Pesan Nasi Tumpeng di Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng di Kebayoran Baru – Nasi tumpeng banyak digunakan dalam suatu acara misalnya acara kantor atau momen-momen bahagia lainnya. Nasi tumpeng biasa disajikan dengan berbagai macam lauk yang pastinya juga membutuhkan waktu dalam pembuatannya. Saat ini Anda tidak perlu repot lagi menyiapkan nasi tumpeng karena Anda bisa pesan nasi tumpeng di Kebayoran Jakarta Selatan.

Pesan Nasi Tumpeng di Kebayoran Baru

Sejarah Nasi Tumpeng

Sejak dahulu nasi tumpeng menjadi sajian wajib saat menggelar suatu acara syukuran atau upacara adat. Khususnya di Pulau Jawa, nasi tumpeng selalu ada dalam peresmian gedung, ulang tahun, rumah baru, kelahiran anak, hingga perayaan hari kemerdekaan.

Tumpeng sendiri adalah nasi yang dicetak membentuk kerucut. Biasanya disajikan di atas tampah bambu dengan berbagai macam lauk pauk tradisional misalnya ayam goreng, tahu tempe goreng, urap, telur balado, sambal balado, ikan teri, telur dadar, dam masih banyak lagi.

Tidak hanya sebagai pelengkap saja, tumpeng disajikan karena mengandung makna dan doa kepada Yang Maha Kuasa. Bahkan dikatakan bahwa tumpeng sudah ada sebelum Islam masuk ke nusantara. Dalam bahasa jawa tumpeng adalah akronim sebuah kata yang berarti kalau keluar harus sungguh-sungguh yang bermakna setiap pekerjaan yang dilakukan harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Sedangkan bentuk kerucut menggambarkan kondisi geografis Indonesia yang mempunyai banyak gunung-gunung dan perbukitan. Pada zaman dahulu gunung sering dianggap sebagai tempat dewa dan arwah leluhur.

Awalnya tumpeng dan aneka macam lauknya disajikan untuk persembahan atau sesaji kepada dewa dan arwah leluhur. Namun kian berkembangnya agama kepercayaan kepada Maha Kuasa tumpeng mengerucut sebagai bentuk dari harapan sejahtera dan penuh berkah.

Dalam sajian tumpeng biasanya dikeliling oleh tujuh lauk pauk yang ternyata juga mengandung makna. Dalam bahasa Jawa angka tujuh disebut pitu yang berarti juga pitulungan atau pertolongan. Sehingga dapat diartikan sebagai simbol kepada yang Sang Pencipta untuk kelancaran dalam hidup.

Macam-macam Nasi Kuning

Negara Indonesia yang beragam suku dan budaya juga mempunyai tumpeng yang berbeda-beda. Pada umumnya terdapat 5 jenis tumpeng antara lain:

  1. Tumpeng Robyong

Tumpeng robyong biasanya disajikan dalam acara-acara besar seperti musim panen, meminta hujan, dan lain sebagainya. Puncak tumpeng robyong ditusukkan beberapa bahan makanan yaitu telur ayam, bawang merah, cabai, dan terasi. Terdapat empat titik di tumpeng robyon yang disulut dengan kapas dan dibakar.

  1. Tumpeng Pungkur

Tumpeng pungkur menggunakan nasi putih untuk upacara kematian. Tumpeng akan dicetak setengah saja dan dibelah menjadi dua kemudian dipasang secara terbalik.

  1. Tumpeng Punar

Tumpeng punar menggunakan nasi kuning yang biasanya disajikan pada hari-hari bahagia sebagai bentuk syukur dan kebahagiaan. Di dalamnya terdapat beraneka macam lauk pauk misalnya tempe, ayam, abon, dan lain sebagainya.

  1.  Tumpeng Kendit

Tumpeng kendit merupakan tumpeng terunik daripada tumpeng-tumpeng lainnya. tumpeng kendit terdiri dari dua warna yaitu putih dan kuning. Tumpeng memakai nasi putih sedangkan nasi kuning hanya melingkari dua pertiga puncaknya. Tumpeng kendit yang disajikan biasanya mengandung makna seseorang yang sudah bebas dari kesulitan.

Saat akan menyelenggarakan acara-acara tertentu dan Anda ingin menyajikan tumpeng, Anda tidak perlu repot dan sibuk menyiapkannya sendiri. Terlebih lagi jika Anda tidak mempunyai banyak waktu dan tenaga, Anda bisa memesannya melalui jasa catering tumpeng. Bahkan Pesan Nasi Tumpeng di Kebayoran Baru Jakarta Selatan tidak pernah sepi orderan. Berikut adalah tips untuk memesan nasi tumpeng antara lain:

  1. Sesuai kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memesan tumpeng adalah berapa banyak porsi yang Anda butuhkan. Jika Anda mengundang tamu sebanyak 20 orang, Anda harus memesan nasi tumpeng berkapasitas dan cukup untuk 20 orang. Begitupun bila perkiraan lain harus disesuaikan porsinya. Jika Anda memesan terlalu banyak bisa jadi nasi tidak termakan dan sia-sia. Sebaliknya juga Anda akan merasa tidak enak pada tamu jika makanan yang disajikan tidak cukup.

  1. Pelengkap nasi

Selain soal porsi nasi, Anda juga tidak boleh melupakan pelengkap nasi. Setiap penjual pastinya akan menawarkan pelengkap tumpeng yang berbeda-beda. Namun pada umumnya pelengkap yang biasa ada adalah ayam, telur, urap, perkedel, keripik, sambal, dan masih banyak lagi. Agar sesuai dengan harapan pastikan Anda telah berkomunikasi dan menjelaskan apa yang diinginkan kepada penjual. Bahkan Anda juga bisa memesan menu-menu tambahan lain sebagai pelengkap nasi yang lebih banyak.

  1. Testimoni konsumen

Saat menentukan jasa catering tumpeng, tentu saja Anda belum pernah merasakan bagaimana rasanya. Lain lagi jika Anda memang sudah mengenal dan menjadi langganan pada suatu jasa catering tumpeng. Namun bagi yang pertama ingin memesan tumpeng, Anda harus merasakannya terlebih dahulu untuk menghindari rasa kecewa karena rasa yang kurang pas. Untuk itu Anda bisa mempertimbangkan testimoni konsumen lain yang telah memesan sebelumnya. Jika Anda memesan melalui website atau media sosial gambar yang bagus dan menarik belum bisa menjadi patokan. Anda harus membaca review dan ulasan-ulasan yang ada dari para pembeli. Sedangkan jika memesan secara langsung, Anda bisa bertanya dan meminta testimoni dari keluarga, teman-teman, kerabat, atau tetangga. Hal ini dapat menjadi gambaran apakah tumpeng yang disediakan betul-betul bercita rasa enak dan lezat.

  1. Harga

Harga juga bisa menjadi pertimbangan sendiri bagi Anda yang ingin memesan tumpeng. Untuk itu sebaiknya Anda membuat budget khusus untuk memesan tumpeng. Harga mahal sudah pasti memuaskan, namun harga murah belum tentu baik atau semakin buruk.

Tinggalkan Balasan