Cara Bikin Nasi Uduk

Cara Bikin Nasi Uduk – Nasi uduk merupakan salah satu makanan yang semua orang pasti ketahui. Hidangan ini juga termasuk dalam hidangan tradisional Indonesia. Dari segi rasanya sendiri juga sangat khas yaitu gurih dan nikmat.

Terutama dengan banyaknya tambahan lauk lainnya yang juga bisa Anda rasakan. Biasanya jenis lauk pendampingnya yang banyak digunakan adalah hidangan berupa sambal, lalapan, tempe orek, ayam goreng dan masih banyak lainnya.

Cara Bikin Nasi Uduk

Untuk nasinya sendiri juga terbuat dari berbagai macam bahan atau bumbu rempah-rempah khas. Misalnya seperti daun salam, lengkuas, barang goreng, santan dan beberapa bumbu lainnya. Berbagai macam bumbu halus inilah yang nantinya akan menghasilkan nasi dengan cita rasa yang gurih dan juga enak.

Nasi uduk saat ini juga sudah memiliki banyak jenis atau inovasinya. Salah satunya seperti nasi uduk pandan dengan warna hijau hingga nasi uduk dengan warna kuning. Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Pelajari Cara Bikin Nasi Uduk Dengan Mudah Di Rumah

  • Persiapkan bahan-bahannya

Pertama yang perlu Anda persiapkan adalah beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi uduk. Berikut adalah beberapa bahannya:

  • Beras secukupnya
  • 1 serai yang sudah dimemarkan
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 daun salam
  • 5 sdm air daun pandan
  • 500 ml santan kental
  • Β½ sdm kaldu jamur
  • Garam secukupnya
  • Bawang merah goreng secukupnya

Bahan ayam kremesan:

  • 2 buah kemiri
  • ayam yang sudah dipotong dan diberi jeruk nipis
  • 4 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • Ketumbar secukupnya
  • Kunyit dan jahe secukupnya
  • Merica dan kaldu jamur secukupnya
  • 2 sdm tepung sagu
  • Air 400ml
  • 2 sdt tepung beras
  1. Cara bikin nasi uduk mudah yang pertama adalah dengan membersihkan beras hingga benar-benar bersih. Hal ini penting untuk membantu agar nasi uduk bisa awet untuk beberapa saat. Masukkan beras tersebut ke dalam rice cooker dengan santan. Untuk ukuran atau takaran santan yang digunakan bisa sesuai jika Anda memasak nasi atau beras pada umumnya. Hanya saja air tersebut akan diganti dengan santan.
  2. Selanjutnya tambahkan daun salam, lengkuas, kaldu jamur, batang serai dan air daun pandan. Air daun pandan inilah yang nantinya akan membantu membuat nasi menjadi berwarna hijau muda.
  3. Masak seperti biasanya hingga matang. Jika sudah matang, bisa Anda tambahkan dengan bawang goreng dan aduk sampai merata. Penting untuk mengaduk nasi setelah matang. Tujuannya agar nasi tersebut nantinya bisa lebih tahan lama karena uapnya tidak terjebak di dalamnya. Selain itu juga untuk membantu agar nasi bisa bercampur dengan semua bumbu rempah yang tadi sudah Anda masukkan.
  4. Selanjutnya adalah memasak ayam kremes. Pertama adalah dengan merebus ayam dengan air sekitar 400 ml. Jika dirasa kurang, Anda juga bisa menambahkan airnya hingga seluruh daging ayam bisa terendam dengan sempurna. Rebus ayam bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga matang dan semua bumbu meresap pada ayamnya.
  5. Jika ayam sudah matang, goreng hingga warnanya kecokelatan dan sisihkan.
  6. Selanjutnya adalah dengan membuat kremesannya. Campurkan tepung beras, tepung sagu dan sedikit air sisa rebusan ayam tadi. Campur hingga semua adonannya merata.
  7. Cara bikin nasi uduk cepat selanjutnya adalah dengan menggoreng adonan kremesan tersebut. Karena bentuknya yang cair maka cara untuk menggorengnya adalah dengan memercikkan adonan tersebut pada wajan dengan minyak panas. Gunakan api kecil saja karena kremesan ini akan cepat berubah warna. Lakukan hal tersebut hingga semua adonannya habis.
  8. Terakhir adalah dengan menyajikan nasi uduk hijau tersebut di piring dengan lauk perlengkapannya berupa ayam kremes, sambal terasi dan juga lalapan. Nasi uduk siap untuk disajikan. Namun jika Anda merasa tidak memiliki waktu atau butuh nasi uduk dalam bentuk nais tumpeng dan jumlah yang besar. Maka, bisa memesannya melalui www.nasitumpengjakarta.co.id

