Pesan Nasi Tumpeng Serdang

Pesan Nasi Tumpeng Serdang – Nasi tumpeng adalah salah satu makanan khas di Indonesia. Nasi tumpeng tersebut banyak digunakan dalam perayaan di acara-acara besar dan penting. Seperti acara untuk tasyakuran, pernikahan, ulang tahun, peresmian, hingga acara penting lainnya. Tumpeng biasanya lengkap dengan nasi kuning berbentuk kerucut atau gunung dengan hidangan lauk pauk sebagai pelengkapnya.

Pesan Nasi Tumpeng Serdang

Lauk pauk tersebut seperti ikan, ayam, telur, tempe, mie, hingga berbagai olahan sayuran. Untuk ukurannya nasi tumpeng terbilang fleksibel. Hal ini karena Anda bisa memesan ukuran dari nasi tumpeng sesuai dengan jumlah porsi tamu undangan Anda. Selain itu berbagai macam pilihan lauk pauknya juga bisa Anda sesuaikan dengan acara atau budget keuangan Anda.

Untuk Anda yang sama sekali belum pernah membuat nasi tumpeng, pasti akan mengira bahwa nasi tumpeng cukup rumit untuk dibuat. Hal tersebut memang terkadang benar. Terlebih lagi untuk membuat berbagai macam jenis lauk pauknya. Itulah mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk memesan nasi tumpeng daripada membuatnya sendiri.

Berikut adalah cara untuk membuat nasi tumpeng yang mungkin membuat Anda penasaran.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Sendiri

  1. Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan berbagai macam bahan-bahan untuk membuat nasi kuning dan berbagai macam lauk pauk yang akan digunakan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai bahan sebagai hiasan dari nasi tumpeng. Bahan yang juga penting dan biasanya selalu ada pada nasi tumpeng adalah daun pisang.

  1. Masak nasi

Selanjutnya, Anda bisa membuat nasi kuningnya terlebih dahulu. Untuk memasaknya sama saja dengan memasak nasi pada umumnya menggunakan rice cooker. Namun karena nasi yang digunakan pada nasi tumpeng biasanya merupakan nasi kuning, Anda bisa menambahkan air santan, bubuk kunyit dan sedikit garam ketika memasaknya. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa pesan nasi kuning Serdang enak.

  1. Cetak nasi

Jika nasi sudah matang, selanjutnya Anda bisa membentuk nasi menjadi bentuk kerucut atau seperti gunung. Agar lebih mudah biasanya dibentuk menggunakan bantuan alat berbentuk kerucut yang terbuat dari stainless steel. Jika Anda tidak memiliki cetakannya, Anda juga bisa membuatnya dari daun pisang yang dibentuk mengerucut.

  1. Susun tumpeng

Letakkan nasi yang sudah dicetak berbentuk kerucut di bagian tengah nampan. Pastikan jika nampan sudah diberi alas berupa daun pisang. Kemudian bagian sisi pinggirnya bisa Anda beri lauk pauk yang sudah Anda masak. Untuk jumlah lauk pauknya juga disesuaikan dengan porsi tamu undangan.

  1. Beri hiasan

Terakhir hias tumpeng dengan hiasan dari sayuran seperti tomat, cabai merah, timun yang dibentuk bunga, kacang panjang yang dibentuk seperti pagar dan hiasan lainnya sesuai selera. Pastikan hiasan juga sesuai dengan pesanan tema nasi tumpeng Anda. Seperti nasi tumpeng untuk kemerdekaan dengan hiasan bendera merah putih kecil atau nasi tumpeng untuk ulang tahun dengan hiasan angka kelahiran dan sebagainya.

Menghias nasi tumpeng terkadang memang merepotkan dan membutuhkan keahlian untuk membentuk sayuran menyerupai bunga dan hiasan lainnya. Untuk itu Anda bisa pesan nasi tumpeng Serdang terbaik yang sudah dihias semenarik mungkin.

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

Perkembangan Resep Nasi Tumpeng

Resep dari nasi tumpeng sendiri sebenarnya sama saja dan fleksibel dimana bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Sehingga tidak ada patokan khusus harus membuat nasi tumpeng dengan resep dan bentuk tertentu. Namun jika dibandingkan dengan nasi tumpeng pada jaman dahulu dengan nasi tumpeng saat ini sering ditemukan tentunya sudah mengalami cukup banyak perkembangan.

Dulu, lauk pauk yang digunakan pada nasi tumpeng hanya seperti telur gorek, ayam goreng, orek tempe dan sayur urap. Namun saat ini lauk pauk yang tersedia sebagai tambahan di nasi tumpeng sudah mulai lebih variatif seperti tambahan sate dan olahan udang.

Bahkan ada juga nasi tumpeng untuk Anda yang seorang vegetarian atau tidak mengonsumsi produk hewani. Lauk pauk berupa daging atau ayam bisa diganti dengan menu lainnya yang berasal dari sayuran. Seperti daging ayam yang diganti dengan jamur. Walaupun daging ayamnya diganti dengan jamur, namun kandungan nutrisinya tetap sama dimana tetap mengandung protein. Anda juga bisa pesan nasi tumpeng Serdang murah dengan pilihan menu berupa vegetarian atau olahan sayuran saja.

Pesan Nasi Tumpeng Serdang Online

Selain lauk pauk, nasi pada tumpeng juga tidak harus selalu menggunakan nasi kuning. Anda bisa memesan nasinya menggunakan nasi putih biasa atau nasi merah untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Perubahan tersebut terkadang juga bisa disesuaikan dengan jenis acara yang sedang dilakukan.

Seperti acara syukuran biasanya menggunakan nasi kuning, acara keagamaan ada yang menggunakan nasi putih dan untuk acara kemerdekaan biasanya menggunakan nasi merah dan putih. Perubahan warna nasi tersebut memang akan mempengaruhi rasanya, akan tetapi bukan menjadi masalah karena tidak ada aturan khusus yang mengharuskan tumpeng menggunakan nasi kuning.

Nasi tumpeng dengan tampilan yang berbeda justru akan memberikan tambahan tersendiri seperti menjadi pusat perhatian banyak orang. Semakin menarik bentuk dan juga tampilan dari nasi tumpeng tersebut tentu akan lebih spesial.

Jika ingin yakin bisa menyediakan tumpeng terbaik di acara yang Anda buat, sebaiknya pesan nasi tumpeng Serdang saja. Karena pesan di catering dijamin pasti enak dan tampilannya juga bagus. Salah satunya pesan di catering Jakarta Nasi Tumpeng yang menawarkan layanan delivery order di Jakarta dan sekitarnya. Untuk pemesanan bisa hubungi 0812-9430-9199/ jakartanasitumpeng@gmail.com.

Tinggalkan Balasan