Pesan Nasi Tumpeng di Cibubur

Pesan Nasi Tumpeng di Cibubur – Berbisnis tumpeng memang tampak tampak sangat menggiurkan. Apalagi kebutuhan masyarakat akan makanan satu ini bisa dibilang cukup tinggi. Tumpeng hadir di berbagai acara perayaan, dan menjadi satu sajian yang ditunggu-tunggu untuk dinikmati bersama. Simak tips membuat tumpeng berikut ini.

Pesan Nasi Tumpeng di Cibubur

Langkah-langkah Membuat Tumpeng Pasti Jadi

  • Menentukan jenis tumpeng

Umumnya ada 3 jenis tumpeng berdasarkan warna dengan filosofisnya masing-masing. Tumpeng putih biasanya untuk ritual adat, tumpeng merah putih untuk acara kemerdekaan, dan tumpeng kuning untuk acara syukuran ulang tahun. Jadi sebelum membuat, tentukan kegunaannya terlebih dahulu agar menyesuaikan dengan jenis tumpeng.

  • Pewarna tumpeng

Gunakan pewarna makanan yang aman untuk memberi warna pada tumpeng. Sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami seperti kunyit, atau biji angkak. Selain aman, kandungan rempah tersebut juga baik untuk kesehatan.

Jika tidak tersedia pewarna alami, penggunaan bahan sintetis dapat menjadi alternatif. Pastikan zat yang digunakan sudah berlabel food grade dan memang khusus untuk makanan agar aman dikonsumsi.

  • Perhitungkan ukuran

Memprediksi ukuran tumpeng yang hendak dibuat akan memudahkan perhitungan volume masakan. Jadi pastikan beras yang dimasak dan menu-menu pendamping, kuantitasnya proporsional dengan ukuran tumpeng, tidak kurang atau pun bersisa terlalu banyak.

  • Pemilihan beras pulen

Agar hasil dari pesan nasi tumpeng di Cibubur enak, pilihlah beras dengan kualitas terbaik. Beras juga harus dimasak dengan takaran air yang pas agar hasilnya pulen.

Beras yang pulen lebih mudah tercetak dan dibentuk karena menempel dengan erat. Sehingga hasil tumpeng akan cantik dan kokoh. Sebaliknya nasi pera akan ambyar saat dicetak sehingga tumpeng cepat hancur. Begitu juga jika terlalu lembek, tumpeng malah akan cepat basi.

  • Memasak beras dengan benar

Campurkan beras dan ketan dengan takaran 5:1, kemudian rendam dalam air selama kurang lebih satu jam, lalu kukus hingga pulen. Kiat ini akan memudahkan nasi gampang dibentuk dan tidak hancur karena hasilnya lebih legit.

Saat menanak nasi tambahkan dengan campuran santan, serai, perasan lemon dan daun salam agar hasilnya lebih beraroma dengan tampilan mengkilap. Tuangi juga dengan pewarna sesuai jenis tumpeng yang diinginkan. Kemudian kukus kembali hingga matang.

  • Mencetak tumpeng kerucut sempurna

Jangan lupa untuk mengalasi daun pisang pada ujung cetakan tumpeng. Trik ini akan memudahkan saat membentuk ujung tumpeng menjadi kerucut sempurna. Daun pisang juga berfungsi agar cetakan mudah dilepas sehingga hasilnya maksimal tidak retak.

Jangan lupa untuk mengoles sisi cetakan dengan sedikit minyak agar semakin mempermudah melepaskannya. Minyak juga membantu agar nasi lebih berkilau dan tidak cepat kering. Cetaklah nasi dalam keadaan panas dan tekan-tekan hingga benar-benar padat sebelum dikeluarkan dari cetakan.

  • Wadah yang kokoh

Gunakan wadah yang kokoh agar bisa menampung tumpeng dan seluruh isiannya dengan kuat agar tidak mudah jebol saat diangkat. Apalagi jika tumpengnya besar dengan menu-menu yang kompleks.

Biasanya wadah tumpeng menggunakan nampan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Maka pastikan nampan yang dipakai adalah yang kualitasnya baik dan terbukti kuat. Jangan lupa untuk mengalasi nampan dengan daun pisang yang dikreasikan menjadi bentuk yang unik agar tumpeng semakin menarik.

  • Menu yang sedap

Tidak kalah penting dalam menyajikan sebuah tumpeng adalah menu-menunya haruslah beragam dan enak. Biasanya masakan akan didominasi oleh gorengan dan tumis-tumisan. Makanan berkuah dan bersantan kurang cocok digunakan karena ribet dan lebih gampang basi.

Kalau pun tetap ingin masakan bersantan, pastikan bahwa santan tersebut sudah dimasak hingga benar-benar kering seperti rendang. Hal ini akan lebih membuatnya awet sehingga masakan tidak basi hingga jelang acara bersantap.

Hindari meletakkan lauk dengan warna senada secara berdampingan sehingga kontras warna masakan lebih terlihat bervariasi. Umumnya pesan nasi tumpeng di Cibubur mini memiliki varian menu yang bisa dipilih, yaitu:

  • Menu utama cara pesan nasi tumpeng di Cibubur dapat berupa lauk yang terdiri dari daging atau ikan. Lauk tersebut misalnya: ayam bakar madu, ayam goreng dengan kremesan, ikan goreng, dan sebagainya.
  • Menu pelengkap hewani dan nabati yang biasanya menyuguhkan tempe orek, tahu goreng, perkedel kentang, atau bakwan jagung. Tidak lupa ada telur juga dengan berbagai varian seperti telur dadar, telur balado, telur pindang, dan sebagainya.
  • Untuk sayuran dapat dipilih aneka tumisan seperti capcay, cah buncis wortel, bihun goreng dengan berbagai toping, atau mie goreng.

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng di Cibubur dengan Beragam Hiasan

  • Cabai

Pilih cabai ukuran besar dengan kulit merah yang mulus, kemudian potong jadi dua bagian. Gunting-gunting sisinya dari pangkal hingga ke ujung jangan sampai terputus hingga membentuk seperti bunga. Lalu rendam dalam air hingga mekar.

  • Tomat

Kupas kulit tomat dari bagian atas secara melingkar, kemudian gulung irisan tomat tersebut seperti bentuk bunga mawar. Tata mawar kulit tomat di sekeliling tumpeng agar semakin mempercantik tampilan dengan warnanya yang kontras.

  • Timun

Pilih timun dengan warna hijau segar, setelah dicuci kemudian potong-potong berukuran 5cm. Usahakan potongan ini mampu berdiri tegak. Kemudian kerat-kerat agar bergerigi pada salah satu sisinya. Bagian tengah keratan bisa dikorek agar bisa memasukkan tomat ceri agar bunga timun semakin cantik.

  • Wortel

Iris potong dengan agak tebal, kemudian ukir pinggirannya menjadi bentuk bunga lalu tusuk dengan tusukan sate. Bunga wortel ini akan semakin cantik jika dipasangkan dengan rimbunan daun parsley segar.

  • Kacang Panjang

Potong sedikit ujung-ujung dari kacang panjang agar tampak lebih rapi, kemudian anyam hingga menjadi panjang. Jika menganyam terlalu sulit, kacang panjang juga dapat dikepang seperti menjalin rambut. Kemudian lingkari tumpeng dengan kacang panjang tersebut agar lebih cantik dan menarik.

Membuat nasi tumpeng memang cukup kompleks. Karena itu jika tidak bisa masak sendiri, maka solusinya pesan nasi tumpeng di Cibubur dari catering. Jakarta Nasi Tumpeng adalah catering berkualitas dengan layanan delivery order ke seluruh wilayah Jakarta. Anda bisa pesan tumpeng untuk berbagai acara di 081294309199/ jakartanasitumpeng@gmail.com.

Tinggalkan Balasan