Pesan Nasi Tumpeng di Cipayung

Pesan Nasi Tumpeng di Cipayung – Tumpeng modern memiliki perbedaan yang mencolok dengan tumpeng tradisional. Tumpeng ini dianggap lebih murah dan banyak hiasan menarik di dalamnya. Hal ini berkaitan juga dengan cara menghias dan menentukan komponen apa saja yang bisa masuk nantinya.

Pesan Nasi Tumpeng di Cipayung Dan Tips Menghiasnya Agar Terlihat Cantik

  • Sesuaikan dengan budget

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menghias tumpeng adalah menyesuaikannya dengan budget. Perlu diketahui bahwa semakin mewah tumpeng maka pengeluarannya akan semakin mahal. Meskipun itu membuat sendiri ataupun pesan pada pembuat tumpengnya.

Pesan Nasi Tumpeng di Cipayung

Jadi Anda harus tahu terlebih dahulu isian apa saja yang diinginkan dalam tumpeng dan dana yang dimiliki. Pastikan tidak overbudget agar keperluan acara lainnya tetap tercukupi dengan baik. Pilih lauk yang murah dan budah dijangkau seperti halnya ayam atau telur.

  • Hiasan alami seperlunya

Anda memang direkomendasikan untuk menggunakan hiasan alami dalam tumpeng agar lebih aman untuk dikonsumsi. Namun jumlahnya juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu banyak.

Hal ini justru membuat tumpeng tidak estetik untuk dilihat sehingga lebih baik pesan nasi tumpeng di Cipayung terbaik saja. Hiasan alami yang banyak dipakai dalam tumpeng bisa berupa cabai besar, timun, selada ataupun cabe rawit.

Semua komponen ini aman dan memiliki warna yang cantik untuk digunakan. Hanya saja jika terlalu banyak akan membuat tumpengnya terlalu tertutupi jadi tidak bagus untuk dilihat.

  • Warna lauknya

Untuk menghias tumpeng jangan lupa memilih warna lauk yang kontras. Untuk mensiasatinya bisa menggunakan olahan bumbu yang berbeda. Seperti halnya jika sudah mengolah ayam bumbu kuning, telurnya bisa dimasak balado.

Sementara untuk mienya bisa dibuat putih dengan sayuran saja. Komponen lainnya bisa digoreng atau dikukus untuk menghasilkan warna yang berbeda. Bumbu untuk olahan masing-masing lauk ini bebas tidak ada ketentuan khusus.

Yang jelas jangan sampai berbeda lauk memiliki warna dan bumbu yang sama. Hal ini untuk membuat hidangan tumpeng menjadi lebih menarik saat dihidangkan. Warna yang sama membuat tampilannya menjadi monoton.

  • Cetak tumpeng

Jangan mencetak menggunakan cara manual namun gunakan cetakan tumpeng asli. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat kerucut yang sempurna. Pilihlah bahan yang terbuat dari stainless agar lebih tahan panas dan tidak merusak aroma dari tumpengnya.

Cetaklah selagi masih dalam kondisi panas seperti yang dilakukan saat pesan nasi tumpeng di Cipayung recommended. Masukkan satu persatu nasi kuning ke dalam cetakan dengan gerakan sedikit menekan.

Jangan lupa untuk mencampur besar nasi kuning dengan ketan agar lebih menempel selama memasaknya. Jadi ketika divetak bisa merekat dengan sempurna. Ketika sudah penuh dalam cetakan langsung dibalik dengan hati-hati.

Macam-Macam Tumpeng dan Kegunaannya Untuk Acara Berbeda

Setelah mengenal tips menghias tumpeng, Anda juga harus tahu bahwa tumpeng memiliki beberapa jenis yang berbeda sebagai berikut:

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

  • Tumbuk

Tumpeng pertama yang perlu diketahui adalah jenis tumbuk. Tumpeng ini banyak digunakan untuk acara peringatan ulang tahun. Hanya saja untuk tipe tumpeng ini dipakai bagi lansia yang mencapai umur 64 tahun. Tumpeng ini bisa dibilang istimewa karena hanya untuk orang yang menginjak umur segitu saja.

  • Kendhit

Tipe tumpeng kedua dalam pesan nasi tumpeng di Cipayung termurah adalah Kendhit. Tumpeng ini cukup unik karena memiliki dua warna dan jenis nasi yang berbeda. Dalam satu sajian terdapat nasi kuning dan putih yang disatukan menjadi menu sajian.

Ukuran lingkarannya adalah sekitar 2/3 dari ukuran tumpeng puncaknya. Tumpeng ini banyak disajikan untuk memberi rasa syukur karena terlah bebas dari masalah atau masa sulit.

  • Kapuranto

Sesuai dengan namanya, kapuranto berarti sebuah permintaan maaf. Tumpeng ini dibuat untuk keperluan permintaan maaf yang sakral. Warna dari nasinya juga berbeda yakni menggunakan warna biru.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena warna ini diambil dari sari bunga alami. Jadi measki pun biru tumpengnya tetap aman dimakan dengan 7 jenis lauk yang mengelilingi tumpengnya.

  • Pungkur

Tumpeng ini dibuat menggunakan nasi warna putih sebagai lambang kematian seseorang. Bahkan bentuk yang digunakan juga tidak mengerucut tapi hanya bentuk separuhnya saja.

Selain itu bentuk ini nantinya terbelah menjadi dua dengan hadap yang bertolak belakang. Penyajian yang aneh ini menjadi ciri khas bahwa kehidupan dan kematian memang dekat namun bentuknya berbeda.

  • Punar

Tumpeng kelima yang harus diketahui adala punar. Tumpeng ini memiliki warna kuning untuk nasinya. Yang membedakannya adalah lauk sebagai pendamping makan nasinya.

Lauk yang digunakan sangat sederhana hanya berupa tempe kering, serundeng, kedelai goreng dan lauk lainnya. Tumpeng ini dipakai untuk mewujudkan rasa syukur dan rasa bahagia pada pencipta.

  • Robyong

Jenis berikutnya dari nasi tumpeng adalah robyong. Tumpeng ini banyak digunakan untuk acara syukuran panen. Yang membuatnya unik adalah adanya lidi yang diletakkan pada empat titik penting. Tidak hanya itu saja, titik ini nantinya akan disulut dengan api. Tujuannya adalah membuang penyakit dan akibat lain untuk gagal panen yang mungkin terjadi.

  • Megana

Tumpeng ini memiliki nasi dengan warna putih yang disajikan dengan sayur urap-urapan. Lauk lain yang mungkin ada biasanya telur rebus ataupun ayam yang dimasak kuning. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa syukur karena kelahiran bayi.

Anda bisa mempercayakan segala keperluan tumpeng pada pesan nasi tumpeng di Cipayung. Hal ini dikarenakan mereka mengutamakan kualitas, rasa dan juga kecepatan hasil sesuai waktu yang ditentukan.

Jadi acara yang diselenggarakan tentu akan berjalan meriah karena menunya sangat lezat. Segera hubungi Jakarta Nasi Tumpeng lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan konsumsi sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan