Pesan Nasi Tumpeng di Sudirman

Pesan Nasi Tumpeng di Sudirman – Tumpeng merupakan salah satu hal yang biasa digunakan oleh warga Jakarta. Terutama warga yang masih keturunan Jawa, terlebih saat ini ada banyak jasa catering yang menawarkan nasi tumpeng dengan desain menarik dan harga terjangkau. Sayangnya, tidak banyak yang tahu apa saja makna yang terkandung dalam tumpeng, terutama dalam tradisi langkahan di adat Jawa.

Tradisi langkahan terjadi ketika seorang adik melangkahi kakaknya untuk menikah. Mitos di Jawa mengatakan jika adik melangkahi kakak menikah maka akan membuat kakaknya kesulitan mendapatkan jodoh. Padahal baik itu rezeki, jodoh dan kematian, semuanya telah diatur oleh tuhan.

Pesan Nasi Tumpeng di Sudirman

Berdasarkan pada adat istiadat di Jawa, bila seseorang yang ingin meresmikan hubungannya dalam ikatan suci pernikahan sekaligus melangkahi kakak, maka dianjurkan untuk melakukan beberapa prosesi terlebih dahulu. Prosesi itu dinilai mampu membantu menghindari kakak kesulitan memperoleh jodoh kelak.

Tradisi langkahan di Jawa dihubungkan dengan tumpeng, 9 tumpeng mempunyai arti yang beragam. Upacara langkahan adat Jawa tidak akan bisa dilakukan jika 9 nasi tumpeng tidak tersedia. Pihak keluarga baru akan memulai upacara ketika semua nasi tumpeng siap. Upacara ini sifatnya sakral, saat dimulai, calon pengantin akan diminta untuk duduk lalu mengucapkan salam pada kakak yang diapit orang tua lantas sambil sungkem. Adiknya meminta maaf serta meminta izin dan keikhlasan dari kakaknya.

Pesan Nasi Tumpeng Di Sudirman Untuk Tradisi Langkahan Adat Jawa

Masyarakat awam tentu mengenal tumpeng kuning dan putih, namun tidak banyak orang yang tahu apa saja jenis nasi tumpeng yang digunakan pada proses langkahan adat Jawa. Setidaknya keluarga harus menyiapkan 9 tumpeng berbeda untuk memperoleh 9 makna berbeda seperti:

  1. Tumpeng Taggarana

Yang dimaksud dengan tumpeng taggarana merupakan nasi tumpeng yang berhias enten-enten dalam istilah jawa memiliki makna mengajarkann umat manusia untuk selalu ingat pada tuhan yang memberikan kehidupan.

  1. Tumpeng Kesawa

Tumpeng umumnya dihias dengan lauk pendamping ayam bakar atau ayam goreng dimana bagian tubuh ayam yang dipilih adalah paha atau dada. Namun pada tumpeng kesawa bagian tubuh ayam yang diletakan adalah kepala ayam yang bermakna sebagai petunjuk supaya selalu rajin dalam berkarya dan bermasyarakat.

  1. Tumpeng Puput

Ketika memesan nasi tumpeng Jakarta untuk tradisi langkahan adat Jawa,Β  jangan lupa untuk memesan tumpeng puput yang dihias dengan 3 butir telur ayam. Ini secara tidak langsung menyiratkan jika seseorang telah melepaskan dirinya dari tanggung jawab orang tua.

  1. Tumpeng Sangga Langit

Nasi yang digunakan untuk membuat tumpeng ini adalah nasi ketan putih dan merah. Keduanya memiliki makna positif supaya seseorang tetap menghormati asal usulnya yakni ayam dan ibunya. Maka dari itu harus tetap berbakti pada orang tua meskipun akan masuk ke kehidupan baru, pernikahan.

  1. Tumpeng Bedhah Negara

Ada banyak jenis nasi tumpeng enak tapi belum tentu akan memiliki makna seindah tumpeng bedhah Negara yang melambangkan keabsahan bersatunya dua anak manusia, adam dan hawa.

  1. Tumpeng Kidongsoka

Hiasan pada tumpeng kidongsoka sangat unik. Berhiaskan uang receh yang memiliki makna peringatan sehingga bisa menjauhkan dirinya dari sikap dan sifat arogan.

  1. Tumpeng Pengapit

Nasi tumpeng pengapit ini meliputi jenang merah putih yang diberi hias setangkai padi, memiliki arti positif dan negative kehendak dari tuhan.

  1. Tumpeng Pangruwat

Karena jumlah nasi tumpeng yang dibeli ada banyak, harga nasi tumpeng untuk acara langkahan adat Jawa mungkin akan menghabiskan budget yang besar, namun menilik dari makna semua tumpeng rasanya sepadan. Tumpeng ini dihias dengan pisang raja kusta utawi pisang talun yang mengajarkan supaya anak selalu berbakti dan nurut dengan mertua dan orang tuanya sendiri.

  1. Tumpeng Penggoda

Paling bontot adalah tumpeng penggoda yang meliputi 3 takir nasi Loyang yang seluruhnya memiliki makna jika segalanya yang terdapat di dunia merupakan fana, tidak bersifat kekal abadi.

Melihat banyaknya jenis tumpeng yang digunakan di acara langkahan adat Jawa mungkin membuat penyelenggara acara merasakan kesulitan untuk membuat nasi tumpengnya sendiri. Namun melalui jasa catering Sudirman, kesembilan nasi tumpeng yang dibutuhkan akan siap sedia dengan cepat. Pihak penyelenggara acara hanya perlu memberikan detail pesanan, mulai dari diameter tampah yang ingin digunakan, hiasan apa saja hingga lauk pauk apa yang diinginkan untuk melengkapi lauk utama. Membuat nasi tumpeng ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Jika pesan nasi tumpeng di Sudirman pada jasa catering terpercaya, acara adat yang sakral seperti upacara langkahan bisa dijalankan dengan lancar. Tidak hanya mampu memberikan tampilan tumpeng yang cantik, dari segi rasanya sudah pasti lezat dan disukai oleh banyak tamu undangan. Untuk itulah Anda perlu memesannya di Nasi Tumpeng Jakarta yang memang sudah berpengalaman dalam menyediakan pesanan nasi tumpeng untuk berbagai kebutuhan.

Sending
User Rating 5 (3 votes)

Tinggalkan Balasan