Tips Membuat Nasi Uduk Yang Gurih

Beberapa orang mungkin memiliki selera yang berbeda mengenai nasi uduk. Seperti ada yang lebih suka menggunakan santan dalam jumlah banyak atau menggunakan garam untuk rasa gurihnya. Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan nasi uduk dengan rasa yang enak dan gurih.

  • Bumbu rempah

Ketika membuat nasi uduk memang tidak akan jauh-jauh dari penggunaan bumbu rempah. Berbagai macam bumbu rempah tersebut bahkan wajib digunakan untuk membuat cita rasanya lebih enak. Untuk itu, jangan segan membuat nasi uduk dengan tambahan berbagai macam bumbu rempah. Seperti daun salam, serai, lengkuas dengan kualitas yang bagus.

  • Santan

Nasi uduk tidak akan lengkap jika tidak menggunakan santan. Santan tersebutlah yang membuat nasi uduk memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Namun dalam merebus santan juga perlu diperhatikan. Rebuslah santan terlebih dulu hingga benar-benar matang dan mendidih. Akan tetapi jangan sampai santan tersebut pecah. Hal ini karena bisa mempengaruhi rasa dari nasi uduknya.

Santan yang digunakan juga sebaiknya adalah santan yang masih segar dan kental. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari nasi uduk tersebut. Biasanya jika semakin kental santan yang digunakan, maka rasa nasi uduk yang dihasilkan juga akan semakin gurih. Namun kekurangannya adalah nasi uduk tidak bisa bertahan terlalu lama. Jadi harus segera Anda habiskan.

Akan tetapi jika Anda sudah terlanjur menggunakan santan yang encer, maka cara untuk mendapatkan rasanya yang enak adalah dari penggunaan berbagai macam bumbu rempahnya. Jadi untuk menguatkan rasanya bumbu rempah akan sangat berperan bagus untuk hasil nasi uduk yang lebih enak dan gurih.

  • Beras

Tips cara bikin nasi uduk enak juga dipengaruhi oleh jenis beras yang digunakan. Ada beberapa jenis beras yang dijual di pasaran. Untuk nasi uduk, pastikan Anda menggunakan beras yang berkualitas bagus. Pilihlah beras yang hasilnya bisa pulen sehingga menambah cita rasa dari nasi uduk tersebut.

Selain itu, ketika hendak menggunakan beras, lebih baik juga mencucinya dengan bersih. Cuci sampai air cucian beras tersebut bersih atau tidak keruh. Hal ini biasanya membutuhkan 3 sampai 4 kali pencucian. Beras yang bersih juga membantu agar nantinya nasi uduk yang sudah matang bisa lebih tahan lama. Dengan begitu bisa Anda konsumsi untuk jangka waktu yang lama juga.

Cara bikin nasi uduk memang mudah. Akan tetapi tidak semua nasi uduk memiliki cita rasa yang sama terutama dari segi gurihnya. Untuk itu, komponen berupa bumbu rempah dan juga santan akan sangat berpengaruh untuk hasil nasi uduk yang lebih gurih dan enak. Cara di atas bisa Anda gunakan jika ingin membuat nasi uduk dengan rasa yang gurih.

Jika membutuhkan nasi uduk dalam bentuk nasi tumpeng dan jumlah yang banyak, bisa coba memesannya saja agar lebih mudah. Segera hubungi Jakarta Nasi Tumpeng lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk memesan konsumsi sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan