makna nama nasi uduk tersebut merupakan nasi yang dicampur menjadi satu. Oleh karena itu cara pembuatan nasi uduk mudah adalah dengan mencampurkan antara nasi dengan berbagai macam lauk pauk menjadi satu. Hal ini juga yang membuat nasi uduk khas dengan lauk pauknya yang mencampur menjadi satu dalam satu bungkus.

Selain itu makna kata uduk juga bisa berarti susah. Hal tersebut karena nasi uduk dulunya hanya dijual di daerah pasar tradisional tanah abang. Orang-orang yang membeli nasi uduk juga adalah orang-orang dari kalangan bawah.

Sedangkan untuk di Pulau Jawa sendiri, nasi uduk banyak dijual di daerah Kebon Kacang, Jakarta. Hal ini juga yang membuat beberapa orang menambahkan kataย  kebon kacang pada nasi uduk.

Pelajari Berbagai Cara Pembuatan Nasi Uduk Yang Mudah

Cara untuk membuat nasi uduk bisa dibilang cukup mudah. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan rice cooker. Hanya saja memang butuh membuat beberapa jenis lauk sebagai pelangkapnya. Jika Anda ingin mendapatkan nasi uduk untuk acara syukuran atau acara yang lainnya, lebih baik memang memesannya melalui jasa catering. Berikut adalah cara untuk membuat nasi uduk.

  • Nasi uduk beras merah

Nasi uduk tidak harus selalu menggunakan nasi putih. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi nasi uduk dengan lebih sehat, bisa menggunakan beras merah. Pertama adalah menyiapkan beberapa bahannya seperti santan, beras merah, air, serai, daun salam, lengkuas dan sedikit garam. Cara selanjutnya adalah dengan merebus santan dengan lengkuas, serai, daun salam dan sedikit garam.

Aduk santan tersebut hingga mendidih. Selanjutnya beras merah yang sebelumnya sudah Anda cuci bisa dimasukkan pada rice cooker. Masukkan air santan yang tadi sudah mendidih pada rice cooker sesuai dengan takaran airnya. Masak hingga matang. Ketika sudah matang, aduk kembali sebentar kemudian tekan kembali tombol masak dan tunggu hingga tombol berubah menjadi warm.

  • Nasi uduk sederhana

Cara pembuatan nasi uduk cepat selanjutnya adalah nasi uduk sederhana yang juga mudah untuk dibuat. Pertama adalah dengan menyiapkan bahan seperti beras, ยฝ sendok teh merica, kayu manis, batang serai, cengkeh, daun salam dan santan kental. Kemudian rebus santan dengan semua bahan yang lainnya selain beras. Aduk hingga santan mendidih.

Campurkan beras dan juga santan. Jangan lupa untuk mencuci berasnya terlebih dulu. Kukus atau masak beras tersebut hingga matang dan menjadi nasi. Nasi uduk sederhana bisa Anda sajikan dengan beberapa tambahan lauk.

  • Nasi kuning uduk

Selain menggunakan nasi merah, nasi uduk juga bisa menggunakan nasi kuning. Beberapa bahan yang Anda butuhkan seperti santan, daun pandan, garam, bawang merah, lengkuas, jahe, daun salam, serai, kunyit, kelapa tua dan beras. Pertama adalah dengan membersihkan beras hingga bersih dan merendamnya dengan air.

Bumbu halus yang terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe, garam dan juga bawang merah dihaluskan. Setelah itu masukkan bumbu halus tersebut pada santan. Rebus santan dengan tambahan bumbu tadi hingga mendidih, Masukkan beras yang air rendamannya sudah dibuang ke dalam santan. Rebus menggunakan api yang kecil sambil terus menerus diaduk dan masukkan serai dan daun salam.

Jika beras sudah hampir matang, ambil daun salam dan juga serainya. Dengan menggunakan panci yang berbeda. Siapkan kukusan untuk mengukus nasi yang tadi setengah matang. Masukkan daun pandan untuk menambah aroma harumnya. Nasi kuning uduk sudah bisa Anda hidangkan ketika matang. Jika ingin menggunakannya untuk tumpeng lebih baik tunggu hingga dingin terlebih dulu.

  • Nasi uduk lengkap

Cara pembuatan nasi uduk enak selanjutnya adalah nasi uduk lengkap dengan berbagai macam lauk andalannya. Bahan untuk membuat nasi uduknya hampir sama yaitu beras, santan, daun salam, jahe, lengkuas, serai dan garam secukupnya. Kemudian didihkan santan dengan tambahan bahan lainnya kecuali beras. Tunggu hingga mendidih.

Sambil menunggu, Anda bisa membersihkan atau mencuci beras hingga bersih. Jika santan sudah mendidih Anda bisa memasukkan beras. Aduk hingga air terserap pada beras sehingga tidak ada air santan. Selanjutnya beras yang sudah setengah matang tersebut bisa Anda kukus.

Kukus beras hingga matang kurang lebih selama 30 menit. Jika sudah matang, maka nasi uduk bisa Anda sajikan dengan orek tempe, semur tahu dan telur, perkedel kentang dan sambal kacang. Jika ingin lauk berupa ayam, Anda bisa menyajikan ayam goreng atau daging semur.

Cara pembuatan nasi uduk sekarang memang sangat mudah. Anda bahkan bisa membuatnya menggunakan rice cooker saja jika tidak ingin repot. Anda juga memesan nasi kotak dengan menu nasi uduk di Jakarta Nasi Tumpeng untuk acara syukuran, rapat dan lainnya sebagainya. Segera hubungi kami lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan konsumsi sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan