Pesan Nasi Tumpeng Kebon Melati

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Melati – Akan menjadi salah satu informasi yang bermanfaat bagi anda. Penasaran? Simak ulasannya sampai selesai ya.

Apa Itu Nasi Tumpeng?

Mendengar kata nasi tumpeng pastinya sudah tak asing lagi ditelinga anda. Hal ini karena masyarakat Indonesia seringkali memanfaatkan nasi tumpeng ini sebagai sajian istimewa, khususnya untuk acara – acara semi formal hingga formal. Pastinya banyak yang penasaran mengapa sajian nusantara yang satu ini begitu diminati oleh masyarakat.

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Melati

Sejarah perjalanan nasi tumpeng sendiri mungkin sudah tak asing bagi masyarakat. Karena memang makanan yang satu ini tak hanya sudah melegenda saja namun juga memiliki ciri khas yang membuatnya banyak disukai oleh orang. Nasi tumpeng memiliki ciri khas warna kuning, dengan rasa khas yang gurih serta biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis lauk pauk yang tentunya semakin menambah kelezatan cita rasanya.

Mungkin soal nama dan rasa, masyarakat memang sudah tahu tentang nasi tumpeng ini. Oleh sebab itu, tak heran rasanya jika banyak orang yang mulai Pesan Nasi Tumpeng Kebon Melati untuk melengkapi moment spesialnya. Apalagi diluaran sana juga sudah bermunculan jasa catering yang memang menawarkan jasa pembuatan nasi tumpeng ini untuk segala keperluan.

Lalu sebenarnya makna apakah yang terdapat pada nasi tumpeng ini? Mungkin banyak yang berpikir bahwa nasi tumpeng hanyalah sekedar sajian menu masakan saja. Namun siapa sangka bahwa ternyata nasi tumpeng ini juga memiliki filosofi atau makna tersendiri. Apakah itu?

Seperti yang banyak diketahui bahwa semua hal yang berkaitan dengan tradisi leluhur memang syarat akan makna. Bahkan untuk urusan sajian makanan saja juga banyak yang mengandung makna khusus. Salah satunya adalah nasi tumpeng ini.

Nasi tumpeng umumnya berbentuk kerucut layaknya gunung. Pada jamam dahulu, gunung merupakan salah satu tempat yang dianggap suci karena dipercaya menjadi tempat bersemayamnya dewa beserta roh leluhur. Sehingga sajian tumpeng ini direpresentasikan sebagai wujud penghormatan pada gunung tersebut.

Ada pula yang menganggap bahwa bentuk nasi tumpeng ini adalah perwujudan rasa syukur. Menurut sejarah Jawa sendiri bentuk kerucut pada nasi tumpeng  seperti sebuah petuah yang menyarankan setiap manusia agar selalu bersungguh – sungguh dalam berusaha. Pantang menyerah serta diimbangi dengan doa kepada Sang Pencipta. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa setiap acara menggunakan nasi tumpeng sebagai menu istimewanya.

Infografik Bentuk Tumpeng

Makna Tersembunyi Dibalik Komposisi Nasi Tumpeng

Tahukah anda bahwa ternyata pembuatan nasi tumpeng bukan sekedar hidangan saja. Hal ini karena menurut tradisi dan sejarah, komposisi bahan serta penyusunan nasi tumpeng ini. Makna apa sajakah itu?

  • Nasi

Komposisi menu nasi tumpeng yang pertama tentunya adalah nasi. Nasi memiliki makna kesucian dan kebersihan. Dulunya nasi yang digunakan pada tumpeng hanyalah nasi putih biasa. Namun saat ini nasi yang disajikan nasi tumpeng ini umumnya menggunakan nasi uduk dengan warna kuning.

  • Ikan

Nasi tumpeng juga menggunakan lauk berupa ikan. Jenis ikan yang digunakanpun juga beragam. Bisa menggunakan ikan teri maupun ikan lele.

Untuk ikan teri sendiri memiliki makna kebersamaan dan hidup manusia yang rukun seperti kebiasaan ikan teri yang selalu hidup rukun bergerombol. Sedangkan untuk ikan lele memiliki arti bahwa sebagai manusia harus selalu bersabar dan rajin. Sama seperti ikan lele yang bisa bertahan hidup walaupun didasar sungai sekalipun.

  • Telur

Nasi tumpeng juga menggunakan telur. Untuk telur biasanya direbus dan disajikan utuh bersama kulitnya. Sehingga ketika ingin memakannya, tentu harus dikupas terlebih dahulu.

Hal ini mengandung arti dimana segala hal didalam hidup harus dilakukan secara bertahap sehingga perencanaan memang diperlukan agar nantinya mendapatkan  hasil sesuai dengan apa yang diinginkan.

  • Ayam

Ayam juga menjadi lauk yang seringkali digunakan dalam nasi tumpeng. Biasanya ayam yang dipilih merupakan ayam jago alias ayam jangan. Mengapa begitu?

Ayam jago memiliki sifat yang dominan dan ingin menang sendiri. Serta memiliki kebiasaan berkokok seolah menyela orang lain. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ayam jago dijadikan sebagai bagian lauk dalam nasi tumpeng. Tujuannya adalah agar agar manusia bisa menjadi pribadi yang lebih baik, tidak seperti ayam jago.

  • Sayur

Selain lauk pauk, nasi tumpeng juga menggunakan sayur dimana biasanya sayur urap adalah yang sering digunakan. Di Dalam sayur urap ini sendiri menggunakan beberapa jenis sayuran yang memiliki makna yang berbeda. Misalnya saja :

  1. Bayam, artinya keamanan dan ketentraman.
  2. Tauge, artinya berkembang.
  3. Kacang panjang, pola pikir yang harus jangka panjang bukan hanya memikirkan sekarang saja.

Sedangkan untuk urap sendiri dalam bahasa jawa sebenarnya berasal dari kara “ urip “ yang artinya hidup. Sehingga secara keseluruhan, makna sayuran dalam nasi tumpeng adalah bahwa didalam hidup harus memiliki pola pikir yang baik, hidup dengan penuh sisi positif serta berusaha menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

  • Cabe Merah

Pemilihan cabe merah didalam nasi tumpeng juga tidak sembarangan. Cabe merah ini memiliki arti sebuah cahaya atau penerang yang artinya hidup harus selalu bersifat positif sehingga memberikan penerang atau contoh bagi orang lain. Dengan kata lain, hidup harus bisa bermanfaat bagi sesama.

Dengan segala makna yang ada disetiap komposisi nasi tumpeng ini, rasanya tak heran jika sajian ini menjadi sajian istimewa karena memang filosofinya sangat baik. Dan tak heran pula jika masyarakat juga makin banyak yang Pesan Nasi Tumpeng Kebon Melati ini.

Tinggalkan Balasan