Pesan Nasi Tumpeng Pegangsaan

Pesan Nasi Tumpeng Pegangsaan – Salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang sampai saat ini masih dilestarikan adalah tumpeng. Tumpeng merupakan nasi yang berbentuk kerucut dengan tambahan hiasan dari lauk pauk dan juga berbagai macam sayuran yang diletakkan di atas nampan. Isi dari lauk pauk untuk tumpeng ini banyak sekali jenis atau macamnya.

Pesan Nasi Tumpeng Pegangsaan

Misalnya aneka lalapan, telur, ayam, orek tempe, aneka seafood, perkedel dan masih banyak lagi. Tumpeng ini biasanya digunakan untuk perayaan acara penting seperti ulang tahun, tasyakuran, ataupun acara lainnya. Namun di saat pandemi seperti ini, penggunaan nasi tumpeng untuk perayaan masih bisa digunakan. Meskipun diharuskan di rumah saja Anda tetap bisa memesan tumpeng untuk dirayakan di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis nasi tumpeng yang mungkin bisa Anda pilih.

Jenis Pesan Nasi Tumpeng Pegangsaan

  1. Tumpeng seremonial

Jenis nasi tumpeng yang pertama adalah tumpeng seremonial. Tumpeng ini biasa digunakan pada acara yang bertema bebas. Orang-orang menyebutnya dengan tumpeng seremonial karena jenis tumpeng yang satu ini malah tidak terlalu memperhatikan makna filosofisnya. Tumpeng jenis ini biasanya digunakan untuk kegiatan acara perlombaan 17-an sehingga akan dihias sebagus mungkin.

  1. Tumpeng nasi kuning

Jenis nasi tumpeng selanjutnya adalah nasi tumpeng nasi kuning. Nasi tumpeng ini juga yang sering ditemukan pada acara tasyakuran untuk ulang tahun ataupun pernikahan. Tumpeng nasi kuning ini biasanya disajikan pada acara-acara yang bersifat seremonial. Untuk lauk pauknya biasanya nasi kuning ini disajikan dengan abon, irisan telur, perkedel dan lalapan.

Warna kuning dari nasi kuning ini berasal dari kunyit, jadi ketika memasak nasi akan ditambahkan larutan kunyit. Tumpeng dengan nasi kuning juga rasanya lebih gurih. Oleh karena itu Anda tetap bisa pesan nasi tumpeng Pegangsaan online meskipun acaranya di rumah saja.

  1. Tumpeng putih

Selain tumpeng nasi kuning, juga ada tumpeng nasi putih. Tumpeng dengan nasi putih memang cukup jarang ditemukan, akan tetapi bukan berarti tumpeng ini tidak ada atau tidak bisa dipesan. Warna putih dari nasi tumpeng ini berarti melambangkan kesucian. Jadi tumpeng nasi putih ini sering digunakan pada upacara keagamaan atau acara yang bersifat sakral.

Untuk lauk pauknya juga sama dengan jenis nasi tumpeng yang lain yaitu telur, abon atau ayam, tempe atau tahu bacem. Ada juga menu ayam goreng yang dimasak khusus atau ayam ingkung.

  1. Tumpeng Pungkur

Jenis tumpeng yang terakhir adalah tumpeng pungkur. Tumpeng jenis ini memang terdengar asing. Hal ini karena tumpeng ini digunakan berbeda untuk perayaan seperti ulang tahun atau tasyakuran. Tumpeng ini lebih digunakan untuk acara yang sifatnya duka atau untuk yang ingin tolak bala. Berbeda dengan bentuk tumpeng pada umumnya, tumpeng pungkur ini berbentuk gunungan dan dibelah menjadi 2 bagian. Dan dalam penyajiannya tumpeng ini disusun saling tolak belakang.

Infografik Bentuk Tumpeng

Model Nasi Tumpeng di Indonesia

Selain beberapa jenis tumpeng di atas juga ada model tumpeng lain yang mungkin bisa Anda pesan:

  1. Tumpeng Tumbuk

Merayakan ulang tahun dengan kue ulang tahun sudah menjadi hal yang biasa. Anda bisa mencoba merayakan ulang tahun dengan sesuatu yang baru yaitu menggunakan tumpeng. Dalam etnis Tionghoa dan Jawa, perayaan khusus akan dilakukan dengan tumpeng tumbuk ini. perayaan tersebut adalah untuk ulang tahun pada umur yang ke-64.

Bagi kedua etnis ini, angka 64 merupakan hasil perkalian dari angka 8 dengan 8 dimana angka 8 ini menjadi lambang kesempurnaan dan juga bentuknya yang tidak terputus dan saling berhubungan.

Selain filosofinya yang unik, tumpeng tumbuk ini juga dihias dengan berbagai macam lauk yang menarik dan juga hiasan dari makanan seperti kacang panjang yang dibentuk kepang dan lain sebagainya. Jadi meskipun merayakan ulang tahun di rumah saja, Anda tetap bisa merayakannya dengan pesan nasi tumpeng Pegangsaan murah.

  1. Tumpeng Robyong

Model tumpeng yang selanjutnya bisa Anda pilih adalah tumpeng Robyong. Tumpeng ini biasanya digunakan untuk acara khitanan atau hajatan lain yang bersifat sukacita dan kebahagiaan seperti khitanan dan pernikahan.

Hal yang unik dari tumpeng ini adalah Anda bisa menemukan bawang merah dan telur ayam yang utuh, cabai merah dan terasi bakar yang akan ditusuk dengan bambu kemudian ditancapkan pada ujung nasi tumpeng tersebut. Dan di sekeliling tumpeng akan ditancapkan berbagai macam lauk pauk yang menjadikan tampilan dari nasi tumpeng ini sangat meriah. Anda bisa order nasi tumpeng di Pegangsaan jika Anda memiliki acara khitanan atau hajatan.

  1. Tumpeng nujuh bulan

Untuk Anda yang sedang hamil besar dan ingin membuat acara syukuran, maka model tumpeng nujuh bulan ini cocok untuk Anda. sesuai dengan namanya, tumpeng ini umumnya digunakan untuk orang hamil dengan usia kandungan sekitar tujuh bulan. Bentuk tumpeng ini adalah satu tumpeng nasi besar dan di sekelilingnya terdapat 6 tumpeng kecil. Kemudian akan ditambahkan berbagai macam lauk seperti urap-urap, ikan bandeng, tahu goreng dan menu lainnya.

  1. Tumpeng Megana

Untuk adat Jawa, akan ada banyak sekali perayaan adat yang bisa Anda jumpai, salah satunya adalah wetonan. Perayaan ini merupakan perayaan hari lahir dalam adat Jawa dan model tumpeng megana yang biasanya digunakan pada perayaan ini. Isi lauk dari tumpeng ini biasanya seperti urap-urap dan ikan asin.

Jika Anda sedang merayakan hari wetonan, Anda perlu pesan nasi tumpeng Pegangsaan. Saat ini sudah banyak sekali tempat untuk memesan nasi tumpeng sesuai dengan jenis acara yang sedang Anda rayakan seperti di jasa catering Nasi Tumpeng Jakarta kami.

Tinggalkan Balasan