Pesan Nasi Tumpeng di Kemayoran

Pesan Nasi Tumpeng di Kemayoran – Nasi tumpeng yang popular di daerah Kemayoran umumnya nasi tumpeng olahan dari Jawa. Sebagian besar konsumen tumpeng dari kawasan Kemayoran memesan tumpeng untuk acara istimewa seperti acara syukuran, acara ulang tahun bahkan acara pernikahan. Jenis nasi tumpeng yang dipesan pun sangat beragam, ada yang memilih tumpeng kerucut dengan nasi kuning, namun tidak jarang pula konsumen yang memesan nasi tumpeng manis yang cocok dihidangkan sebagai teman minum teh atau kopi.

Pesan Nasi Tumpeng di Kemayoran

Fakta Tumpeng dan Rekomendasi Pesan Nasi Tumpeng Di Kemayoran

Mereka yang memesan nasi tumpeng di Kemayoran umumnya tidak mengetahui apa saja fakta unik dan menarik yang terhubung dengan nasi tumpeng. Melakukan pemesanan nasi tumpeng hanya untuk melengkapi sajian makanan di acara penting. Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai nasi tumpeng Indonesia:

  1. Nasi Tumpeng Sebagai Persembahan Manusia Untuk Tuhan

Seorang peneliti makanan dari UGM yaitu Murdjati Gardjito mengatakan jika nasi tumpeng merupakan bentuk simbolis dari hubungan antara manusia serta Tuhan. Beliau menjelaskan jika bagian puncak pada nasi tumpeng yang meruncing merupakan bentuk penghormatan pada Tuhan. Sedangkan bagian paling dasar dari tumpeng yang porsinya lebih besar menggambarkan karakter dari manusia dengan gaya hidup yang kompleks.

  1. Makan Dari Bagian Dasarnya

Ritual memotong puncak nasi tumpeng untuk diberikan pada tamu yang dihormati merupakan ritual yang umumnya dilakukan di Indonesia. Padahal baiknya, nasi tumpeng itu dimakan dari bagian paling dasarnya karena menurut kepercayaan jika memotong bagian puncak nasi tumpeng diartikan sebagai memotong hubungan dengan Tuhan. Nasi tumpeng Jakarta hendaknya dinikmati secara bersama-sama dengan tamu, cara menikmati nasi tumpeng yang baik adalah dengan dimakan menggunakan tangan.

  1. Tumpeng Merupakan Tradisi Hindu

Meskipun nasi tumpeng merupakan makanan dari Pulau Jawa, nasi tumpeng enak dihubungkan dengan tradisi Hindu. Pada tradisi atau kepercayaan Hindu, nasi tumpeng dibuat berbentuk kerucut untuk melambangkan gunung Mahameru yang menjadi tempat tinggal dari para leluhur. Hingga kini kepercayaan itu terus tumbuh dan berkembang secara turun temurun sehingga bentuk normal dari nasi tumpeng yang dikenal di masyarakat Indonesia adalah berbentuk kerucut.

  1. Tumpeng Merupakan Akronim

Banyak orang yang suka makan nasi tumpeng namun tidak benar-benar mengetahui jika tumpeng merupakan sebuah akronim dari kalimat Jawa. Yang memiliki arti bila hendak keluar harus dengan sungguh-sungguh, jangan sampai memiliki keraguan. Lauk pauk pada tumpeng Jawa jumlahnya ada 7 macam karena dalam bahasa Jawa 7 adalah pitu yang bermakna pitulungan yaitu pertolongan. Namun, seiring dari perkembangan zaman dan teknologi, modifikasi dari nasi tumpeng yang hadir di Indonesia cukup banyak. Meski demikian, 7 jenis makanan yang ada sejak awal tidak dihilangkan.

  1. Arti Lauk Pendamping Nasi Tumpeng

Secara tradisional nasi tumpeng disajikan dengan 7 lauk pendamping yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Seperti sayuran dan ayam yang berasal dari kekayaan darat dan ikan yang berasal dari kekayanan laut. Masing-masing lauk pendamping juga memiliki cita rasa yang beragam. Meliputi rasa manis, asin dan gurih yang secara keseluruhan menggambarkan beragam situasi dari kehidupan manusia.

Bisa dilihat tidak sekedar disajikan sebagai menu utama dari acara hajatan maupun syukuran, nasi tumpeng ternyata memiliki banyak fakta unik. Bahkan, jenis dari nasi tumpeng pun beragam yang masing-masing memiliki definisi yang berbeda.

Cara Pesan Nasi Tumpeng di Nasi Tumpeng Jakarta

Memesan nasi tumpeng di jasa catering yang ada di kawasan Kemayoran sangatlah mudah. Pemesan tidak perlu pergi jauh ke tempat catering karena kini ada fasilitas pesan antar yang diberikan oleh penyedia jasa catering tumpeng. Konsumen hanya perlu menghubungi jasa catering Nasi Tumpeng Jakarta melalui telepon lalu sebutkan menu tumpeng apa yang ingin dipesan dengan desain dan lauk pendamping yang diinginkan. Selain pesan melalui telepon, konsumen tumpeng Kemayoran juga bisa memesan via online melalui situs jasa catering terpercaya. Pesan melalui media chatting WhatsApp atau melalui formulir pemesanan online juga dapat dilakukan.

Pemesanan nasi tumpeng melalui formulir online di jasa catering hampir sama dengan cara pesan di tempat lainnya. Konsumen hanya perlu memilih menu tumpeng lalu klik pesan. Jasa catering akan menerima informasi pemesanan. Setelah biaya yang dibutuhkan ditransfer maka catering akan menyiapkan pesanan konsumen kemudian mengantarkannya melalui jasa kurir yang disediakan catering atau jasa ekspedisi lainnya.

Setelah mengetahui fakta menarik tentang nasi tumpeng dan cara pesan nasi tumpeng di Kemayoran via online. Semoga masyarakat Indonesia khususnya yang gemar makan nasi tumpeng lebih memahami apa saja makna simbolis dari keberadaan nasi tumpeng di Indonesia. Baik sebagai makanan tradisional maupun sebagai lambang persembahan untuk para leluhur. Karena itulah Anda tidak perlu ragu-ragu untuk memesan dari Nasi Tumpeng Jakarta yang menyediakan makanan dengan kualitas terbaik.

Sending
User Rating 5 (3 votes)

Tinggalkan Balasan