Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pondok Indah Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pondok Indah – Kami menyediakan tumpeng robyong sebagai salah satu sajiannya. Sudah pernahkah mendengar tumpeng yang satu ini? Tumpeng robyong memang lebih dikenal di Pulau Jawa karena sering digunakan pada acara-acara syukuran. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah ulasan mengenai tumpeng robyong.

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pondok Indah

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pondok Indah Jakarta Selatan

  1. Pengertian Tumpeng Robyong

Tumpeng robyong adalah salah satu jenis tumpeng yang dalam adat Jawa digunakan untuk acara-acara yang sifatnya gembira dan suka cita. Tumpeng ini merupakan simbol keselamatan, kesuburan, dan kesejahteraan. Bentuknya yang menyerupai gunung tersebut menggambarkan kemakmuran yang abadi. Air yang mengalir ke bawahnya akan menghidupi tumbuh-tumbuhan yang dalam hal ini diwakilkan oleh menu dan lauk-pauk pelengkap. Di sekeliling tumpeng juga ditancapkan sayuran yang membuatnya semakin terlihat meriah. Untuk mendapatkan tumpeng seperti ini, bisa pesan di jasa catering nasi tumpeng di Pondok Indah Jakarta Selatan.

  1. Fungsi Tumpeng Robyong

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tumpeng robyong biasanya digunakan dalam acara gembira dan suka cita. Misalnya khitanan dan hajatan. Selain itu, biasanya juga digunakan dalam tradisi siraman pernikahan dalam adat Jawa. Namun perlu diketahui, dahulu tumpeng robyong sering disajikan untuk acara-acara besar oleh petani. Seperti ketika terjadi musim panen raya, meminta hujan untuk tanaman, dan mengusir penyakit pada tanaman. Tetapi sekarang hal tersebut sudah sangat jarang dilakukan. Saat ini masyarakat juga bisa menggunakan tumpeng ini untuk acara syukuran dengan pesan nasi tumpeng murah di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan.

  1. Menu dalam Tumpeng Robyong

Dahulu, menu tumpeng robyong tidak boleh dipilih sembarangan. Ada menu wajib yang harus dihidangkan. Nasi putih berbentuk kerucut dengan lilitan kacang panjang yang sudah dimasak merupakan salah satu contohnya. Selain itu di atas tumpeng juga harus ada telur ayam, terasi, bawang merah, dan cabai merah yang ditusuk dengan bambu. Sementara itu, lauk-pauknya menggunakan tempe goreng, ikan asin, ayam goreng, dan telur ayam. Sedangkan sayuran yang digunakan antara lain kacang panjang, kubis, wortel, daun so, bayam, kecambah, dan daun singkong.

  1. Makna dan filosofis Tumpeng Robyong
baca juga  Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Pusat

Nasi tumpeng robyong memiliki banyak sekali makna dan filosofis. Nasi berbentuk gunungan atau kerucut dalam tradisi Jawa diidentikkan sebagai tempat yang tinggi, yakni tempat penguasa alam bertahta. Dalam tradisi berikutnya orang Jawa meyakini bahwa gunung merupakan tempat yang sakral karena dipercaya erat kaitannya dengan langit dan surga. Bentuk seperti ini juga memiliki makna mau menempatkan Tuhan berada di posisi puncak tertinggi di atas manusia dan alam ciptaannya. Tidak hanya dari bentuknya saja, dari warna nasinya pun juga melambangkan makna tertentu. Misalnya nas kuning yang melambangkan kemakmuran atau nasi putih yang melambangkan kesucian hidup.

  1. Tata cara penggunaan Tumpeng Robyong

Tata cara penggunaan tumpeng robyong yaitu dilakukan setelah pembacaan doa dalam acara. Nasi tumpeng kemudian akan dipotong pada bagian ujungnya yang dilakukan oleh orang yang paling dihormati dalam acara tersebut. Hal ini menggambarkan bahwa orang Jawa masih memegang nilai-nilai kekeluargaan dan menganggap orang tua sebagai orang yang harus dihormati. Setelah pemotongan tumpeng, maka tumpeng akan disantap bersama-sama oleh undangan dalam acara tersebut. Tumpeng robyong untuk acara keagamaan seperti ini bisa dipesan di jasa catering nasi tumpeng enak di Pondok Indah Jakarta Selatan.

Demikianlah ulasan mengenai tumpeng robyong. Jika tertarik untuk memesan tumpeng yang syarat dengan makna ini, bisa pesan nasi tumpeng terbaik di Pondok Indah Jakarta Selatan.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Balasan