Pesan Nasi Tumpeng di Kalimalang

Pesan Nasi Tumpeng di Kalimalang – Walaupun jasa pesan nasi tumpeng sudah menjamur dimana-mana. Anda juga harus tetap mengetahui makna dan filosofi dari nasi tumpeng itu sendiri. Terlebih lagi nasi tumpeng adalah salah satu kuliner Indonesia yang unik, dan kaya akan rempah-rempah yang khas. Jadi, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai makna nasi tumpeng.

Pesan Nasi Tumpeng di Kalimalang

Pesan Nasi Tumpeng di Kalimalang yang Penuh Makna

Nasi tumpeng adalah nasi kuning berbentuk kerucut layaknya gunung. Nasi berbentuk kerucut ini memiliki makna dan filosofi yang diambil dari letak geografis tanah air yang dikelilingi oleh pegunungan.

Bahkan, nasi tumpeng sudah digunakan sejak zaman dulu oleh masyarakat untuk sajian sakral. Tujuannya untuk memuliakan permukaan bumi yang menjulang tinggi seperti dataran tinggi dan pegunungan. Jenis kuliner tradisi purba yang satu ini juga memiliki makna di setiap bentuk, lauk pauk, dan cara penyajiannya.

Kata tumpeng sendiri memiliki makna yang artinya hidup harus dengan kesungguhan. Kerucut nasi dimaknai dengan keagungan Tuhan. Dan sayur-sayuran dilambangkan sebagai alam yang melimpah.

Sedangkan lauk pauk yang ada di dalam nampan tumpeng dimaknai dengan kondisi alam hewan yang diberikan oleh Tuhan. Artinya, kita harus bersyukur dengan semua berkat dan anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan.

Dan jika saat pesan nasi tumpeng di Kalimalang enak nasinya berwarna putih maka melambangkan kesucian seperti bayi yang baru lahir. Jika nasi tumpeng berwarna kuning, maka melambangkan kekayaan dan moral luhur setiap masyarakat Indonesia. Bahkan uniknya lagi, cara pemotongan nasi tumpeng ini juga memiliki makna.

Memotong tumpeng dari puncak kerucut adalah hal yang wajib. Karena hal ini dimaknai untuk menghormati orang yang lebih tua. Dan barulah setelah itu diikuti oleh potongan bagian lain untuk orang yang punya hajatan.

10 Tips Sukses Membuat Tumpeng untuk Pemula

  • Tentukan jenis tumpeng

Tentukan terlebih dahulu jenis tumpeng mana yang ingin dibuat, putih atau kuning. Serta, tentukan juga daftar lauk dan sayuran untuk pelengkap nasi tumpeng. Nasi tumpeng putih dan kuning sama-sama memiliki makna dan filosofi yang mendalam. Jadi, tidak usah pusing-pusing ingin membuat yang mana.

  • Pilih beras berkualitas

Pilih beras yang memiliki warna putih, bersih, dan butirnya yang besar-besar. Hal ini bertujuan agar hasil nasi tumpeng lebih pulen. Dan beras yang memiliki ciri-ciri tersebut biasanya memiliki kualitas terbaik yang sangat cocok untuk nasi tumpeng.

Jadi, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih beras. Walaupun sebenarnya tidak masalah jika ingin menggunakan beras biasa, akan tetapi hasil yang didapat akan cenderung lebih keras atau lembek. Alhasil nasi tumpeng tidak dapat berdiri sempurna.

  • Rendam beras

Sebelum memasak nasi, ada baiknya untuk merendam terlebih dulu beras yang sudah dicuci. Hal ini bertujuan agar hasil nasi tumpeng yang Anda dapatkan memiliki tekstur yang tidak terlalu lembek. Dan tidak terlalu keras untuk dikonsumsi.

  • Campurkan bumbu

Jika sudah, masak beras bersamaan dengan santan kelapa asli dan masukkan juga bumbu-bumbu seperti kunyit halus, daun salam, dan serai. Kemudian masak hingga santan menyusut dan berkurang.

  • Tips nasi tumpeng mengkilap

Jika hasil nasi tumpeng ingin lebih mengkilap, tambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian aduk kembali hingga rata, lalu biarkan beras Aron di dalam panci tertutup selama 15 menit.

  • Tips nasi agar tidak lengket

Saat ingin mencetak nasi tumpeng, masukkan selembar daun pisang di bagian ujung cetakan kerucut. Hal ini bertujuan agar nasi tidak lengket dan akan mudah dilepas. Dan, pemasangan daun pisang ini juga bertujuan agar nasi tumpeng aman saat dibalikkan ke nampan nantinya.

  • Tips agar nasi tidak pecah

Masukkan nasi ketika lagi panas ke dalam cetakan tumpeng. Tekan-tekan hingga padat agar tidak mudah pecah saat dikeluarkan nanti. Jika sudah cukup padat, diamkan sebentar sampai cetakan sedikit dingin agar Anda mudah untuk membalikkan badannya ke dalam nampan.

  • Siapkan lauk pelengkap

Biasanya, lauk pelengkap kedua jenis warna tumpeng berbeda-beda. Misal ketika Anda pesan nasi tumpeng di Kalimalang online warna putih. Kadang tumpeng dilengkapi dengan sayuran urap, bacem, tempe, tahu, ayam rujak, rempeyek kacang, dan gereh petek.

Sedangkan nasi tumpeng kuning dilengkapi dengan orak-arik tempe, perkedel, sambal teri, telur dadar, ayam goreng, sambal goreng, dan abon.

  • Tips nasi agar tetap awet

Siapkan tampah yang sudah dilapisi dengan daun pisang di sekelilingnya. Hal ini bertujuan agar nasi tumpeng tetap awet, segar, dan tidak akan kering.Β  Dan juga penggunaan daun pisang ini dapat membuat nasi tumpeng menjadi lebih harum saat akan dikonsumsi.

  • Balik cetakan perlahan-lahan

Jika nampan sudah siap, balikkan cetakan tumpeng ke dalam nampan. Kemudian, tutup kembali kerucut atas tumpeng dengan menggunakan daun pisang. Lalu hiaslah dengan segala jenis lauk pauk yang sudah disediakan.

Walaupun jasa pesan nasi tumpeng di Kalimalang murah dapat Anda jumpai dengan mudah di daerah sekitar tempat tinggal. Tapi yang terbaik tetap disediakan oleh catering Nasi Tumpeng Jakarta. Anda bisa memesan tumpeng dari catering tersebut dengan menghubungi kontak 0812 9430 9199/ jakartanasitumpeng@gmail.com.

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

 

Jadi, itulah beberapa tips membuat nasi tumpeng komplit anti gagal tadi dapat Anda coba agar acara syukuran Anda lebih hemat dan menyenangkan. Terdengar rumit bagi pemula, padahal membuat nasi tumpeng adalah hal yang sangat mudah jika Anda sudah mengetahui tipsnya.

Dan penjelasan mengenai makna dan filosofi nasi tumpeng yang jarang sekali diketahui masyarakat. Serta beberapa tips membuat nasi tumpeng anti gagal untuk para pemula. Jika Anda tidak ingin membuat sendiri, cukup gunakan jasa pesan nasi tumpeng terdekat dari lokasi Anda.

Tinggalkan Balasan