Cara Membuat Nasi Rames – Nasi rames merupakan salah satu hidangan yang hampir sama dengan nasi campur. Nasi rames ini biasanya akan menggunakan nasi putih dengan beberapa jenis lauk pendamping. Mulai dari olahan ayam, sambal goreng kentang, sambal, sayur mayur dan berbagai macam lauk lainnya.

Nasi rames ini memiliki ciri khas makanan rumahan. Hal tersebut karena semua lauk pauknya termasuk dalam makanan olahan rumahan. Nasi rames ini biasanya disajikan dalam bentuk prasmanan. Berikut adalah resep untuk membuatnya.

Cara Membuat Nasi Rames

Pelajari Cara Membuat Nasi Rames Dengan Lauk Pauk Lengkap

  • Acar kuning

Pertama adalah dengan membuat acar kuning. Acar kuning ini sebagai pelengkap saja, jadi Anda tidak harus membuatnya jika tidak ingin. Pertama adalah dengan menumis semua bumbu halusnya. Bumbu halus tersebut terbuat dari bawang putih, jahe, kemiri dan kunyit sampai harum.

Kemudian masukkan daun serai, batang serai dan wortel yang sudah dipotong panjang. Aduk merata hingga semuanya tercampur pada wortel. Selanjutnya tambahkan garam, gula dan juga air secukupnya. Masak hingga wortel layu dan terakhir tambahkan mentimun dan masak hingga hampir layu.

  • Oseng buncis dengan daging

Pertama adalah dengan merebus daging sampai matang. Agar lebih memudahkan, Anda bisa memotong daging menjadi bentuk dadu. Rebus kembali daging sampai matang dan empuk dengan menyisakan air kaldu sekitar 100 ml. Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

Masukkan daging yang tadi sudah empuk, buncis dan juga wortel. Tambahkan dengan bumbu lainnya dan air kaldu. Masak sampai semuanya merata dan matang. Sebelum Anda angkat bisa ditambahkan dengan cabai merah dan cabai hijau yang sudah diiris.

  • Ayam bumbu rujak

Cara membuat nasi rames enak yang selanjutnya adalah dengan membuat lauk berupa ayam bumbu rujak. Pertama adalah dengan menumis bahan seperti lengkuas, bumbu halus dan serai hingga mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya masukkan ayam dan aduk sampai ayamnya kaku atau setengah matang.

Tambahkan santan, air dan juga bumbu pelengkap yang lainnya. Masak sampai semua bumbunya meresap pada daging ayam. Anda bisa menunggunya sampai kuah tersebut mengental.

  • Sambal goreng ati

Siapa yang tidak menyukai sambal goreng ati dengan campuran kentang. Cara untuk memasaknya adalah dengan menumis semua bumbu halusnya dengan tambahan lengkuas sampai harum. Selanjutnya tambahkan kentang dan juga hati ayam yang sudah dipotong menjadi kecil-kecil atau dadu.

Masukkan sedikit air dan daun salam sambil diaduk. Sebelum Anda angkat bisa ditambahkan dengan pete yang juga sudah dipotong kecil-kecil. Sajikan sambal goreng ati tersebut dengan tambahan irisan cabai merah dan bawang goreng.

  • Sambal terasi

Nasi rames tidak akan lengkap jika tidak menggunakan sambal terasi. Oleh karenanya, Anda bisa membuat sambal terasi yang enak. Pertama adalah dengan menggoreng semua bahan yang terdiri dari cabai rawit, cabai merah, tomat, garam dan gula secukupnya serta terasi yang matang. Namun sebelumnya, semua bahan tersebut harus dihaluskan terlebih dulu.

Masak atau goreng sampai matang atau berubah warna menjadi agak gelap. Jika sudah matang, Anda bisa memberikan sedikit perasan jeruk nipis di atasnya untuk memberikan rasa segar.

Pilihan Lauk Yang Biasanya Ada Pada Nasi Rames

Nasi rames memang termasuk nasi yang murah dan juga enak. Nasi ini bahkan banyak ditemukan dibungkus dan dijual pinggir jalan atau dipasar-pasar tradisional. Anda bisa menemukannya untuk kebutuhan sarapan. Cara membuat nasi rames mudah juga bisa Anda lakukan sendiri. Akan tetapi untuk Anda yang ingin lebih praktis maka bisa memesannya saja.

Berikut adalah beberapa jenis lauk yang biasanya hadir pada nasi rames:

  • Ayam suwir

Pertama adalah hidangan berupa olahan ayam yaitu ayam suwir. Ayam suwir ini cocok untuk Anda yang bosan dengan hidangan olahan ayam lainnya seperti ayam goreng, ayam bakar dan lainnya.

Ayam suwir ini akan terbuat dari dada ayam yang disuwir tanpa menggunakan kulit. Kemudian daging akan dimasak dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, terasi, daun jeruk, daun salam, serai, santan, kunyit dan lainnya. Hasilnya adalah ayam dengan aroma yang harum dengan sedikit rasa pedas.

  • Sambal matah

Orang Indonesia tidak akan lengkap rasanya jika makan tanpa menggunakan sambal. Ada banyak sekali jenis sambal yang bisa digunakan. Salah satunya adalah sambal matah yang berasal dari Bali. Sambal ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas dan juga segar dari sambal.

Sambal matah terbuat dari jeruk nipis, cabai rawit, bawang merah, gula dan juga jeruk nipis. Semua bahan tersebut akan dicampur menjadi satu sehingga menghasilkan sambal yang pedas dan juga segar.

  • Sate lilit

Lauk pauk selanjutnya yang bisa digunakan adalah sate lilit. Sate lilit ini bisa Anda jadikan pilihan jika bosan dengan olahan ayam atau daging pada umumnya. Sate lilit ini terbuat dari daging ikan yang dicincang halus. Nantinya daging tersebut ditambahkan dengan bumbu halus.

Bumbu halusnya terbuat dari kunyit, ketumbar, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, dan juga santan. Aroma dari sate ini sangat khas karena proses pembuatannya akan ditusuk menggunakan batang serai kemudian dibakar.

  • Sayur urap

Cara pembuatan nasi rames cepat selanjutnya adalah jika Anda menggunakan lauk berupa sayur urap. Sayur urap ini akan cocok disajikan untuk nasi rames karena rasanya yang segar. Hidangan ini terbuat dari berbagai macam jenis sayuran yang dicampur menjadi satu dengan bumbu. Beberapa jenis sayuran yang digunakan biasanya taoge, kol, kacang panjang, kacang panjang, kangkung dan lainnya.

Nantinya sayuran tersebut semuanya akan dimasak. Kemudian untuk bumbunya akan menggunakan parutan kelapa yang sudah dikukus. Sebelumnya parutan kelapa akan dicampur dengan bumbu halus.

Kelapa yang sudah matang dan diberi bumbu akan dicampurkan dengan semua sayuran tadi. Hasilnya adalah sayuran dengan rasa yang segar dan juga sedikit pedas dari parutan kelapa.

  • Tum ayam

Hidangan selanjutnya adalah tum ayam. Hidangan ini hampir sama dengan pepes dari Jawa. Hanya saja tum ayam menggunakan campuran berupa santan dan bumbu gurih khas dari Bali. Jadi untuk Anda yang menyukai hidangan dengan rasa yang gurih bisa mencoba menggunakan tum ayam pada nasi rames.

Untuk bumbunya akan terbuat dari bawang putih, bawang merah, merica dan cabai merah yang dihaluskan dan dicampur dengan ayam. Nantinya akan dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

Untuk jenis lauk pauk yang digunakan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau kesukaan Anda. Sangat cocok digunakan untuk acara syukuran atau dimakan sendiri. Cara membuat nasi rames ini cukup mudah namun untuk acara maka harus membuat dalam jumlah yang banyak.

Daripada repot bisa memesannya secara langsung pada Jakarta Nasi Tumpeng. Segera hubungi kami lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan lauk sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan