Cara Memasak Nasi Enak dan Pulen – Semua orang pasti sudah bisa memasak nasi karena nasi memang menjadi makanan utama yang dikonsumsi. Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat nasi dengan cita rasa yang enak dan juga pulen. Oleh karena itu berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat nasi putih dengan cita rasa yang enak dan juga pulen.

Cara Memasak Nasi Enak dan Pulen

Pelajari Cara Memasak Nasi Enak Dan Pulen Dengan Mudah Di Rumahย 

  1. Pertama adalah dari beras yang digunakan. Beras akan sangat berpengaruh pada hasil atau cita rasa dari nasi yang Anda masak. Gunakan beras yang memang berkualitas bagus. Hindari menggunakan beras yang sudah hancur, berkutu, hingga memiliki bau yang apek. Pilihlah jenis beras yang memang bisa menghasilkan rasa yang pulen. Biasanya beras jenis ini memang akan memiliki harga yang cukup mahal.
  2. Cuci beras yang nantinya akan digunakan hingga bersih. Hal ini sangat penting agar tidak mempengaruhi hasil dari nasi yang dimasak. Jika perlu Anda bisa mencuci beras tersebut hingga warna dari air cucian berasnya bisa bersih kembali. Nasi yang dicuci hingga bersih juga akan membantu agar nasinya bisa lebih tahan lama setelah matang. Jadi bisa Anda gunakan kembali jika terdapat sisa pada nasinya.
  3. Untuk memasak nasi gunakan jumlah atau takaran air yang cukup. Biasanya rasio yang digunakan untuk nasi tersebut bisa sekitar 1 banding 2. Dalam hal ini maksudnya jika Anda memasak nasi dengan jumlah 1 gelas beras, maka air yang digunakan adalah sekitar 2 gelas.

Jika jumlah airnya semakin banyak, maka hasil dari nasi yang dihasilkan juga akan semakin empuk atau pulen. Akan tetapi hindari menggunakan air yang terlalu banyak. Hal ini akan membuat nasi menjadi bubur dan tidak bisa Anda konsumsi dengan enak.

  1. Cara memasak nasi enak dan pulen cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan dua alat masak. Jika menggunakan satu alat masak saja, maka waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasinya akan lebih lama. Anda bisa menggunakan dandang dan kompor terlebih dulu untuk memasak nasinya. Masak nasi hingga berubah menjadi setengah matang. setelah itu nasinya bisa Anda masukkan ke dalam rice cooker agar benar-benar matang.
  2. Jika Anda ingin hasil dari nasinya bisa memiliki aroma yang wangi maka bisa menambahkan daun pandan, minyak zaitun, batang serai atau minyak kelapa. Tambahkan salah satu dari rempah tersebut ke dalam nasi ketika proses memasaknya. Dengan begitu nasi akan memiliki cita rasa yang lebih harum ketika sudah matang.
  3. Tidak semua nasi akan memiliki hasil yang putih bersih ketika matang. Ada beberapa jenis nasi yang memiliki warna tidak terlalu putih saat matang. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh jenis beras yang digunakan. Namun jika Anda sudah terlanjur menggunakan beras dengan warna yang tidak terlalu putih, maka caranya adalah dengan menambahkan jeruk nipis. Tambahkan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air dan juga beras sebelum dimasak. Dengan begitu nantinya hasil dari nasi Anda akan lebih bersih atau putih.

Tips Membuat Nasi Kuning Yang Wangi Dan Enak

Nasi kuning kerap ada pada acara syukuran. Hal ini juga karena nasi kuning memiliki makna yang bagus untuk acara tertentu seperti syukuran. Oleh karena itu banyak juga yang menggunakan nasi kuning untuk kebutuhan syukuran atau acara adat yang lainnya. Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat nasi kuning dengan enak dan wangi. Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Beras

Pertama adalah dari beras yang digunakan. Untuk beras yang digunakan, sudah pasti pilihlah jenis beras yang bisa menghasilkan nasi pulen. Hal ini penting agar nasi tersebut bisa pulen dan enak untuk dikonsumsi. Akan tetapi tidak semua beras bisa menghasilkan nasi yang pulen. Untuk itu Anda perlu mengetahui jenis beras apa yang bisa menghasilkan nasi dengan pulen.

Pada saat akan digunakan atau dimasak, cara memasak nasi enak dan pulen mudah adalah dengan mencuci beras tersebut. Cuci beras tersebut dengan air sampai bersih. Bahkan jika perlu Anda bisa membersihkan beras tersebut hingga air dari sisa beras bisa benar-benar bersih.

Pada saat akan digunakan atau dimasak, jangan langsung memasaknya menggunakan rice cooker. Rendam beras terlebih dulu dengan air bersih selama beberapa saat. Hal ini berguna untuk membantu agar nasi bisa lebih cepat matang nantinya. Rendam selama beberapa saat kurang lebih sekitar 30 menit sebelum dimasak menggunakan rice cooker.

  • Menggunakan air jeruk nipis

Air jeruk nipis bisa Anda manfaatkan ketika memasak nasi kuning. Salah satunya adalah untuk membantu agar nasi kuning bisa lebih mengkilap. Dengan begitu, hasilnya juga akan lebih menarik.

Pemberian air jeruk nipis atau lemon tersebut bisa Anda gunakan pada saat beras direndam. Berikan beberapa tetes air jeruk nipis pada saat beras direndam. Selain membantu agar warnanya lebih mengkilap, juga untuk menghilangkan bau dari kunyit yang terkadang mengganggu.

  • Menggunakan api yang kecil

Ketika Anda hendak memasak nasi kuning dengan santan, maka bisa menggunakan api yang kecil. Api yang kecil ini akan membantu agar bumbu dan juga aromanya bisa keluar. Setelah itu tunggu hingga santannya mendidih dan aduk sampai santan bisa meresap dengan sempurna ke dalam beras. Hindari menggunakan api yang besar karena akan membuat santan lebih cepat gosong namun masih belum matang.

  • Santan yang segar

Selanjutnya adalah sangat penting untuk menggunakan santan yang masih segar. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga kualitas dari nasi kuning yang akan dihasilkan. Untuk membuat nasi tersebut bisa lebih tahan lama, maka bisa menggunakan santan yang masih segar. Namun hindari menggunakan santan dalam jumlah yang terlalu banyak. Akibatnya nanti nasi menjadi terlalu lembek dan kurang enak juga untuk dikonsumsi.

  • Dua kali memasak

Cara memasak nasi enak dan pulen gampang selanjutnya adalah menggunakan dua kali cara memasak. Cara ini bagus untuk membantu agar nasi bisa lebih tahan lama dan lebih awet. Pertama adalah memasak beras dengan santan dan juga berbagai macam bumbunya. Setelah itu nasi yang sudah setengah matang bisa Anda kukus kembali hingga nasi menjadi lebih matang. Biasanya waktu yang dibutuhkan ini sekitar 30 menit.

  • Aduk nasi saat matang

Cara memasak nasi enak dan pulen selanjutnya adalah dengan mengaduk nasi yang sudah matang sesegera mungkin. Tujuannya agar uap yang ada di dalamnya tidak terjebak sehingga membantu agar nasi bisa cepat dingin. Hal ini juga membantu mengurangi resiko nasi yang lebih mudah basi.

Jika Anda membutuhkan nasi enak dan pulen dengan jumlah yang banyak tentunya akan sulit membuatnya sendiri, sehingga lebih baik memesannya saja. Segera hubungi Jakarta Nasi Tumpeng lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan konsumsi sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan