Cara Simpan Nasi di Kulkas – Nasi memang dalam makanan pokok yang semua orang konsumsi. Akan tetapi bisa saja terkadang memasak nasi terlalu banyak sehingga tidak habis. Jika nasi masih terlalu banyak dan tidak ada yang memakannya jangan terburu-buru membuangnya. Nasi tersebut masih bisa Anda simpan dan digunakan untuk esok. Asal cara untuk menyimpannya juga benar.

Cara Simpan Nasi Di Kulkas Agar Lebih Awet

  • Simpan di freezer

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyimpan nasi dalam freezer. Cara ini bahkan bisa membantu untuk mengawetkan nasi hingga berbulan-bulan. Jika nasi yang masih tersisa Anda masukkan freezer, maka bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya. Akan tetapi lebih baik usahakan nasi masih tetap beku.

Cara Simpan Nasi di Kulkas

Pertama adalah dengan mendinginkan nasi terlebih dulu. Hindari memasukkannya pada freezer jika masih beruap. Hal ini justru akan membuat nasi menjadi cepat basi dan tidak bisa digunakan. Jangan sampai nasi ada di luar suhu ruangan lebih dari 2 jam. Jika nasi sudah tidak panas, masukkan ke dalam wadah atau plastik freezer.

Tekan-tekan plastik tersebut agar tidak ada udara yang masih terperangkap di dalamnya. Kemudian bisa Anda simpan di dalam freezer hingga beku atau sampai digunakan besoknya.

Untuk menghangatkan nasinya yang masih beku, Anda bisa menambahkan sedikit air sebelum bisa dipanaskan menggunakan microwave atau juga bisa menggunakan panci.

  • Simpan di lemari es

Cara simpan nasi di kulkas tidak basi selanjutnya adalah dengan menyimpannya di dalam lemari pendingin. Selain di dalam freezer, nasi juga bisa Anda masukkan di dalam lemari es. Nasi juga akan tetap tahan lama untuk digunakan esok harinya.

Cara yang pertama adalah dengan mendinginkan nasi sesegera mungkin setelah matang. Hal ini karena bakteri bisa tumbuh pada nasi jika disimpan dalam suhu ruangan dalam waktu yang lama. Jadi jika ingin dikonsumsi esok hari, lebih baik segera dimasukkan ke dalam lemari es.

Untuk wadah yang digunakan juga harus wadah yang kedap udara. Hal ini karena jika udara dingin dari lemari es, masuk maka bisa menyebabkan nasi menjadi keras. Masukkan nasi yang sudah dingin ke dalam wadah yang kedap udara atau juga bisa menggunakan plastik ziplock.

Nantinya jika ingin mengonsumsi nasi tersebut, Anda bisa menghangatkan nasinya terlebih dulu. Caranya dengan masukkan air secukupnya dan Anda bisa memanaskannya menggunakan microwave.

Jika tidak memiliki microwave maka bisa menggunakan panci yang diletakkan di atas kompor. Akan tetapi jangan menggunakan air terlalu banyak karena bisa menjadi bubur. Jika disimpan di dalam kulkas, maka nasi bisa bertahan 4 sampai 6 hari.

Tips Saat Akan Menyimpan Nasi Di Dalam Kulkas

Cara simpan nasi di kulkas mudah memang bisa Anda jadikan pilihan jika nasi di rumah terlalu banyak. Terutama karena bisa bertahan untuk beberapa hari, maka bisa menghemat waktu. Anda tidak perlu terburu-buru memasak nasi karena hanya tinggal memanaskannya saja. Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar nasi tidak basi walau sudah disimpan.

  • Maksimal 1 hari

Nasi yang disimpan di dalam kulkas atau freezer memang bisa bertahan cukup lama. Jika di masukkan dalam kulkas biasa akan awet untuk 3 hari atau lebih. Bahkan jika di dalam freezer bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Akan tetapi tidak semua nasi bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Jika nasinya sudah berada di ruang terbuka selama beberapa jam maka hindari menyimpannya di dalam kulkas.

Hal ini karena kemungkinan nasi tersebut sudah terkena bakteri atau ditumbuhi bakteri. Oleh karenanya lebih baik jika menggunakan nasi yang masih baru jika ingin disimpan di dalam kulkas.

Jika Anda memang berniat untuk menggunakan nasi yang sudah disimpan dalam kulkas, maka segera konsumsi tidak lebih dari 24 jam. Sedangkan nasi bisa bertahan di dalam rice cooker biasanya tidak lebih dari 3 jam. Jika lebih dari waktu tersebut, maka kualitasnya akan menurun.

  • Masukkan dalam wadah kedap udara

Selanjutnya adalah menyimpan nasi dalam wadah yang memang tertutup dan kedap udara. Jika tidak memiliki wadah yang kedap udara maka bisa menggunakan plastik ziplock.

Pasti banyak di antara Anda yang sering melihat nasi akan disimpan dalam termos nasi atau rice cooker. Padahal hal tersebut lebih baik dihindari. Hal ini karena bisa membuat kualitas dari nasinya menjadi menurun.

Akibatnya nasi yang disimpan di dalam rice cooker atau termos nasi tidak bisa bertahan lama. Bahkan bisa berubah warna dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Akibatnya akan lebih sering membuang nasi karena lebih cepat basi.

  • Tunggu dingin

Cara simpan nasi di kulkas cepat mungkin secara langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan karena nasi justru akan lebih cepat basi. Untuk itu Anda bisa menunggu terlebih dulu hingga nasinya dingin atau uapnya hilang. Nasi yang dimasukkan dalam kulkas saat masih panas akan mengeluarkan bintik air dalam wadah. Akibatnya nasi akan lebih mudah basi.

  • Simpan di kulkas

Cara untuk menyimpan nasi agar tidak cepat basi adalah dengan menggunakan kulkas atau freezer. Terutama untuk jenis nasi pulen yang lebih cepat basi. Sedangkan untuk jenis nasi yang sedikit kering atau yang bisa digunakan nasi goreng, bisa Anda simpan di chiller atau kulkas biasa saja.

Ketika Anda akan menyimpannya dalam kulkas sebaiknya hindari mencampurnya dengan bahan-bahan yang lainnya. Terutama untuk bahan makanan yang memiliki bau cukup menyengat. Tujuannya untuk menghindari nasi yang ikut tercampur atau terkontaminasi dengan bau yang menyengat tersebut. Akan lebih baik jika Anda meletakkannya dalam tempat yang aman seperti sayuran dan bahan lainnya.

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa nasi yang disimpan di dalam kulkas ternyata bagus untuk tubuh. terutama untuk Anda yang menderita diabetes. Nasi yang disimpan di dalam kulkas akan memiliki kadar gula atau glukosa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi biasa atau baru matang. Hal ini karena nasi yang baru matang, memiliki pati di mana bisa diubah menjadi gula dalam tubuh.

Jika nasi tersebut tidak langsung dibakar maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Sedangkan nasi yang sudah didiamkan selama semalaman maka patinya akan berubah menjadi pati resisten.

Pati resisten tersebut adalah jenis pati yang tidak bisa dicerna dalam tubuh. Dalam kata lain, pati tidak akan berubah menjadi gula. Jadi nasi yang dingin memang akan lebih disarankan untuk Anda yang memiliki diabetes.

Cara simpan nasi di kulkas ini bisa Anda lakukan jika kebetulan tidak sengaja memasak nasi terlalu banyak. Tunggu nasi dingin dan simpan di dalam kulkas untuk digunakan besok. Kebanyakan mungkin menggunakan cara ini saat akan menyiapkan konsumsi untuk cara keesokan harinya.

Namun nasi yang dingin tentu saja tidak seenak nasi baru. Jika memang tidak mau repot bisa menggunakan jasa Jakarta Nasi Tumpeng untuk menyiapkan konsumsinya. Segera hubungi kami lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan konsumsi sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan