Nasi Tumpeng di Jakarta

Nasi Tumpeng di JakartaJasa catering biasanya dimanfaatkan untuk kemudahan konsumsi mereka yang ingin mengadakan acara atau event tertentu. Konsumsi yang dibutuhkan dalam jumlah cukup banyak sehingga jika memasak sendiri dirasa begitu merepotkan. Kehadiran jasa catering jadi mempermudah persiapan konsumsi yang dihidangkan kepada para tamu yang hadir.

Nasi Tumpeng di Jakarta

Menu catering yang ada bervariasi tergantung dari penawaran jasa catering itu sendiri. Untuk salah satu menu yang paling digemari oleh masyarakat adalah nasi tumpeng. Tumpeng adalah masakan tradisional dari Indonesia yang diolah dari nasi dicampur dengan bumbu-bumbu alami untuk meningkatkan cita rasanya. Bahan-bahan untuk membuat mudah ditemukan di Indonesia sehingga membuat tumpeng sendiri sebenarnya tidaklah susah.

Akan tetapi kesibukan terkadang membuat orang malas menyediakan tumpeng sendiri dan oleh karena itu, jasa catering Nasitumpengjakarta.co.id hadir untuk membantu Anda menyediakan konsumsi berupa nasi tumpeng besar. Berikut ini beberapa macam pilihan menu nasi tumpeng yang kami sediakan di area Jakarta dan sekitarnya.

Harga Tumpeng Jakarta

Menu nasi tumpeng di Jakarta yang bisa diorder

Jasa catering nasi tumpeng di Jakarta kami terdapat berbagai macam paket menu pilihan tumpeng yang bisa dipilih. Tumpeng yang hadir merupakan nasi tumpeng yang dibentuk secara susun atau berbentuk kerucut gunungan. Tumpeng ini disajikan dengan nasi plus lauk pauknya lalu masih dihiasi dengan hiasan alami dari bahan sayuran. Berikut ini menu nasi tumpeng yang dapat Anda pilih berdasarkan warnanya, yaitu:

  1. Nasi tumpeng kuning

Tumpeng yang paling populer dan paling umum banyak dipesan oleh masyarakat Indonesia adalah tumpeng dengan warna nasinya yang kuning. Warnanya yang kuning cerah sangat cocok menghiasi nampah yang dialasi daun pisang hijau. Tumpeng yang berwarna kuning ini rupanya memiliki arti makna sebagai simbol dari gunung emas yang melambangkan kemakmuran dan kekayaan serta moral yang luhur.

Dengan maksud warna nasi kuning seperti ini, biasanya tumpeng pun dihadirkan di berbagai acara syukuran atas nikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan YME. Tumpeng kuning pun disajikan di banyak event seperti ulang tahun, grand opening, aqiqahan dan masih banyak lagi. Catering kami sendiri juga menyediakan paket menu nasi tumpeng kuning yang bisa Anda pesan untuk keperluan berbagai macam acara.

  1. Nasi tumpeng putih

Nasi tumpeng berwarna putih juga ada, jadi tumpeng tidak harus melulu berwarna kuning. Justru nasi tumpeng warna putih ini sebagai variasi berbeda yang bisa dipesan bagi Anda yang tidak terlalu menyukai nasi kuning atau sekedar ingin tumpeng yang kelihatan lebih unik. Tumpeng dengan nasi yang berwarna putih juga memiliki makna tersendiri, yaitu sebagai simbol dari kesucian. Maka dari itu, banyak juga acara-acara keagamaan yang menggunakan nasi tumpeng putih.

Selain nasi tumpeng putih biasa, ada juga nasi tumpeng putih yang terbuat dari nasi uduk dengan cita rasa yang gurih. Tumpeng dari nasi uduk juga terbilang unik karena berbeda dari tumpeng biasanya. Nasi uduk yang dipakai ini sering sekali digunakan dalam acara/ event tasyakuran atau Maulid Nabi.

Akan tetapi di jaman modern ini, nasi tumpeng putih sudah tak lagi hanya dihidangkan pada acara-acara keagamaan/ adat. Justru nasi tumpeng putih semakin populer dihidangkan di banyak event untuk konsumsi para tamu yang hadir. Acara-acara baik syukuran dan semacamnya tetap cocok dilengkapi dengan tumpeng warna putih ini dan catering kami pun turut menyediakan pilihan paket tumpeng putih yang bisa diorder.

  1. Nasi tumpeng hijau
baca juga  Tumpeng Enak di Jakarta

Berbeda dari biasanya, kini tumpeng pun ada yang divariasikan menggunakan nasi berwarna hijau. Tumpeng hijau ini berbeda dari kebanyakan tumpeng kuning maupun putih. Warna hijau yang didapat dari tumpeng ini berasal dari bahan yang alami sehingga tidak menggunakan perwarna makanan buatan. Misalnya saja bahan daun pandan atau sawi hijau/ bayam. Warna hijau yang didapatkan tidak terlalu pekat, melainkan agak terang sehingga tampilannya lebih cantik dan warna hijaunya sendiri terkadang melambangkan ayem tentrem.

Itulah beberapa paket nasi tumpeng yang bisa dijadikan pilihan ketika Anda hendak mengadakan suatu acara dan ingin menyajikan tumpeng kepada para tamu undangan. Sebetulnya mengorder nasi tumpeng di Jakarta yang murah dan enak ini sangat untung, sebab rata-rata lidah orang Indonesia sudah cocok dengan cita rasa yang ditawarkan. Tak hanya nasinya tapi juga lauk pauk pelengkapnya. Jadi diantara ketiga paket tumpeng di atas, manakah yang ingin Anda pilih?

Nasi tumpeng di Jakarta cocok untuk acara syukuran potong tumpeng

Tumpeng umumnya disajikan dalam berbagai macam event syukuran atau hajatan. Tujuannya tidak hanya untuk menjadi sajian konsumsi bagi para tamu yang hadir sebagai bentuk ungkapan terima kasih. Akan tetapi, tumpeng juga menjadi lambang syukuran kepada Tuhan YME karena sudah memberi nikmat.

Bentuk syukur ini diungkapkan lewat acara potong tumpeng. Tentunya tumpeng yang dipesan adalah tumpeng yang berbentuk kerucut atau susun seperti gunungan di bagian puncaknya. Potong tumpeng sendiri merupakan salah satu adat atau ciri khas yang sering dilakukan oleh orang Indonesia di banyak acara, seperti pernikahan, ulang tahun, grand opening, tasyakuran, dan masih banyak lagi.

Nasi tumpeng di Jakarta enak dan murah meriah, dapat disajikan untuk banyak porsi sesuai dengan perkiraan jumlah tamu yang hadir di acara Anda. Itulah sebabnya agar event berjalan lancar dan makin meriah, Anda bisa lakukan acara potong tumpeng yang menambah kesan tersendiri. Lalu, bagaimana cara potong tumpeng yang benar?

Nasi Tumpeng di Jakarta

Sebetulnya cara yang paling sering dilakukan oleh masyarakat kebanyakan adalah memotong tumpeng mulai dari atas, yaitu dari puncak gunungannya terlebih dahulu. Cara ini sebagai bentuk peresmian atau syukuran sesuatu dalam acara tertentu. Namun, sebetulnya memotong tumpeng dari bagian atas terlebih dahulu adalah salah. Seharusnya tumpeng dipotong secara perlahan dari bagian bawah.

Hal ini karena semakin tinggi bagian tumpeng, maka semakin tinggi pula kedudukannya. Sampai nanti berakhir di puncak tumpeng yang memiliki makna/ simbol yaitu menunjuk ke Tuhan. Urutan yang benar yaitu memotong tumpeng dari bagian bawah nasi tumpengnya, kemudian setelah itu ambil lauk pauknya. Semua lauk pauk pelengkap harus diambil semuanya meski dalam jumlah yang sedikit karena hal ini sebagai bentuk keutuhan.

Jadi, seperti manusia yang hidup perlahan yang memulai dari bawah namun seiring perjalanan waktu akhirnya sampai ke atas. Kalau bagian puncak tumpeng menyimbolkan atau menunjuk kepada Tuhan, maka bagian lauk pauknya menunjuk kepada masyarakat. Jadi menyantap tumpeng sendiri melambangkan kebutuhan hidup yaitu hubungan yang seimbang antara Tuhan dengan manusia lainnya. Dan biasanya orang yang diberi kesempatan untuk memotong tumpeng pertama kali adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi. Demikian pula orang yang pertama kali diberi potongan tumpeng. Setelah itu, baru tumpeng bisa dinikmati bersama alias ramai-ramai.

baca juga  Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Jati Padang Jakarta Selatan

Baca juga: Jual Tumpeng Jakarta

7 Menu nasi tumpeng yang paling sering disuguhkan

Nasi tumpeng memang termasuk masakan tradisional Indonesia dan biasanya ada beberapa macam lauk pauk yang ‘harus’ ada untuk melengkapi tumpeng tersebut. Meski nyatanya sekarang ini, lauk pauk tumpeng mulai divariasikan menjadi bermacam-macam tergantung selera. Begitu pula dengan menu nasi tumpeng di Jakarta yang kami tawarkan. Berikut ini tujuh macam menu tumpeng yang paling sering disuguhkan:

  1. Urap

Bisa dibilang urap itu seperti salad tradisional asal Indonesia karena urap dibuat dari beberapa macam sayuran rebus yang dicampur jadi satu seperti kacang panjang, bayam dan taoge. Setelah itu campuran sayur rebus masih diberi parutan kelapa berbumbu untuk menambah cita rasanya. Sayuran yang dipakai sendiri memiliki makna atau sebagai lambang tertentu, misalnya saja kangkung yang berarti melindungi. Urap sendiri berasa gurih karena ada parutan kelapa dan rasanya begitu enak, cocok digunakan sebagai penyeimbang lauk tumpeng lainnya.

  1. Tempe dan tahu

Tak afdol rasanya tumpeng tanpa hidangan lauk berupa tempe dan tahu. Tempe dan tahu ini sangatlah praktis dibuat. Ada juga yang menyajikan lauk pauk berupa kering tempe dengan cita rasa manis tapi sedikit pedas ini pastinya begitu menggiurkan lidah. Rasa nasi tumpeng pun ketika dimakan jadi makin nikmat. Lauk pauk berupa tempe dan tahu ini termasuk lauk modern yang digunakan untuk menambah nutrisi/ nilai gizi pada tumpeng. So, memang tak ada makna tersendiri dari tempe/ tahu ini.

  1. Ayam

Ayam merupakan salah satu lauk pauk yang harus ada di nasi tumpeng gunungan, baik nasi tumpeng di Jakarta untuk ulang tahun, anniversary, pernikahan, hajatan, dan sebagainya. Dalam tumpeng, biasanya ayam akan dimasak dengan cara diungkep kemudian diberi bumbu kuning terlebih dahulu sampai bumbu benar-benar meresap. Setelah itu baru ayam digoreng dan disajikan. Pada jaman dahulu, ayam yang boleh digunakan dalam tumpeng tidak boleh sembarangan melainkan harus memakai ayam jantan. Hal ini dipercaya karena dapat menghindarkan sikap seperti ayam jantan yang angkuh, tidak setia dan merasa paling benar.

Tapi sekarang di jaman modern, Anda bisa memakai ayam apapun dan tidak harus selalu ayam jantan, melainkan ayam betina juga boleh. Itupun bisa disesuaikan dengan anggara/ budget masing-masing. Rasa gurih yang enak dari daging ayam yang disantap akan makin menambah kelezatan dari tumpeng itu sendiri. Apalagi kalau di menu nasi tumpeng kami, tersedia tidak hanya pilihan ayam goreng namun juga ayam bakar.

  1. Perkedel kentang

Selain lauk pauk yang sudah disebutkan di atas, ada juga menu lauk lainnya yang wajib dihidangkan dan biasanya memang ada pada tumpeng yaitu perkedel kentang. Perkedel ini seperti namanya dibuat dari bahan utama kentang yang ditumbuk sampai jadi halus, kemudian dibumbui agar rasanya gurih. Perkedel kentang dibentuk dan digoreng setelahnya sampai garing atau kuning kecoklatan. Rasa gurih kentang ditambah kriuknya bagian kulit luar perkedel menjadikan hidangan nasi tumpeng makin berasa enak di lidah.

  1. Telur

Di jaman dahulu, telur rebus yang disajikan masih dengan cangkangnya menjadi lauk pauk wajib pada tumpeng. Hal ini memiliki makna simbolis tersendiri yang berarti apapun yang akan dilakukan harus dilaksanakan secara matang dan baik (dikupas). Tapi saat ini, telur yang disajikan di tumpeng bisa bermacam-macam seperti telur dadar, telur pindang/ telur balado, telur kecap dan masih banyak lagi. Jadi, tidak harus melulu telur dengan cangkangnya. Di jasa catering kami, menu nasi tumpeng di Jakarta murah meriah ada pilihan telur, seperti telur rawis maupun telur balado/ pindang.

  1. Mie goreng
baca juga  Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Bukit Duri Jakarta Selatan

Kreasi tumpeng dengan pelengkap mie goreng sebagai lauk pauknya juga sering disajikan. Mie goreng ini adalah variasi lauk pauk pada nasi tumpeng. Jasa catering kami juga menyajikan paket menu pilihan berupa mie goreng tiap porsinya yang dapat dipesan. Mie goreng yang disajikan memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera makan. Apalagi bagi mereka yang tak terlalu suka nasi, dapat mencicipi mie goreng ini.

  1. Sambal

Rasanya kurang enak dan hambar menyajikan nasi tumpeng tanpa tambahan sambal. Cita rasa sambal yang pedas dan kadang juga sedikit manis ini bisa dicocol agar makan tumpeng jadi semakin asyik. Anda bisa menggunakan sambal dengan jumlah berapa pun sesuai selera khususnya bagi para tamu undangan yang doyan makan pedas. Atau kalau ingin praktis tinggal cocolkan saja lauk pauk yang Anda ambil dengan sambal ini.

Itulah tadi beberapa macam lauk pauk yang sering ada di catering nasi tumpeng. Selain menu-menu di atas juga masih terdapat menu-menu pilihan lainnya antara lain seperti:

  • Sambal goreng kentang ati
  • Emping
  • Abon sapi
  • Udang balado
  • Udang goreng tepung
  • Rendang/ daging empal
  • Dendeng balado, dll.

Anda bisa pesan lauk pauk tambahan pada paket nasi tumpeng di Jakarta yang kami tawarkan. Untuk penambahan menu apa saja yang kami tawarkan bisa dilihat di halaman website ini.

Nasi Tumpeng di Jakarta

Pesan nasi tumpeng di Jakarta sekarang juga!

Saat ini Anda bisa mudah pesan nasi tumpeng di catering Jakarta karena kami hadir dengan delivery order dan layanan pesan online. Jadi Anda tidak perlu repot-repot pergi keluar hanya untuk memesan jasa catering karena nasi tumpeng yang dipesan akan langsung diantarkan kurir kami yang terpercaya ke tempat acara Anda.

Berikut cara pesan nasi tumpeng untuk area Jakarta dan sekitarnya:

  1. Tentukan paket nasi tumpeng apa yang ingin diorder (kuning/ hijau/ putih).
  2. Tentukan apakah ada tambahan menu lauk pauk lainnya.
  3. Tentukan apakah ingin nasi tumpengnya dibentuk menjadi gunungan kerucut ataupun nasi tumpeng berbentuk susun.
  4. Tentukan jumlah porsi nasi tumpeng sesuai dengan perkiraan jumlah tamu yang Anda undang. Nasi tumpeng kami minimal order untuk 20 porsi.
  5. Beritahukan kepada Admin/ customer service kami waktu dan hari pengiriman nasi tumpeng termasuk alamat tujuan. Kami menyarankan Anda memesan nasi tumpeng paling tidak H-1 acara.
  6. Transfer sejumlah uang sesuai dengan paket menu yang sudah Anda pesan beserta dengan ongkos kirimnya (ongkir). Untuk pesanan dengan jumlah tertentu akan mendapatkan gratis ongkir.
  7. Anda tinggal tunggu pesanan nasi tumpeng akan datang tepat pada waktunya pada hari dan jam ke alamat yang telah disepakati.

Anda tidak perlu repot sekarang masak sendiri nasi tumpeng untuk konsumsi acara Anda, karena kami menyediakan tumpeng enak dan lezat sebagai menu catering terpercaya. Kalau ingin order nasi tumpeng di Jakarta, kontak Admin kami yang akan segera merespon dengan cepat pesanan Anda di nomer telepon/ WA/ SMS yaitu 0812-9430-9199. Anda juga bisa pesan lewat Line di ID jakartanasitumpeng maupun alamat e-mail di jakartanasitumpeng@gmail.com. Tunggu apalagi, order sekarang juga tumpeng kami yang sudah terpercaya!

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan