Cara Agar Nasi Tidak Basi di Rice Cooker

Cara Agar Nasi Tidak Basi di Rice Cooker – Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa nasi yang sudah di dalam rice cooker akan tetap awet. Akan tetapi tidak selamanya nasi tersebut akan awet. Bahkan banyak juga yang nasinya tidak bisa bertahan lama di dalam rice cooker. Akibatnya nasi harus cepat dipindahkan jika sudah matang. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat nasi tidak cepat basi walau di dalam rice cooker.

Cara Agar Nasi Tidak Basi di Rice Cooker

Cara Agar Nasi Tidak Basi Di Rice Cooker Dengan Aman

  • Mencuci beras

Pertama adalah ketika Anda mencuci beras. Hal ini juga mempengaruhi agar nasi tidak cepat basi ketika dimasak menggunakan rice cooker. Cuci beras secara berulang hingga airnya bisa benar-benar bersih.

Hal ini karena air yang masih keruh bisa menjadi tanda bahwa beras masih kurang bersih. Beras yang kurang bersih tersebut bisa menimbulkan bakteri sehingga membuat nasi yang sudah matang lebih mudah basi.

  • Kualitas rice cooker

Kualitas dari rice cooker yang Anda gunakan juga akan berpengaruh untuk ketahanan nasi. Gunakan rice cooker yang memiliki bagian dasar cukup tebal. Bagian tersebut nantinya membantu dalam menyebarkan dan menahan panas dengan lebih baik. Hindari menggunakan elemen rice cooker yang rusak seperti tombol masak yang tidak bisa bekerja dengan baik dan lainnya.

Pastikan juga agar aliran listrik atau tegangan listriknya sudah tersambung dengan baik. Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan suhu nasi yang mudah terpengaruh. Akibatnya nasi juga bisa menjadi lebih mudah basi dan lembak setelah beberapa saat.

  • Jangan membuka rice cooker

Dalam hal ini yang dimaksud adalah hindari membuka tutup rice cooker saat proses memasak nasi. Proses memasak nasi akan bergantung pada uap yang terbentuk di dalamnya.

Jika sering membuka tutup rice cooker maka uap akan lebih mudah berkurang. Akibatnya nasi tidak bisa matang dengan sempurna dan menyebabkan lebih mudah basi.

  • Aduk nasi setelah matang

Cara agar nasi tidak basi di rice cooker mudah yang selanjutnya adalah dengan mengaduk nasi yang sudah matang. setelah tombol cook berganti menjadi warm maka nasi sudah matang.

Anda bisa mengaduk nasi tersebut untuk menghilangkan uap yang mungkin terjebak di dalam nasi. Dengan begitu uap bisa terlepas dan membantu agar nasi bisa bertahan lebih lama.

  • Jangan simpan terlalu lama

Menyimpan nasi di dalam rice cooker terlalu lama juga tidak disarankan. Hal ini karena panas dari rice cooker bisa menyebabkan dinding dan dasar nasi bisa hangus. Namun Anda juga tidak harus memindahkan nasi tersebut dalam wadah yang terpisah.

Cukup cabut aliran listriknya dan biarkan tutupnya terbuka. Biarkan nasi menjadi dingin selama beberapa saat. Jika ingin makan nasi dalam keadaan hangat, Anda bisa menghangatkannya kembali di dalam rice cooker.

  • Menjaga kebersihan rice cooker

Selanjutnya adalah menjaga kebersihan dari rice cooker. Bersihkan baik bagian dalam atau luarnya setelah selesai digunakan atau ketika hendak digunakan kembali. Untuk bagian pancinya, bisa merendamnya dengan air selama beberapa saat. Tujuannya agar nasi yang menempel bisa hilang dan mudah dibersihkan. Kemudian bersihkan seperti biasa menggunakan sabun.

Untuk bagian dalam, luar dan tutupnya Anda bisa membersihkannya menggunakan tisu basah. Lap dengan bersih dan biarkan kering dengan sendirinya. Kebersihan dari rice cooker sangat penting dilakukan karena membantu mencegah timbulnya bakteri. Dengan begitu nasi juga akan lebih tahan lama.

Cara Nasi Kuning Tidak Mudah Basi

Nasi kuning yang Anda pesan dari jasa catering nasi tumpeng Jakarta bisa saja masih tersisa atau tidak habis seluruhnya. Akan sangat sayang bila harus dibuang begitu saja. Padahal nasi tersebut masih bisa diolah atau dikonsumsi kembali keesokan hari. Akan tetapi bagaimana cara agar nasi tidak basi di rice cooker aman khususnya untuk nasi kuning? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Gunakan beras yang berkualitas

Jenis beras yang digunakan ternyata bisa berpengaruh pada ketahanan nasi kuning yang nantinya akan dihasilkan. Biasanya jika jenis berasnya kurang bagus, maka tingkat ketahanan nasinya juga akan menurun atau lebih cepat basi. Setelah itu penting untuk mencuci beras yang akan digunakan dengan benar-benar bersih. Bahkan sampai sisa air cuciannya menjadi bersih dan tidak keruh.

  • Meniriskan beras

Beras yang sudah bersih kemudian bisa dikeringkan hingga tidak ada air yang tersisa. Beras tersebut kemudian bisa Anda kukus menggunakan dandang sampai setengah matang.

Cara memasak nasi ini bisa membantu agar nasi kuning bisa lebih tahan lama. Dengan begitu Anda tidak perlu takut nasi yang mudah basi walau sudah matang untuk beberapa lama.

  • Campurkan beberapa bumbu

Beras yang sudah setengah matang tersebut bisa Anda masak kembali dengan tambahan bumbu-bumbu halus seperti biasa. Beras tersebut akan direbus dengan tambahan bumbu hingga matang. Proses tersebut biasanya akan disebut dengan proses aron.

  • Kukus hasil aron

Cara agar nasi tidak basi di rice cooker cepat adalah dengan mengukus kembali hasil beras yang sudah diaron. Tujuannya agar nasi kuning tersebut bisa lebih matang dan lebih tahan lama. Dengan begitu nasi tidak mudah basi dan bisa digunakan untuk beberapa jam. Bahkan beberapa hari.

  • Cara penyimpanan

Cara untuk menyimpan nasi kuning yang sudah matang juga berpengaruh untuk membantu agar nasi kuning Anda tidak cepat basi. Akan lebih baik jika nasi kuning yang sudah matang disimpan menggunakan wadah nasi.

Untuk wadah nasinya sendiri juga lebih baik yang terbuat dari bahan anyaman bambu. Hal tersebut untuk membantu agar nasi kuning bisa lebih tahan lama dan tidak cepat basi.

Jika Anda ingin nasi kuningnya bisa lebih lama maka lebih baik menyimpannya di dalam lemari es. Cara ini bisa membantu nasi kuning lebih tahan lama bahkan hingga 2 hari. Nantinya jika ingin mengonsumsinya, Anda bisa memanaskannya kembali.

Untuk menyimpannya di dalam lemari es, juga lebih baik biarkan sampai nasi kuning tersebut dingin terlebih dulu. Hal tersebut agar uap panasnya bisa hilang dan membantu agar nasi tidak mudah basi.

Gunakan yang wadah yang juga kedap udara untuk menghindari udara masuk dan menyebabkan timbulnya bakteri. Bakteri itulah yang akan menyebabkan nasi kuning lebih mudah basi dan berair.

Cara tersebut juga penting untuk diketahui selain cara agar nasi tidak basi di rice cooker yang sudah dibahas sebelumnya. Apalagi jika Anda memiliki acara seperti syukuran maka akan membutuhkan nasi kuning dalam jumlah yang banyak. Tentunya akan cukup repot untuk menjaganya tetap fresh.

Dari pada repot memikirkannya, Anda bisa memesannya melalui Jakarta Nasi Tumpeng yang bisa menyediakan dalam keadaan fresh. Segera hubungi kami lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan konsumsi sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan