Pesan Nasi Tumpeng di Gambir

Pesan Nasi Tumpeng di Gambir – Berbeda dari makanan barat atau Cina yang bisa dinikmati kapan saja di restoran, makan nasi tumpeng paling cocok ketika ada momen special seperti hari ulang tahun, hari perayaan kemerdekaan, hari peresmian kantor terbaru hingga hari istimewa tujuh bulanan. Budaya nasi tumpeng pertama kali tumbuh dan berkembang di Jawa, Madura dan Bali sebelum menyebar ke seluruh nusantara.Β  Sayangnya, tidak banyak yang tahu jika ada perbedaan yang sangat mencolok di antara nasi tumpeng Jawa dan nasi tumpeng Bali. Lalu, apa saja sih perbedaan antara nasi tumpeng Jawa dengan nasi tumpeng Bali?

Pesan Nasi Tumpeng di Gambir
Pesan Nasi Tumpeng di Gambir

Pesan Nasi Tumpeng Di Gambir Versi Tumpeng Jawa Atau Bali

  1. Nasi

Banyak hal yang membedakan antara tumpeng Jawa dan tumpeng Bali, salah satunya adalah nasi. Tumpeng Jawa biasanya memakai nasi kuning sedangkan tumpeng khas Bali memakai nasi putih biasa. Nasi kuning yang digunakan pada tumpeng Jawa memiliki symbol kemakmuran, rezeki melimpah serta kesejahteraan hidup. Sedangkan nasi putih pada tumpeng Bali memiliki simbol kesucian karena apa pun yang dikonsumsi sudah sepantasnya berasal dari tempat suci dan bersih lantas diperolehnya pun harus melalui cara yang baik. Bila ingin membeli nasi tumpeng khas Jawa atau Bali, dapat memesannya melalui jasa catering tumpeng di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

  1. Ayam

Tidak hanya memiliki perbedaan mencolok pada nasinya nasi tumpeng Jakarta khas Jawa dan tumpeng Bali pun mempunyai perbedaan pada lauk ayam. Masyarakat tentu tahu jika nasi tumpeng dihidangkan bersama sejumlah lauk pauk, salah satunya adalah ayam. Pada tumpeng Jawa, jenis ayam yang dipakai hanya ayam jago yang sebelumnya sudah dimasak utuh dengan menggunakan bumbu opor. Mengapa harus ayam jago? Karena ayam jago dinilai mampu menghindarkan diri dari sifat angkuh dan sombong sebagaimana yang dimiliki oleh ayam jago. Sementara itu, pada nasi tumpeng khas Bali, jenis ayam yang digunakan adalah ayam betutu. Ayam betutu merupakan olahan ayam khas Bali, mayoritas masyarakat Bali gemar mengkonsumsi ayam ini.

  1. Lauk Pauk

Setelah tahu perbedaan antara ayam dan warna nasi dari tumpeng Bali dan Jawa. Perbedaan lain adalah lauk pauk pelengkap yang digunakan. Di tanah Jawa, tumpeng yang dijual umumnya telah dilengkapi dengan 7 lauk pauk, seperti kering tempe, ikan teri, sambal goreng, telur utuh serta ikan lele. Sedangkan nasi tumpeng enak khas Bali menggunakan lauk pauk pendamping seperti sambal matah, kacang tanah goreng, sate lilit, ayam suwir bumbu bali, usus goreng, dendeng sapi, serta lawar. Penggunaan lauk pauk pendamping tumpeng Bali memang lebih banyak daripada tumpeng Jawa. Di mana mayoritas lauk memakai bahan dasar daging, sangat cocok untuk konsumen yang suka makan daging.

  1. Harga

Harga nasi tumpeng khas Bali dan Jawa tentunya berbeda. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan lauk pauk Bali yang jauh lebih melimpah membuat nasi tumpeng khas Bali dijual dengan harga yang lebih mahal daripada tumpeng Jawa. Meskipun harganya relatif mahal, penggemar nasi tumpeng Bali di Gambir, cukup banyak. Ini dipengaruhi karena penggunaan lauk ayam betutu yang sangat khas dan menjadi identitas kuliner dari Bali.

  1. Cara Pembuatan

Antara nasi tumpeng Bali dan Jawa memiliki cara pembuatan yang berbeda. Rempah yang digunakan pun berbeda karena masing-masing daerah memiliki keunikan rasa tersendiri. Mayoritas jasa catering di Gambir, yang menawarkan menu tumpeng Bali dan Jawa, biasanya memiliki juru masak yang handal di masing-masing bidang. Sehingga rasa nasi tumpeng yang diperoleh akan sama persis dengan rasa tumpeng di kota asalnya. Apalagi cara pembuatan ayam betutu itu sulit, jika tidak dikuasai dengan baik tidak akan menghasilkan bentuk dan rasa yang diinginkan.

Nasi tumpeng memiliki cerminan makna yang sangat indah, karena di adat Jawa, tumpeng digunakan sebagai bentuk rasa syukur atau sebagai persembahan untuk para leluhur. Hingga kini masih banyak warga Jawa yang melestarikan tradisi tumpengan pada leluhur.

Pesan nasi tumpeng di Gambir sebagai alternatif pertama ketika ingin merasakan rasa khas dari tumpeng Jawa dengan nilai filosofi yang kental. Maupun tumpeng Bali dengan cita rasa khas nan mewah. Tentunya Anda harus menemukan jasa catering yang bisa melayani pesanan menu tumpeng baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk acara besar. Nasi Tumpeng Jakarta adalah catering terbaik dengan pengalaman untuk menyediakan tumpeng dengan khas sesuai dengan daerah yang diinginkan. Selain itu juga ada beberapa paket yang bisa dipilih dengan variasi lauk yang berbeda sehingga isinya bisa disesuaikan dengan selera tamu yang diundang ke acara Anda. Tak lupa catering juga menyediakan layanan delivery yang akan membawa pesanan langsung ke tempat yang sudah disepakati sehingga tidak perlu mengambilnya sendiri. Dengan kualitas dan layanan terbaik, tentunya semua hal tersebutlah yang harus dicari dari catering berkualitas.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Balasan