Pesan Nasi Tumpeng Harapan Mulya

Pesan Nasi Tumpeng Harapan Mulya – Nasi tumpeng sudah menjadi salah satu kuliner khas dari Indonesia yang memang memiliki banyak sekali ciri khasnya. Bahkan tumpeng dipilih menjadi salah satu ikon dalam pariwisata Indonesia oleh Dirjen Kemenparekraf. Hal ini dikarenakan ada atau bisa dijumpai di setiap daerah dan memiliki makna seperti Bhineka Tunggal Ika dengan berbagai macam bentuk keanekaragamannya.

Pesan Nasi Tumpeng Harapan Mulya

Ada berbagai macam tumpeng yang juga menjadi siri khas dari suatu daerah. Namun bentuk tumpeng secara umum tetap menjadi ciri khas yang kita temui dari nasi tumpeng dari berbagai daerah. Jika Anda ingin membuat tumpeng berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan.

Tips Membuat Nasi Tumpeng Agar Tampilannya Cantik

  1. Menggunakan daun pisang

Nasi tumpeng akan dirasa kurang jika tidak menggunakan daun pisang. Daun pisang digunakan sebagai alas pada nampan dan juga sebagai penutup pada bagian ujung nasi kuning yang berbentuk kerucut. Bahkan banyak juga yang menggunakan daun pisang sebagai hiasan yang dibentuk beragam dan diletakkan sebagai hiasan pada nampannya agar lebih menarik.

Daun pisang digunakan karena memang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah. Namun untuk saat ini terkadang adanya daun pisang agak sulit ditemukan. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa menggunakan daun pisang. Biasanya alas untuk nampannya akan tetap menggunakan daun pisang.

  1. Kelapa untuk urap dikupas

Menu yang sangat umum ditemukan ketika Anda pesan nasi tumpeng Harapan Mulya online adalah adanya sayur urap. Sayur urap tersebut akan cocok digunakan sebagai lauk pauk karena memberikan sensasi rasa yang segar dan juga nikmat. Komponen untuk membuat sayur urap ini dengan berbagai macam jenis sayuran matang yang kemudian dicampurkan dengan kelapa parut yang sudah matang beserta campuran bumbu rempah lainnya.

Kelapa parut yang digunakan sebaiknya sebelum diparut dikupas terlebih dahulu. Tujuannya agar hasil parutan yang Anda gunakan untuk sayur urap tersebut nantinya bisa bagus dan terlihat bersih. Selain itu juga agar tidak mengubah atau mempengaruhi rasa dari kelapa parut tersebut.

  1. Memberikan hiasan

Nasi tumpeng tidak lengkap jika tidak dihias. Justru yang membuatnya menarik dan juga ciri khasnya adalah dari hiasan yang digunakan tersebut. Hiasan yang digunakan untuk menghias nasi tumpeng biasanya juga berasal dari bahan makanan yang bisa dimakan. Seperti menggunakan mentimun, tomat, wortel, cabai, lobak, kacang panjang, selada air dan lain sebagainya.

Mentimun, cabai, wortel dan tomat biasanya dibentuk menjadi bentuk bunga yang bagus. Sedangkan untuk kacang panjang biasanya dibentuk seperti pagar pada bagian pinggir nampan. Untuk selada juga bisa Anda gunakan pada bagian pinggir nampan. Pesan nasi tumpeng harapan Mulya murah sudah pasti akan dihias semenarik mungkin.

  1. Beras dicampur dengan ketan

Hasil dari nasi tumpeng berupa nasi kuning yang punel serta memiliki tekstur yang bagus pasti juga akan enak ketika dimakan. Salah satu tips agar bisa mendapatkan nasi yang seperti itu adalah dengan mencampurkan beras dengan sedikit ketan. Tujuannya agar nasi menjadi lebih pulen dan enak.

Komposisi yang bisa Anda gunakan adalah dengan 2/3 beras biasa akan dicampurkan dengan 1/3 ketan. Penggunaan ketan juga untuk membuat hasil dari nasi kuningnya menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah kering.

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

 

Urutan Membuat Tumpeng yang Enak

Untuk membuat nasi tumpeng memang cukup sederhana. Hanya saja diperlukan banyak waktu dan berbagai jenis makanan serta bumbu untuk membuatnya. Itulah mengapa untuk orang yang sibuk atau tidak terlalu bisa memasak, pesan nasi tumpeng Harapan Mulya terbaik adalah pilihan yang tepat.

Berikut adalah cara untuk membuat nasi tumpeng seperti biasanya:

  • Masak dengan urut dan persiapan: memasak makanan dari nasi tumpeng dengan urut memang sangat diperlukan. Tujuannya agar tidak ada lauk yang sampai basi karena terlalu lama ditinggal untuk memasak lauk lainnya.
  • Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengukep ayam terlebih dahulu setelah itu tinggal untuk memasak lauk lainnya. Ketika Anda hendak menyusun nasi tumpeng, baru goreng ayam tersebut agar ketika disajikan bisa tetap hangat.
  • Selanjutnya adalah dengan merebus hati ayam dengan garam kemudian sisihkan. Goreng kentang menjadi bentuk dadu dan sisihkan.
  • Untuk memasak hati ayam dan kentang bisa Anda lakukan di bagian akhir karena hanya tinggal mengaduknya dengan bumbu merah hingga matang.
  • Kemudian buat telur rawis dan sisihkan. UntukΒ  membuat perkedel Anda bisa membuatnya sehari sebelumnya agar nanti ketika hari H tinggal menggorengnya saja. Hal ini karena biasanya membutuhkan waktu agak lama untuk membentuk perkedel.
  • Tahu bacem dan kering tempe bisa Anda buat satu hari sebelumnya. Tujuannya agar Anda tinggal menggorengnya saja. Selain itu kering tempe dan juga bacem tahu bisa Anda simpan dalam lemari es dalam wadah yang tertutup sehingga lebih memudahkan Anda dan tetap awet.
  • Ketika Anda hendak menggoreng berbagai macam lauk pauk seperti perkedel, tahu bacem dan ayam Anda juga bisa memasak nasi kuning. Hal ini karena nasi kuning bisa ditinggal selagi menggoreng lauk tersebut.
  • Terakhir adalah membuat sayur urapnya. Masak berbagai jenis sayuran hingga matang kemudian tiriskan. Sambil memasak sayuran Anda juga bisa mengungkep kelapa parut yang sudah diberi bumbu. Setelah sayurannya sedikit lebih dingin campurkan dengan bumbu kelapa hingga tercampur.
  • Susun semua nasi kuning beserta lauk pauknya di bagian pinggirnya.

Pesan Nasi Tumpeng Harapan Mulya Online

Kalau Anda ingin memesan nasi tumpeng yang dijamin enak dengan tampilan menarik, maka bisa hubungi jasa catering Nasi Tumpeng Jakarta. Kami menawarkan layanan delivery order tumpeng besar dan tumpeng mini sesuai kebutuhan.

Selain itu, kami juga memiliki menu nasi box, snack box, kue tampah, nasi kebuli, nasi liwet hingga prasmanan. Jadi selain pesan nasi tumpeng Harapan Mulya, Anda juga bisa memesan pelengkap lainnya. Hubungi kami di nomor berikut ini: 0812 9430 9199.

Tinggalkan Balasan