Cara Membuat Nasi Warna-Warni

Cara Membuat Nasi Warna-Warni – Punya masalah dengan anak yang sulit makan, jangan khawatir Anda perlu berkreasi lebih banyak. Saat ini yang paling banyak menarik minat anak untuk makan adalah nasi warna-warni. Bentuknya sangat lucu dan unik sehingga anak akan penasaran dengan rasanya. Anda juga tidak perlu khawatir karena warna yang digunakan dari bahan alami.

Cara Membuat Nasi Warna-Warni

Cara Membuat Nasi Warna-warni Dengan Simpel

  • Nasi daun jeruk

Untuk nasi yang satu ini warnanya hijau muda namun masih semu putih. Aromanya sangat sedap karena diberikan tambahan daun jeruk berupa potongan kecil. Jadi tidak hanya diambil untuk pewarna saja namun daun jeruknya juga diolah bersama agar lebih sedap.

Hanya saja untuk nasi ini memang warnanya kurang pekat sehingga sebagian orang menambahkan daun pandan agar lebih hijau. Sehingga aromanya semakin sedap untuk disuguhkan ke anak maupun orang dewasa. Olahan nasi ini cocok untuk menemani ayam kecap dan bali telur kesukaan Anda. Satu masakan cocok untuk semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa.

  • Nasi rempah

Banyak yang menyamakannya dengan nasi goreng padahal jelas bahan dan isiannya juga berbeda. Cara membuat nasi warna-warni mudah ini menggunakan banyak jenis rempah dan perpaduan bahan di dalamnya. Sehingga warna yang ada dalam sajiannya lebih ramai dan aromanya sangat wangi. Olahan ini memiliki rasa yang cukup lezat sehingga siapapun akan menyukainya.

Nasi rempah biasanya sudah tidak perlu lauk tambahan yang berat lagi untuk menikmatinya. Terkadang orang hanya menambahkan bawang goreng atau kerupuk untuk membuat makanannya menjadi lebih sedap. Menu ini sudah mencakup sayuran dan protein di dalamnya. Biasanya sayuran yang digunakan berupa sawi atau kubis. Sementara untuk proteinnya bisa dari ayam atau udang.

  • Nasi bunga telang

Untuk Anda yang ingin lebih mengeksplor nasi berwarna bisa mencoba olahan nasi bunga telang ini. Bunga ini cocok digunakan untuk memberikan sentuhan warna pada nasinya menjadi ungu. Banyak dipakai untuk membuat bekal anak agar warna nasinya terlihat lebih menarik. Anda jangan takut karena bunga ini tidak mengandung racun dan aman dikonsumsi untuk semua usia.

Untuk mendapatkan warna dari bunga ini cukup dengan merendam eras dengan bunga sampai warnanya berubah. Barulah beras yang sudah berubah warna dimasak sampai menjadi nasi. Untuk lauk yang digunakan sebagai pendampingnya bebas asalkan warnanya lebih terang dari nasinya. Hal ini bertujuan untuk memberikan sentuhan keindahan dalam satuan menu tersebut.

  • Nasi hijau

Mungkin Anda berpikiran bahwa nasi ini sama dengan nasi daun jeruk tadi. Namun nyatanya salah, tampilan dari nasi hijau ini lebih pekat tanpa partikel daun apa pun. Anda bisa mendapatkan pewarna hijau alami dari sari sawi dan juga pandan jadi warnanya lebih muda dan natural.

Nasi hijau ini sudah cukup gurih dan wangi dengan penambahan rempah lain saat dimasak. Sehingga lauk yang disajikan pendampingnya juga tidak perlu ribet. Ada juga yang menambahkan santan saat memasaknya agar lebih sedap untuk dinikmati. Biasanya disajikan dengan ayam bumbu kuning dan kering kentang. Menjadi sajian yang menggoyang lidah untuk anak-anak sampai dengan orang dewasa.

  • Nasi lemon

Mendengar nama nasi lemon mungkin Anda sudah berpikir sajian nasi yang berwarna kuning pucat. Nyatanya bahan yang digunakan tidak hanya lemon saja namun dibantu dengan komponen lainnya agar lebih berwarna. Cara membuat nasi warna-warni cepat ini juga cukup mudah hanya dengan cara memasak nasi pada umumnya.

