Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Rawa

Pesan Nasi Tumpeng di Kampung RawaNasi tumpeng merupakan hidangan khas negara Indonesia yang kerap melengkapi dan meramaikan sajian makanan di berbagai macam acara. Dari acara syukuran ulang tahun, perusahaan ataupun acara lainnya, nasi tumpeng adalah sajian makanan yang wajib hadir dalam acara tersebut. Bagi kalian yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, bingung dimana harus memesan nasi tumpeng. Semisal kalian ingin Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Rawa. Kini sudah hadir Jakarta Nasi Tumpeng dan berikut ini beberapa jenis tumpeng.

Pesan Nasi Tumpeng di Kampung Rawa

Tumpeng Kuning

Seperti namanya nasi tumpeng kuning ini memiliki nasi yang berwarna kuning. Nasi kuning ini pas sekali dengan berbagai macam acara loh. Dari ulang tahun, syukuran hingga acara resmi-resmi kantor pun sangat cocok untuk dihidangkan nasi tumpeng kuning ini. Tumpeng kuning ini bisa kalian beri berbagai macam pelengkap sajian makanan lainnya. Pada Jakarta Nasi Tumpeng kalian bisa memilih pelengkapnya dari ayam goreng, ayam bakar, perkedel kentang, sambel goreng hati, mie goreng urap, mie goreng abon sapi, telur rawis, kering tempe, emping, kerupuk udang, sambal dan hiasan sayuran.

Tumpeng kuning ini di dalam masyarakat memiliki makna dan filosofinya. Diantaranya yakni dari warna nasinya yang kuning. Warna kuning ini melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Pada warna nasinya ini diharapkan bahwa akan datangnya kemakmuran, kesejahteraan dan kekayaan.

Tumpeng Robyong

Tumpeng robyong ini sangat pas disajikan untuk acara-acara yang bersifat meriah dan suka cita, seperti pernikahan, khitanan dan  acara suka cita lainnya. Ciri khas yang membedakan tumpeng robyong dari jenis tumpeng lainnya ialah pada tumpeng robyong di ujung atas tumpeng terdapat telur ayam utuh, terasi bakar, bawang merah, dan cabai merah yang semua bahan tersebut ditusuk menggunakan bilah bambu serta sekeliling tumpeng robyong ini dikelilingi dengan aneka sayuran yang dihias dengan cantik. 

Sama seperti tumpeng kuning, tumpeng robyong ini juga memiliki makna dan filosofinya sendiri. Makna dari nasi tumpeng robyong ini ialah keselamatan, kesuburan dan kesejahteraan, Bentuknya yang kerucut seperti gunung juga memiliki makna yang dalam. Apa itu? Yakni menggambarkan kemakmuran. Lalu dengan sayuran yang dihias mengelilingi tumpeng maknanya air yang berasal dari gunung akan memberikan kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan.

Infografik Bentuk Tumpeng

Tumpeng Nujuh Bulanan

Tumpeng nujuh bulanan ini merupakan nasi tumpeng yang disajikan pada saat acara tujuh bulanan. Dimana pada saat kehamilan seorang wanita telah mencapai umur tujuh bulan atau lebih, tidak boleh kurang walaupun hanya satu hari. Makna dan filosofi dari tumpeng nujuh bulanan ialah sebagai rasa syukur atas kesehatan calon bayi di dalam perut ibu serta sebagai doa agar bayi dan ibunya selalu diberi  keselamatan dan kesehatan.

Dalam menyajikan tumpeng nujuh bulanan ini kalian tidak boleh asal-asalan. Ada hal yang harus diperhatikan. Diantaranya terdapat tujuh macam nasi yang berbentuk kerucut. Dimana satu diantaranya berukuran besar sedangkan enam yang lainnya berukuran kecil serta lengkap dengan berbagai macam  lauik pauknya.

Selain itu ada sajian hidangan lainnya yang wajib dihidangkan pada acara nujuh bulanan yakni tujuh macam bubur yang mana harus dimakan oleh ayah, ibu dan keluarga.  Tujuh macam bubur itu ialah bubur merah, bubur putih, bubur putih ditumpangi merah, bubur merah ditumpangi putih, bubur putih disilang merah, dan bubur baro-baro.

Tumpeng Modern

Tumpeng modern ini memanglah tidak terdapat makna ataupun filosofi tertentu. Selain itu, tumpeng ini cocok di acara-acara peresmian ataupun acara-acara modern lainnya. Tumpeng ini bisa berkompetisi dengan sajian makanan modern lainnya. Dari segi rasa dan penampilan tumpeng bisa kalian pesan dengan bentuk kalian inginkan.

Misalkan kalian memiliki acara di Kampung Rawa, kalian bisa pesan nasi tumpeng di Kampung Rawa Tua melalui website Nasitumpengjakarta.co.id. Disana kalian bisa pesan nasi tumpeng modern dengan berbagai macam pelengkapnya. Dimulai dari telur balado, urap, mie goreng, dendeng balado, telur suwir, udang balado, daging empang, empal, udang goreng tepung dan macam pelengkap lainnya yang bisa kalian lihat di websitenya.

Tumpeng Pungkur

Tumpeng pungkur ialah tumpeng yang disajikan pada saat kematian dari seorang pria ataupun wanita yang masih lajang. Tumpeng pungkur ini menggunakan nasi putih dan dilengkapi berbagai macam lauk pauk. Ciri khas dari tumpeng pungkur ini ialah nasi tumpengnya yang dipotong secara vertikal lalu diletakkan dengan posisi saling membelakangi.  Selain itu hidangan pelangkapnya terdiri dari sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, wortel, kecambah dan lain-lainnya direbus dengan bumbu urap; telur ayam yang telah direbus matang; kembang setaman; serta cobek yang terbuat dari tanah liat. Tumpeng pungkur ini akan didiamkan semalaman di rumah duka hingga paginya tumpeng ini akan dihanyutkan ke sungai

Makna dari tumpeng pungkur ini ialah duka cita. Makna dari nasi tumpeng yang dibelah vertikal dan diposisikan saling membelakangi yaitu melambangkan adanya perbedaan yang sangat jelas antara kehidupan dan kematian. Makna dari nasi yang digunakan berwarna putih melambangkan kesucian. Makna dari hidangan pelengkapnya ialah simbol dari kesejahteraan dan kemakmuran.

Nah itu adalah beberapa macam jenis tumpeng yang ada di Indonesia. Apabila kalian berdomisili di sekitar JABOTABEK dan kalian memerlukan nasi tumpeng untuk berbagai acara. Kalian bisa membuka website Nasitumpengjakarta.co.id ataupun telepon ke 081294390199. Bagi Kalian yang berdomisili di Jakarta misalkan kalian pesan nasi tumpeng di kampung rawa kalian bisa mendapatkan free ongkos kirim.

Tinggalkan Balasan