Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pejaten Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pejaten – Dalam menu pesanan nasi tumpeng biasanya terdapat banyak lauk pauk sebagai pelengkapnya agar tumpeng makin lezat. Salah satunya yang tidak mungkin ketinggalan adalah sayur urap yaitu olahan sayuran rebus yang diberi taburan kelapa. Berikut ini adalah 5 macam urap yang dapat dijadikan sebagai sajian dalam menu nasi tumpeng jasa catering.

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pejaten

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pejaten Jakarta Selatan

  1. Gudangan

Gudangan merupakan salah satu hidangan khas Jawa Tengah yang mirip seperti urap. Dinamakan gudangan karena biasanya satu prosi makanan ini disajikan dalam jumlah besar menggunung atau ‘segudang’. Gudangan sangat cocok disajikan bersama dengan nasi tumpeng, baik itu tumpeng putih ataupun kuning. Hal yang membedakan antara gudangan dengan tumpeng pada umumnya yaitu sayur pada gudangan lebih bervariasi seperti adanya wortel, daun singkong, daun adas, dan kenikir. Gudangan juga biasanya dihidangkan bersama dengan potongan telur ayam rebus. Menu ini pun bisa didapat di jasa catering nasi tumpeng di Pejaten Jakarta Selatan.

  1. Trancam

Selain Gudangan, ada juga Trancam yang merupakan sajian urap asli Jawa Tengah. Ciri khas utama yang dimiliki trancam yaitu sayur ini sama sekali tidak direbus, melainkan cukup dipotong-potong kemudian diberi bumbu urap. Di catering nasi tumpeng enak di Pejaten Jakarta Selatan, sayur yang dipakai untuk membuat trancam antara lain kacang panjang, daun kemangi, sawi putih, taoge, dan mentimun. Karena sama sekali tidak direbus, tentu saja makanan ini lebih segar dan pastinya lebih sehat karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya masih terjaga utuh.

  1. Kuluban

Kuluban juga merupakan sajian urap yang bisa dihidangkan bersama tumpeng. Namun kuluban berbeda dengan gudangan maupun trancam. Sayur yang digunakan untuk membuatnya antara lain kacang panjang, daun kacang panjang, nangka muda, dan kecambah. Semua bahan ini direbus terlebih dahulu sebelum diberi bumbu urap dengan tambahan terasi bakar. Selain itu, terkadang kuluban juga disajikan bersama wortel dan petai. Namun bagi yang tidak suka dengan petai, tidak perlu menambahkannya. Kuluban cocok dijadikan sebagai menu tumpeng untuk acara syukuran maupun selamatan seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, dll.

  1. Jukut Urap
baca juga  Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Pasar Minggu Jakarta Selatan

Tidak hanya daerah Jawa saja yang punya olahan urap. Bali pun juga punya sajian urap yang khas dengan nama jukut urap. Bahan yang digunakan untuk membuat urap khas Bali ini antara lain bayam, kacang panjang, kangkung, dan taoge. Semua bahan tersebut terlebih dahulu direbus kemudian diberi bumbu urap dengan perasan jeruk yang menyegarkan. Selain itu, di atasnya juga bisa ditambahkan irisan cabai dan taburan bawang goreng.

  1. Anyang

Catering kami menyediakan jasa pesan nasi tumpeng murah dengan beragam varian urap. Salah satunya adalah anyang. Yakni urap khas Sumatera yang banyak dipakai di daerah medan, Riau, dan Padang. Hal yang membuat Anyang unik dan berbeda dari urap jenis lainnya yaitu penggunaan daun pakis dan jantung pisang. Sehingga akan memberikan sensasi tersendiri ketika disantap bersama nasi tumpeng. Parutan kelapa yang telah disangrai bersama bumbu-bumbu juga menjadi pelengkap di atasnya. Bumbu yang digunakan memiliki rasa bawang merah yang cukup kuat, sehingga menjadi kabar baik bagi yang suka dengan bawang.

Itulah 5 macam urap yang bisa dijadikan pilihan menu dalam tumpeng. Semua jenis urap tersebut bisa didapat dengan cara pesan nasi tumpeng terbaik di Pejaten Jakarta Selatan.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan