Pesan Nasi Tumpeng di Cakung Jakarta Timur

Pesan Nasi Tumpeng di Cakung – Bicara tentang tumpeng, biasanya akan mengingatkan kita tentang acara adat tradisional dan sejarah tumpeng yang sangat istimewa. Tumpeng sangat populer bukan karena memiliki bentuk cantik atau lauk yang beragam. Melainkan karena memiliki makna khusus, bahkan bentuk kerucut dari tumpeng memiliki makna kehidupan sejahtera dan harapan tinggi.

Uniknya, makna dan keistimewaan tumpeng tidak hanya terdapat pada bentuk kerucut atau 7 jenis lauk pauk yang digunakan. Warna nasi pada tumpeng ternyata sarat akan makna yang sayangnya masih jarang diketahui orang. Sebelum memutuskan untuk pesan nasi tumpeng, cari tahu lebih dahulu makna dari warna nasi pada tumpeng tersebut.

Pesan Nasi Tumpeng di Cakung

Arti Tersembunyi di Balik Warna Tumpeng

Tumpeng Indonesia mayoritas adalah kuning. Kuning yang dihasilkan pada warna nasi tumpeng bukan dari pewarna makanan buatan melainkan dari kunyit. Tapi selain kuning, masih ada warna tumpeng lain yang tidak kalah terkenal, seperti:

  1. Tumpeng Putih

Ada dua jenis paket tumpeng putih yang ditawarkan pesan nasi tumpeng di Cakung Jakarta Timur online. Di antaranya adalah tumpeng nasi putih biasa atau tumpeng nasi uduk. Keduanya menghasilkan warna putih pada nasi tumpeng. Tumpeng putih umumnya dibuat dalam rangka merayakan hari keagamaan atau acara sakral yang sifatnya spiritual.

Warna tumpeng putih memiliki makna kesucian. Dan untuk menyemarakkan tumpeng putihnya, biasa ditempatkan sejumlah lauk pauk dengan pilihan warna menarik. Termasuk warna hijau dari lalapan dan merah dari sambalnya.

  1. Tumpeng Merah Putih

Keunikan dari nasi tumpeng ini adalah perpaduan warnanya yang sangat unik. Di bagian atas terdapat nasi merah dan bawahnya adalah nasi putih. Proses pembuatan nasi tumpeng ini jauh lebih lama karena olahan nasi yang dibuat lebih banyak. Tapi, ada pula yang sengaja membuat dua kerucut nasi dengan kombinasi warna merah dan putih.

Nasi tumpeng ini memiliki warna yang melambangkan bendera Indonesia jadi umumnya, tumpeng merah putih akan dihidangkan pada acara Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Dan sebagai lambang negara, warna merah melambangkan keberanian sedangkan warna putih sarat makna kesucian. Untuk mendapatkan tumpeng dengan warna ini, biasanya konsumen harus pesan nasi tumpeng di Cakung Jakarta Timur murah.

  1. Tumpeng Kuning

Warna tumpeng paling umum yang sangat familier dengan kita. Tumpeng ini banyak ditawarkan pada acara bahagia termasuk acara pernikahan, ulang tahun atau kelahiran. Warna kuningnya berasal dari kunyit yang memiliki makna sebagai kekayaan, kesejahteraan, suka cita bahkan rezeki. Berbeda dari nasi tumpeng putih biasa, rasa dari nasi kuning jauh lebih gurih karena proses memasaknya tidak hanya menambahkan kunyit saja tapi turut menambahkan bumbu lainnya.

Macam-macam Nasi Tumpeng Khas Bali dan Jawa

Indonesia merupakan kota besar, tidak heran jika budaya nasi tumpeng turut dikenal luas oleh masyarakat Bali, Jawa dan sekitarnya. Sebagai penggemar nasi tumpeng, kita bisa membedakan dengan baik perbedaan di antara dua tumpeng tersebut.

Pada umumnya, nasi tumpeng Bali hanya disajikan dengan nasi putih. Berbanding terbalik dengan tumpeng khas Jawa yang lebih sering menggunakan nasi kuning. Tidak hanya berbeda dari pemilihan nasinya saja, lauk pauk yang digunakan pun jelas berbeda.

  • Nasi Tumpeng Jawa

Masyarakat Jawa mengolah nasi tumpeng untuk merayakan acara tradisional atau acara syukuran tertentu. Nasi kuning akan dibentuk kerucut dan ditempatkan dalam nampan. Sebagai lauk pauk pelengkapnya akan disajikan aneka tumis sayuran dan ayam goreng.

  • Nasi Tumpeng Bali

Sedangkan ketika konsumen pesan nasi tumpeng di Cakung Jakarta Timur enak jenis lauk yang diperoleh adalah lauk khas Bali. Umumnya jenis ayam dipilih adalah seekor ayam betutu yang kemudian disajikan dengan sambal matah, dendeng sapi, sate lilit ayam atau ikan, usus goreng, kacang tanah dan lainnya. Menyesuaikan dengan lidah orang Jakarta, tumpeng Bali sengaja dibuat dengan bumbu yang serasi. Biasanya lauk yang digunakan pun, jenis lauk yang bisa diterima oleh semua orang.

Mengingat ayam digunakan adalah ayam betutu, tumpeng khas Bali tentunya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal daripada tumpeng khas Jawa. Namun untuk cita rasa, keduanya memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat cocok untuk disajikan pada para tamu spesial.

Faktanya, mau menikmati nasi tumpeng warna apa punΒ  dan dari kota mana pun tidak jadi masalah. Asalkan kita menghargai sejarah dan keistimewaan dari tumpeng itu sendiri. Namun, dengan mengetahui penjelasan tentang makna tersembunyi dari warna tumpeng. Setidaknya kita bisa memilih nasi tumpeng berdasarkan konsep yang tertera. Contohnya saat menghadiri acara adat di Jawa, usahakan untuk membuat atau membeli nasi tumpeng kuning. Sedangkan untuk acara kemerdekaan RI, pilih tumpeng merah putih.

Pesan Nasi Tumpeng di Cakung Jakarta Timur online

Pesan nasi tumpeng saat ini sangat mudah, bahkan Anda bisa melakukan pemesanan secara online tanpa perlu repot pergi. Karena kini ada jasa delivery order dari Nasitumpengjakarta.co.id yang menerima pemesanan nasi tumpeng ke daerah Jakarta Timur seperti Cakung.

Bagi Anda yang mau pesan nasi tumpeng di Cakung Jakarta Timur, bahkan ada delivery order gratis sehingga makin terjangkau. Kami menyediakan nasi tumpeng mulai dari paketan untuk 20 porsi orang. Ada banyak jenis lauk pauk yang bisa dipilih seperti mie goreng, perkedel kentang, ayam goreng, sambal goreng ati, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi segera lakukan pemesanan untuk berbagai macam acara Anda.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan