Pesan Nasi Timbel Nampah di Jakarta

Pesan Nasi Timbel Nampah di Jakarta – Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahui atau belum familier dengan nama nasi timbel. Nasi timbel sebenarnya adalah nasi biasa. Pada jaman dulu nasi timbel akan dibawa oleh wanita untuk para lelaki yang ada disawah. Dalam kata lain nasi timbel digunakan sebagai bekal ketika disawah. Nasi timbel ini biasanya akan dikonsumsi pada saat siang hari ketika waktu istirahat dan jam makan siang.

Cara pengemasannya adalah nasi dibungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk yang lonjong dan bulat seperti lontong. Hanya saja nasi timbel tidak padat seperti lontong atau ketupat.

Pesan Nasi Timbel Nampah di Jakarta

Cara membuat nasi timbel bisa dibilang cukup mudah. Pertama adalah dengan memasak atau menanak nasinya terlebih dahulu. Nasi yang sudah matang dan masih panas tersebut selanjutnya akan dibungkus menggunakan daun pisang.

Usahakan agar bentuknya seperti botol yang lonjong. Daun pisang digunakan karena dirasa bisa memberikan hasil nasi yang lebih pulen dan juga harum. Selanjutnya adalah membuat lauk pauknya.

Untuk jenis lauk pauk yang digunakan ada berbagai macam. Namun biasanya menggunakan tahu tempe, sayuran hingga daging ayam. Jika Anda pesan nasi timbel nampah di jakarta terbaik biasanya Anda bisa memilih jenis menu atau lauk pauk yang ingin digunakan.

Nasi timbel ini akan lebih istimewa jika menggunakan sambal. Bisa sambal teri, sambal ijo atau sambal bawang. Nasi timbel yang pada awalnya untuk bekal orang yang pergi ke sawah ini lebih dikenal didaerah Sunda atau daerah sekitar Jawa Barat.

6 Contoh Lauk Nasi Timbel Nampah di Jakarta

  1. Ayam goreng

Ayam goreng bisa menjadi sajian dengan nasi timbel yang nikmat. Untuk mengolah ayamnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu melumuri daging ayam dengan bawang merah, ketumbar bubuk, bawang putih, bumbu penyedap, dan juga garam.

Semua bumbu tersebut akan dihaluskan dan dilumuri pada daging ayam. Biarkan selama beberapa saat sampai semua bumbunya meresap pada ayam. Selanjutnya goreng ayam dengan minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Ayam goreng ini akan sangat cocok dihidangkan dengan nasi timbel hangat.

  1. Ulukuteuk leunca

Hidangan atau lauk pauk selanjutnya yang khas digunakan adalah oncom. Karena nasi timbel lebih dikenal di daerah Jawa Barat maka jenis menu olahannya juga khas dari Jawa Tengah yaitu ulukuteuk leunca atau lebih dikenal dengan tumis leunca.

Hidangan ini adalah perpaduan dari leunca, daun kemangi, dan oncom. Tumis leunca ini akan sangat dihidangkan dengan nasi timbel khas dari Sunda. Jika Anda ingin pesan nasi timbel nampah di Jakarta online, Anda juga bisa meminta untuk menggunakan menu lauk ini.

  1. Ikan asin

Hidangan yang digunakan untuk dimakan di sawah sudah pasti tidak lengkap rasanya jika tidak ada ikan asin. Terlebih jika dimakan dengan nasi timbel hangat. Ada berbagai jenis ikan asin yang bisa digunakan. Hanya saja jambal roti adalah jenis olahan ikan asin yang lebih cocok dengan nasi timbel ini.

Anda bisa memilih jambal roti dengan keadaan daging yang lunak dan juga berwarna terang. Rasa asin dari ikan tersebut tidak perlu menggunakan ukuran yang besar. Hal ini karena sedikit saja sudah sangat cukup untuk dimakan dengan nasi timbel.

  1. Tempe dan tahu goreng

Dikarenakan asalnya memang sebagai menu untuk makan di sawah, maka lauk yangย  digunakan cukup sederhana. Misalnya dengan tahu tempe goreng. Agar rasanya lebih enak dan juga berbeda, Anda bisa menggunakan bumbu yang sama dengan ayam goreng.

Seperti bawang putih, bawang merah, garam dan ketumbar bubuk yang sudah dihaluskan. Kemudian diamkan beberapa saat atau Anda juga bisa langsung menggorengnya pada minyak panas hingga kecokelatan.

  1. Lalapan

Berbagai jenis lauk pauk yang digunakan pada nasi timbel sudah memiliki cita rasa yang gurih. Maka untuk mengimbanginya Anda membutuhkan rasa segar. Rasa segar tersebut bisa Anda dapatkan dari adanya lalapan. Lalapan biasanya berisi sayuran mentah seperti mentimun, selada dan juga kemangi.

Adanya lalapan tersebut akan memberikan rasa segar dan juga lebih sehat karena adanya sayuran yang sehat. Biasanya jika Anda pesan nasi timbel nampah di jakarta murah sudah termasuk dengan lalapannya. Sehingga Anda tidak perlu meminta lagi atau menyediakan sendiri secara terpisah.

  1. Sambal

Masakan Indonesia akan kurang sedap rasanya tanpa menggunakan sambal. Terutama untuk Anda yang menyukai masakan pedas. Ada berbagai macam jenis sambal namun yang biasanya digunakan untuk nasi timbel adalah sambal terasi. Sambal terasi dengan sensasi khas dari terasi akan sangat cocok untuk disantap dengan nasi timbel hangat. Anda juga bisa mencoba untuk menambahkan teri atau pete untuk menambah cita rasa khasnya.

Nasi timbe selain karena asal usulnya digunakan sebagai bekal untuk orang di sawah saat ini juga sudah banyak digunakan sebagai hidangan jika ada acara besar. Misalnya seperti acara pernikahan, selamatan, ulang tahun dan berbagai macam jenis acara lainnya.

Selain berasal dari daerah Sunda, nasi timbel juga tetap bisa digunakan untuk Anda yang ada di Jakarta. Justru akan lebih menarik dan unik jika menyediakan makanan khas dari daerah lain. Terlebih lagi penyajian nasi timbel yang menggunakan nampah akan lebih menambah rasa unik dan menariknya.

Pesan Nasi Timbel Nampah di Jakarta Online

Jika Anda ingin memesan masakan khas Sunda ini, maka Anda dapat menghubungi jasa catering Nasi Tumpeng Jakarta. Kami melayani berbagai macam menu masakan termasuk nasi timbel yang dijamin:

  • Enak
  • Halal
  • Terjangkau
  • Bisa pesan antar
  • Tampilan cantik

Kalau Anda tertarik silakan hubungi kami di nomor berikut atau email langsung ke 0812 9430 9199 atau jakartanasitumpeng@gmail.com. Anda bisa pesan nasi timbel nampah di Jakarta dan area sekitarnya.

Tinggalkan Balasan