Anda butuh tiga jenis olahan lemon untuk mengubah warna nasi putih ini. Yang pertama adalah sari lemon, kemudian parutan lemon dan juga lada yang berasal dari lemon. Perpaduan ini akan memberikan sentuhan yang berbeda untuk nasinya. Biasanya dimasak dengan kaldu ayam agar lebih gurih saat dimakan. Nasi lemon ini banyak dimakan bersama ayam goren dan sayuran rebus lainnya.

  • Nasi kunyit

Sesuai dengan namanya, nasi ini memang memiliki kuning pekat layaknya kunyit. Berbeda dengan nasi lemon yang sedikit pucat dengan komponen daun hijau lainnya. Anda benar-benar menemukan olahan kuning gelap dan menawan dari nasi ini. Bumbunya juga cukup kompleks untuk menghasilkan sajian yang menggoyang lidah. Memasaknya sama seperti memasak hidangan karena memerlukan bawang dan kemiri.

Nasi ini sudah cukup gurih untuk dinikmati hanya saja harus didampingi dengan lauk lain agar lebih mantap. Anda bisa menggunakan ayam bali, telur rebus, kering tempe pedas dan rempeyek teri. Nasi ini akan memberikan perpaduan yang cukup menarik di dalam lidah. Banyak disukai oleh anak-anak sampai dewasa tergantung jenis lauknya.

  • Nasi kelapa

Jika dilihat sekilas nasi kelapa ini tidak ada bedanya dengan nasi putih pada umumnya. Namun jika Anda melihatnya dengan jeli warna putih yang diberikan lebih pekat dan tebal. Untuk memasaknya komponen utama yang penting adalah adanya santan gurih agar nasinya matang sempurna.

Masak beras menggunakan air biasa kemudian tambahkan santan untuk membuatnya gurih. Biasanya penyajian dari menu ini menggunakan irisan daun bawang agar lebih sedap. Menariknya nasi kelapa ini cenderung cocok dinikmati dengan menu apa saja sesuai selera Anda.

  • Nasi goreng hitam

Untuk mendapatkan warna hitam ini nyatanya Anda tidak perlu menggunakan pewarna apa pun. Cara membuat nasi warna-warni di rumah dari olahan ini bisa didapat dari beras hitam secara langsung. Anda hanya perlu memasak beras hitam seperti biasa namun perhatikan konsentrasi air yang dibutuhkan. Biasanya nasi hitam cenderung lebih keras dan butuh banyak air.

Kemudian olah nasi hitam menjadi nasi goreng dengan bumbu biasanya. Nasi ini memiliki tekstur lebih enak dan tidak menggumpal. Sajikan dengan kerupuk dan telur mata sapi agar lebih mantap. Cocok untuk menu sarapan dengan serat tinggi dan kaya akan gizi di dalamnya.

  • Nasi merah bakar

Olahan selanjutnya yang tidak kalah menggoyang lidah adalah nasi merah bakar. Untuk bisa menciptakan menu ini Anda harus memasak beras merah seperti biasanya. Kemudian siapkan daun pisang dan lauk yang ingin diisikan. Bisanya menggunakan ayam, daging atau ikan sesuai selera yang sudah dimasak duluan.

Barulah masukkan nasi merah ke dalam daun pisang dan tengahnya berikan lauk tadi. Kemudian tutup kembali menggunakan nasi merahnya. Tutup rapat daun pisang dengan tusuk kayu agar tidak mudah lepas. Gunakan pemanggang atau bakaran dengan api kecil dan bakar sampai wanginya harum. Olahan ini banyak disukai karena simpel dan cita rasanya tidak kalah enak.

Cara membuat nasi warna-warni ini cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Bahkan waktu memasaknya juga simpel, cocok untuk menu harian ketika bingung akan masak apa. Nasi dengan warna dan rasa yang berbeda ini membuat nafsu makan menjadi meningkat.

Dimana Pesan Nasi Tumpeng Warna-warni Enak?

Jika Anda merasa repot memasak nasi warna-warni, misalnya tumpeng maka Anda bisa memesan saja di jasa catering. Anda dapat pesan di Jakarta Nasi Tumpeng, catering tumpeng yang melayani pesan antar di area Jakarta dan sekitarnya.

Tersedia nasi tumpeng biasa ukuran besar dan nasi tumpeng mini. Cocok untuk ulang tahu, arisan, anniversary, selamatan dan berbagai syukuran. Hubungi kami di 0812 9430 9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com.

Tinggalkan Balasan