Nasi Tumpeng Untuk Hari Kartini

Nasi Tumpeng Hari Kartini – Bukan sekadar ornamen pelengkap di ajang perayaan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Sejak jaman Presiden Soekarno, perayaan Hari Kartini ditetapkan dengan beragam konsep yang diselenggarakan mulai dari instansi pemerintah, sekolah, hingga komunitas-komunitas di berbagai wilayah Indonesia. Kehadiran nasi tumpeng sudah menjadi semacam kewajiban yang selain dimaksudkan sebagai menu utama hidangan, juga sebagai simbol tradisi yang telah mengakar lama dalam masyarakat.

Nasi Tumpeng Hari Kartini

Kaya Sejarah dan Tradisi

Nasi yang dibentuk kerucut lengkap dengan lauk pauk di sekelilingnya ini telah melekat sebagai bagian tradisi dan identitas Bangsa Indonesia. Jenis nasi kuning atau putih yang dihidangkan itu juga dikenal lezat karena telah melalui proses pengolahan khusus termasuk lauk pauknya. Di tengah-tengah perkembangan modernitas, penyajian nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya merupakan bukti bahwa masyarakat kita masih sangat menghargai sejarah dan tradisi.

Masih banyak masyarakat yang ternyata belum tahu bahwa kata “Tumpeng” memiliki maknanya sendiri. “Tumpeng” merupakan singkatan dari Bahasa Jawa; Yen Metu Kudu Mempeng dan berarti Pada saat keluar harus bersungguh-sungguh semangatnya. Maksudnya, manusia harus senantiasa terlahir menjalani hidup dengan penuh semangat, penuh kesungguhan, fokus, memegang teguh keyakinan, dan tidak mudah menyerah.

Makna filosofis dari kata “Tumpeng” itulah yang menjelaskan kenapa hidangan ini selalu identik dengan acara syukuran, hajatan, atau perayaan-perayaan lainnya termasuk di Hari Kartini tanggal 21 April nanti.

Sajian Tumpeng di Hari Kartini

Nasi Tumpeng Hari Kartini dihidangkan secara khusus sebagai wujud syukur dan doa supaya dalam momen perayaan itu setiap yang hadir mendapatkan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa melalui inspirasi perjuangan dan keteguhan Kartini.

Penyajian Nasi Tumpeng juga memiliki makna-makna khusus. Hidangan itu terdiri dari 7 jenis lauk pauk (termasuk nasi) yang dalam Bahasa Jawa, angka 7 disebut Pitu dan merupakan kependekan dari Pitulungan atau Pertolongan. Makna dari 7 jenis hidangan yang dialasi daun pisang itu antara lain:

  1. Nasi. Menyimbolkan bahwa segala sesuatu yang kita makan harus dari yang halal dan bersih.

  2. Ayam jantan. Sifat-sifat ayam jantan yang cenderung angkuh, merasa paling benar, dan suka memotong pembicaraan diharapkan dapat dihindari manusia.

  3. Ikan. Biasanya ikan lele sebagai perlambang daya tahan dan ketabahan menjalani kehidupan.

  4. Ikan teri. Ikan ini memiliki makna kerukunan dan paguyuban dalam kebersamaan.

  5. Telur. Disajikan sebagai telur rebus yang masih terbungkus kulitnya. Telur adalah simbol bahwa semua manusia berasal dari fitrah yang sama. Sedangkan kulit yang masih dibiarkan itu menyimbolkan bahwa setiap proses mesti ada perencanaan demi hasil sempurna, seperti halnya jika hendak menyantap telur mesti mengupasnya dulu.

  6. Sayur urab. Umumnya terdiri dari kangkung, taoge, kacang panjang, bayam, serta bumbu urab dengan parutan kelapa. Tiap jenis sayur itu punya maknanya sendiri seperti melambangkan kehidupan tentram, pemikiran untuk masa depan, mensejahterakan, dan lain-lain.

  7. Cabe merah. Disajikan dengan susunan layaknya kelopak bunga, cabe merah melambangkan nyala api yang diharapkan selalu memberikan penerangan dan manfaat bagi sesama makhluk.

Persiapan Hidangan Nasi Tumpeng

Hidangan nasi tumpeng punya ciri yang sangat khas dan kuat selain dari bentuknya. Biasanya ukuran hidangan tersebut menyesuaikan porsi dari jumlah tamu yang hadir dalam sebuah acara. Kadang-kadang hidangan ini pun disajikan secara simbolis yang mana tidak semua hadirin mendapatkan porsi untuk disantap. Ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh perwakilan tuan rumah atau penyelenggara dan sebelumnya diawali doa bersama.

Namun lebih afdol lagi jika semua tamu yang hadir dalam perayaan dan pemotongan nasi tumpeng itu mendapatkan porsi bagiannya paling tidak sebagai syarat. Terutama jika momen perayaan itu diselenggarakan oleh sebuah instansi dengan harapan bahwa semua yang hadir mendapatkan berkah dari hidangan nasi tumpeng tersebut.

Nasi tumpeng dan lauk pauknya pun sebenarnya dapat diolah sendiri jika kebetulan yang menyelenggarakan punya sejumlah juru masak berpengalaman. Hal itu pun sudah lumrah terjadi di masyarakat pedesaan atau komunitas-komunitas kecil. Konsepnya pun lebih minimalis dan sederhana namun tidak menghilangkan esensi dari penyajian nasi tumpeng.

Mengingat hidangan ini disajikan untuk perayaan besar seperti Hari Kartini, tentu saja persiapannya mesti matang. Apalagi untuk mengolah masakan dan jenis-jenis lauknya butuh keterampilan khusus, bumbu-bumbu terbaik, dan cara menghias supaya nampak cantik. Semua itu butuh waktu khusus yang tentu saja tidak memungkinkan dilakukan sendiri.

Menyelenggarakan perayaan Hari Kartini pun tidak sekadar mempersiapkan hidangan nasi tumpeng. Pihak penyelenggara juga mesti merancang persiapan untuk lokasi, dekorasi, rangkaian acara, sound system, konsumsi, dan sebagainya. Sementara tanggung jawab panitia bersangkutan juga mencakup kesiapan hidangan nasi tumpeng yang tepat waktu, dan tentunya punya cita rasa lezat.

Jasa Nasi Tumpeng

Untungnya ada jasa nasi tumpeng yang selalu siap melayani pemesanan hidangan dalam berbagai ukuran dan waktu yang dapat dipesan sesuai permintaan klien. Menjelang perayaan Hari Kartini di bulan ini, sudah seharusnya pemesanan direncanakan. Demi lancarnya proses acara perayaan dari awal hingga penutupan, hidangan nasi tumpeng ini mestinya juga di pesan ke pihak jasa terpercaya.

Jasa terpercaya itu wajib memenuhi sejumlah kriteria dari aspek respons pelayanan tercepat, hidangan berkualitas sesuai pesanan, serta reputasi yang tidak sembarangan. Bagaimanapun, kian banyak pihak jasa dengan tawaran yang sama, tapi Anda mesti tahu pasti dimana tempat yang paling terpercaya untuk menyajikan nasi tumpeng sesuai pesanan Anda.

Kualitas Hidangan Nasi Tumpeng

Jasa ini melayani pemesanan nasi tumpeng berbagai ukuran. Mulai dari ukuran mini, medium, hingga yang paling besar. Sangat cocok bagi instansi yang hendak menyelenggarakan perayaan Hari Kartini lengkap dengan hidangan nasi tumpeng.

Kualitas cita rasa hidangan nasi tumpeng ini juga sangat memuaskan. Dari pemilihan beras dan pengolahan hingga menjadi nasi kuning atau uduk yang sangat gurih. Hidangan lauk pauknya pun dijamin masih segar begitu sudah disajikan saat perayaan di lokasi.

Ketepatan Waktu Pengiriman dan Penyajian

Semua pemesanan dilayani secara tepat waktu. Bahkan jasa ini menawarkan pengiriman gratis tanpa biaya kirim khusus untuk wilayah Jakarta. Pemesanan dapat dilakukan kapan saja dan dilayani dengan ramah baik melalui jaringan online atau datang langsung ke tempat pihak jasa.

Excellent Service

Konsep excellent service sangat diutamakan oleh jasa ini dengan tujuan mewujudkan kepuasan klien dan kesuksesan penyelenggaraan acara perayaan Hari Kartini. Setiap rincian pemesanan akan dicatat oleh pihak jasa dan dihidangkan sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh klien. Penambahan menu juga dipersilakan dengan tambahan gratis 1 sendok nasi, 1 pisau potong, 2 pasang sendok lauk, dan 1 mangkok sambal.

Sukseskan perayaan Hari Kartini di tahun ini dengan menghidangkan sajian nasi tumpeng berkelas dan lezat hanya di jasa terpercaya.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Balasan