Hidangan Untuk Arisan Keluarga

Hidangan Untuk Arisan Keluarga – Salah satu acara yang biasanya digunakan untuk berkumpul dengan keluarga besar selain pada perayaan hari-hari besar adalah arisan keluarga. Arisan keluarga ini menjadi salah satu agenda yang biasanya diadakan satu tahun sekali.

Tujuannya sudah pasti untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga besar terutama yang jauh. ย Dalam arisan keluarga biasanya salah satu keluarga akan memberikan hidangan untuk disantap bersama-sama. Hidangan tersebut baik berupa makanan ringan dan makanan berat.

Hidangan Untuk Arisan Keluarga

Berikut adalah beberapa makanan atau hidangan yang umum disajikan ketika acara arisan keluarga yang mungkin bisa Anda coba.

Berbagai Jenis Hidangan Untuk Arisan Keluarga

  1. Mie goreng Jawa

Selain menu berat dengan nasi, Anda juga bisa menyiapkan hidangan berupa mie yang cocok untuk anggota keluarga yang tidak ingin makan berat. Salah satunya adalah dengan menyajikan hidangan mie goreng Jawa. Mie bisa Anda goreng dengan campuran bumbu ala Jawa yang gurih dan manis.

Perbedaan resep mie goreng Jawa dengan mie goreng lainnya adalah pada bumbu halus dan juga adanya kemiri dan ebi. Untuk membuatnya semakin enak, Anda bisa menambahkan potongan bakso, sosis, atau telur bahkan sayuran kol untuk memperkaya tekstur dan juga rasa dari mie goreng Jawa tersebut.

  1. Ayam serundeng

Olahan daging ayam untuk berbagai macam acara memang tidak pernah dilupakan, salah satunya juga dalam acara arisan keluarga. Hal ini karena daging ayam bisa diolah dengan berbagai cara dan juga bumbu yang beragam untuk hasil hidangan yang berbeda-beda. Hidangan ayam juga lebih disukai banyak orang.

Salah satu menu yang bisa Anda sediakan adalah ayam serundeng. Daging ayam harus diungkep dengan bumbu halus dan juga parutan kelapa muda yang menjadi ciri khas dari serundeng. Kemudian daging ayam tersebut digoreng hingga berwarna kecoklatan atau keemasan. Hidangan ini biasanya digunakan sebagai lauk pauk nasi putih hangat atau nasi tumpeng.

  1. Nasi tumpeng

Nasi tumpeng tidak hanya digunakan pada saat perayaan atau acara besar saja. Anda juga bisa menggunakan nasi tumpeng sebagai hidangan untuk arisan keluarga di rumah. Daripada menyuguhkan nasi putih biasa, Anda bisa menggunakan nasi tumpeng dengan rasa nasi yang lebih gurih.

Berbagai macam menu lauk pauk yang digunakan pada nasi tumpeng juga ada banyak jenisnya, seperti kering tempe, telur balado, ayam suwir, mie goreng dan lain sebagainya. Banyaknya pilihan menu sekaligus juga bisa membantu Anda agar tidak repot memasak menu yang lain. Bahkan Anda juga bisa memesan nasi tumpeng dengan berbagai macam pilihan menu yang bisa Anda sesuaikan.

Khusus untuk nasi tumpeng, kalau Anda tidak bisa masak sendiri atau terlalu sibuk membuat sendiri, maka Anda bisa pesan di jasa catering. Salah satu tempat catering tumpeng paling recommended yaitu di Jakarta Nasi Tumpeng. Anda bisa pesan online di 0812-9430-9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com.

Selain itu, Anda juga bisa pesan offline ke tempatnya langsung yang ada di Jalan Pulogebang Gang Mesjid Jami Al-Ikhlas RT/ RW 03/ 04 Nomer 59 Cakung, Jakarta Timur.

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

  1. Kakap asam manis

Selain menu olahan daging ayam, Anda juga bisa membuat menu olahan dari ikan sebagai variasi hidangan acara arisan keluarga, salah satunya adalah kakap asam manis. Menu kakap asam manis ini bisa menjadi penyeimbang untuk beberapa menu Anda yang gurih.

Untuk membuatnya lebih enak, daging ikan kakap digoreng dengan balutan tepung terlebih dahulu. Selanjutnya ikan kakap yang masih renyah akan disiram dengan kuah saus asam manis yang kental. Agar bentuknya juga lebih menarik, kepala ikan bisa Anda gunakan sebagai hiasan hidangan tersebut.

  1. Plecing kangkung

Jika Anda sudah memasak hidangan atau menu nasi dan juga lauk pauknya, maka agar lebih seimbang juga harus ada menu sayuran. Anda bisa memasak menu plecing kangkung. Menu plecing kangkung ini bisa dihidangkan sebagai sayur dan disantap dengan nasi tumpeng.

Cara mengolahnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu merebus kangkung sebentar saja agar teksturnya tetap renyah. Kemudian Anda bisa menyiramnya dengan sambal tomat yang manis dan segar sehingga akan sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih hangat atau nasi tumpeng.

  1. Bakwan tahu

Hidangan untuk arisan keluarga besar yang juga bisa Anda hidangkan adalah bakwan tahu. Selain bisa dijadikan lauk pauk untuk makan berat, tahu ini juga bisa digunakan untuk kudapan. Cara pembuatannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan tahu putih dan campurkan dengan telur, wortel dan sedikit tepung.

Jangan lupa untuk memberinya bumbu merica dan juga garam secukupnya. Selanjutnya Anda hanya perlu menggorengnya hingga kecokelatan. Bakwan tahu ini akan sangat cocok jika disantap dengan tambahan saus sambal atau saus tomat selagi hangat.

  1. Sambal bajak

Orang Indonesia ketika makan tidak lengkap rasanya jika tanpa menggunakan sambal. Terutama jika makan berat dengan nasi. Salah satu sambal yang cocok disantap dengan berbagai jenis hidangan lain adalah sambal bajak. Sambal bajak juga tidak memiliki rasa yang terlalu pedas karena bahan-bahannya ditumis terlebih dahulu dan juga campuran tomat yang cukup banyak.

Jadi semua orang yang tidak terlalu suka pedas juga bisa menyantapnya. Tambahan terasi juga membuat sambal ini menjadi lebih enak dan sedap untuk digunakan saat makan berat.

  1. Sup jagung

Jika tadi ada hidangan sayur kering, Anda juga bisa menyediakan menu sayur basah atau berkuah seperti sup jagung. Sup ini bisa disantap agar perut tidak terasa begah dan terlalu penuh. Anda hanya perlu merebus jagung dan juga wortel dalam air kaldu. Kemudian tambahkan bumbu seperti bawang putih halus, merica dan garam. Agar rasanya lebih sedap, Anda juga bisa menggunakan tambahan kocokkan telur di akhir.

Hidangan untuk arisan keluarga memang banyak sekali macamnya. Agar Anda tidak terlalu repot memasak banyak menu. Anda bisa pesan nasi tumpeng dengan berbagai macam pilihan menu yang bisa Anda sesuaikan.

Tinggalkan Balasan