Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi

Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi – Dalam suatu acara tertentu, biasanya penyajian nasi tumpeng dengan ragam lauk menjadi yang utama. Pada umumnya, jenis lauk pada nasi tumpeng adalah sambal balado, ayam goreng, kerupuk, perkedel kentang, dan tempe tahu. Dalam membuat tumpeng utamakan juga hiasannya selain rasa.

Untuk itu buatlah hiasan yang menarik saat membuat nasi tumpeng agar terlihat menarik. Apalagi jika nasi tumpeng ini disajikan pada suatu acara penting yang menarik perhatian. Jangan hanya mengandalkan rasanya saja tetapi bentuk hiasannya juga harus selalu diutamakan.

Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi

Pesan Nasi Tumpeng di Pondok Kopi dan Cara Membuat Hiasannya

  • Menyiapkan Peralatan untuk Menghias

Sebelum Anda membuat hiasan untuk nasi tumpeng sebaiknya persiapkan alat yang dibutuhkan untuk memudahkan pembuatan hiasan tersebut. Sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari peralatan saat akan menghias. Alat-alat yang dibutuhkan di antaranya yaitu pisau, mould, cutter, dan lidi.

Pisau dan cutter dipakai untuk memotong-motong serta mengiris sayuran yang nanti akan dihias. Termasuk dalam membuat pola garis pada bahan-bahan hiasan. Kegunaan lidi adalah untuk membuat hiasan yang berdiri tegak, maka usahakan memilih lidi yang runcing dan kuat.

Lidi juga bisa dipakai untuk menyambungkan sayuran dengan hiasan yang lainnya. Sedangkan mould akan dipakai untuk membentuk bulan dan pola berbentuk bulat kecil.

  • Pastikan lauknya Mempunyai Warna yang Kontras

Salah satu tanda nasi tumpeng dengan tampilan menarik adalah warna lauknya yang beraneka ragam dan kontras. Contohnya saat Anda menggunakan nasi tumpeng dengan bahan nasi kuning maka pilih lauk yang beragam. Agar warna pada keseluruhan tampilannya semakin terlihat menarik.

Gunakan lauk yang berupa sambal balado yang warnanya merah mencolok. Kemudian tambahkan urap sayur beraneka macam warna dan telur rebus yang dibagi dua. Supaya terlihat kombinasi antara warna kuning dan putihnya. Lauk dengan warna yang serupa sebaiknya tidak diletakkan berdekatan.

Agar lebih menarik, letakkan sayur dan lauk yang saling berdekatan. Untuk hiasan nasi tumpeng terbaik, pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi terdekat dengan domisili.

  • Mencetak Nasi Sesuai Keinginan

Persiapan berikutnya dalam membuat hiasan untuk nasi kuning adalah dengan mencetak nasi sesuai keinginan. Misalnya memilih bentuk piramida, kotak, atau bentuk kerucut kecil-kecil. Proses pencetakan nasi bisa disesuaikan dengan ukuran nasi tumpeng itu sendiri. Secara umum, cetakannya menggunakan bahan aluminium yang biasa dijual di pasaran.

  • Memilih Jenis Sayuran Sederhana Sebagai Hiasan

Pertama-tama siapkan dahulu alas daun pisang untuk wadah pada nasi tumpeng tersebut. Lipat dan susun dengan rapi daun pisang itu. Jenis sayuran sederhana yang bisa dijadikan hiasan di antaranya yaitu:

  • Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang warnanya menarik dan merah menyala. Sehingga tomat sering sekali dipakai untuk hiasan pada nasi tumpeng. Cara membentuk tomat juga lebih mudah. Bentuk yang paling mudah diaplikasikan dari tomat adalah bunga mawar.

  • Kacang Panjang

Agar tampilannya lebih menarik lagi maka gunakan kacang panjang untuk pagar di sekeliling nasi. Pertama-tama bersihkan dulu bagian ujung kacang panjang kemudian ukurannya disamakan. Lalu potong beberapa kacang dan tusuk dengan menggunakan lidi.

Pasang di sekeliling tumpeng untuk membuat fondasi pagar dengan jarak masing-masing yang sama. Sebelum dipotong lilit kacang panjang selang seling lalu bentuk menjadi pagar. Setelah itu kunci dengan menggunakan lidi.

  • Cabai

Bahan hiasan untuk tumpeng yang juga berwarna merah mencolok adalah cabai. Belah cabai menjadi dua dan pilih yang ukurannya besar-besar. Gunting bagian bawahnya dan sisi lainnya. Tarik seluruh bagiannya lalu bentuk menjadi kelopak bunga.

Buang seluruh biji dan serat cabai agar lebih menarik. Cobalah untuk pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi sederhana tapi tampilannya unik.

Tips Memilih Bumbu Nasi Kuning untuk Tumpeng

Kini sudah banyak produk bumbu nasi kuning instan untuk membuat tumpeng. Anda bisa menggunakan bumbu tersebut dan pilih produk yang tepat dengan cara berikut:

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

  • Pilih bumbu instan yang terbuat dari rempah asli

Bumbu instan dibuat dengan teknologi terbaik sehingga lebih awet dan tahan lama. Bahan baku utamanya biasanya berupa rempah asli. Bahkan ada juga yang sudah ditambahkan dengan penguat rasa atau perisa. Namun pilih jenis bumbu yang dibuat dari rempah asli dengan aroma yang khas. Lihat komposisi bahannya yang ada di belakang kemasan produknya.

  • Pertimbangkan kembali jenis produk yang mengandung santan

Bahan pembuatan nasi tumpeng adalah santan, dan sebagian produk bumbu nasi kuningnya ada yang sudah dilengkapi dengan santan. Tapi ada juga yang tidak mengandung santan. Sebaiknya pilih produk yang sudah mengandung santan agar lebih praktis. Lihat juga komposisi bahan di kemasan produknya.

  • Pilih bumbu yang bisa dimasak langsung dengan rice cooker

Supaya warna kuningnya merata sebaiknya pilih jenis bumbu yang bisa dimasak langsung pada magic com atau rice cooker. Anda bisa melihat pada keterangan cara memasaknya, yang biasanya sudah tertera di kemasan.

Selain membuat sendiri, bisa juga dengan pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi untuk acara ulang tahun. Atau bisa juga memesan nasi tumpeng untuk acara penting lainnya.

  • Jangan menggunakan produk yang mengandung pewarna buatan

Sebaiknya tidak memilih produk yang dibuat dari pewarna buatan. Karena nasi tumpeng yang khas adalah nasi kuning yang dibuat dengan warna kuning alami. Misalnya warna kuning yang berasal dari kunyit yang sudah dihaluskan.

Untuk pesan nasi tumpeng di Pondok Kopi dengan hasil terbaik, sebaiknya pilih jasa katering terpercaya dari segi tampilan dan rasanya. Seperti di Nasi Tumpeng Jakarta Selatan yang menyediakan berbagai menu nasi tumpeng enak bisa pesan online di 0812 8760 8239.

post

Tinggalkan Balasan