Pesan Nasi Tumpeng Kebon Pala

Pesan Nasi Tumpeng Kebon PalaNasi tumpeng disajikan dalam berbagai perayaan termasuk perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. Nasi tumpeng disajikan dalam bentuk kerucut dan berbagai lauk pauk mengelilingi nasi tumpeng. 

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Pala

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Pala Yang Enak Penuh Makna

Nasi tumpeng dan segala lauk pauknya juga memiliki makna sebagai doa dan harapan bagi kehidupan yang lebih baik. Nah, berikut penjelasan nasi tumpeng dan lauk pauknya tersendiri: 

  • Nasi tumpeng bentuk kerucut berwarna kuning

Nasi tumpeng ada yang disajikan berwarna kuning dan warna putih, namun kini warna nasi tumpeng lebih beragam dengan berbagai macam bentuk. Bukan saja bentuk kerucut terbalik namun ada juga bentuk kartun, mobil, ataupun karakter lainnya yang disukai anak-anak. Bentuk kerucut ini disimbolkan bahwa segala yang ada di dunia ini selalu mengerucut ke atas yaitu Sang Pencipta. 

Bentuk kerucut dari nasi tumpeng juga bermakna rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Pencipta dan alam semesta. Jika nasi tumpeng yang disajikan berwarna putih maka maknanya suci. Sedangkan untuk yang berwarna kuning maka penyajiannya bermakna kekayaan, kesejahteraan dengan kelimpahan rezeki. Kini nasi tumpeng bisa didapatkan secara online dengan pesan nasi tumpeng Kebon Pala online

  • Ayam 

Pada zaman dulu wajib menggunakan ayam jantan goreng untuk disajikan bersama nasi tumpeng. Ayam jantan juga boleh dibakar dan digoreng serundeng dalam keadaan masih utuh. Ayam yang disajikan utuh sebagai lambang rasa patuh secara penuh kepada sang Pencipta. Penyajian ayam juga sebagai harapan dan doa agar semua sifat sombong, angkuh dan egois pada manusia bisa dihilangkan dan dihindari. 

  • Sayuran

Sayuran yang biasanya disajikan dalam nasi tumpeng bernama urap, namun juga boleh disajikan sayuran yang lain seperti wortel, tumis kacang buncis dan acar mentimun. Penggunaan sayuran ini sebagai simbol kesuburan, panjang umur, kedamaian serta mudah berbaur dengan lingkungan. 

  • Tempe dan Umbi-umbian

Tempe yang disajikan boleh tempe goreng dicampur yang lain seperti kentang, ikan teri dan tahu atau juga boleh disajikan orek tempe. Penggunaan tempe sebagai simbol sikap rendah hati dan kesederhanaan. Sedangkan penggunaan umbi-umbian sebagai makna menghargai antara sesama manusia dan makhluk hidup yang lainnya yang sama-sama diciptakan oleh Allah. Umbi-umbian yang umumnya digunakan seperti kentang dan wortel. Nasi tumpeng juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau dengan pesan nasi tumpeng Kebon Pala murah

  • Telur

Telur yang disajikan bersama nasi tumpeng boleh yang berbentuk dadar ataupun telur balado dengan bentuk bulat utuh. Saat ini penggunaan lauk pauk boleh disajikan sesuai selera. Tetapi dulu telur disajikan dalam keadaan masih utuh dipindang bersama kulitnya. Saat telur tersebut akan disantap baru dibuka kulitnya. 

Proses pengupasan dan makan inilah mengandung makna bahwa setiap tindakan manusia harus direncanakan terlebih dahulu dan harus dengan pertimbangan yang matang. Sehingga semuanya bisa berjalan seperti yang diinginkan dan tidak menyesal di akhirnya. 

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

4 Tips Membuat Hiasan dan Menghias Nasi Tumpeng

Penyajian nasi tumpeng yang tak biasa membuat sajian ini memiliki ciri khas. Mulai dari nasi tumpeng itu sendiri hingga lauk pauknya dibuat dan dihias dengan bagus, rapi dan menarik. Nah, untuk menghasilkan hiasan yang  bagus dan menarik ikuti tips berikut:

  • Menyiapkan alat untuk menghias

Sebelum membuat hiasan tentunya perlu mempersiapkan berbagai alat untuk kebutuhan hiasan. Sehingga saat sudah mulai menghias bisa dilakukan dengan lancar dan mudah. Diantara alat dasar yang diperlukan seperti pisau, lidi, mould, cutter hingga alat lain yang kiranya dibutuhkan.

Pisau dan cutter untuk mengiris atau membuat pola sedangkan lidi untuk membuat hiasan tetap tegak.  Pisau dan cutter juga digunakan saat membentuk pola guratan pada sayuran dan buah. Lidi yang digunakan harus yang runcing dan kuat agar hiasan bisa berdiri dengan tegak, tak mudah patah.  Sedangkan mould dibutuhkan untuk membuat pola pada buah-buahan ataupun sayuran. 

  • Mencetak nasi

Nasi tumpeng dapat dicetak dengan alat cetak agar lebih mudah sehingga harus disiapkan cetakan terlebih dulu. Nasi tumpeng memang  lebih umum bentuk kerucut terbalik namun saat ini nasi tumpeng dibentuk dengan berbagai macam karakter. Bisa bentuk piramida, bentuk kotak, bentuk tokoh film kartun dan yang lainnya. Ukuran cetakan disesuaikan sesuai kebutuhan, cetakan ini bisa didapatkan dipasaran yang umumnya berbahan aluminium atau stainless. Kini bagi masyarakat area Kebon Pala bisa order nasi tumpeng di Kebon Pala

  • Sajian lauk pauk dengan warna kontras

Salah satu ciri khas dari nasi tumpeng ialah warna dari penyajian lauk pauk yang kontras. Sehingga saat menghias nasi tumpeng juga harus kontras agar menarik saat dilihat. Warna nasi tumpeng dan warna putih sama-sama menarik dan akan lebih menggugah selera saat dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk. 

Misalnya disajikan lauk lengkap sambal balado dengan warna merah yang menggoda. Jangan lupa tambahkan sayur urap sehingga lebih banyak warna. Selanjutnya tambahkan telur rebus yang sudah dibelah dua sehingga akan tampak warna kuning dan warna putih. Saat meletakkan lauk pauk berupa daging atau ikan, maka letakkan di bagian yang tepat, sebaiknya yang memiliki warna senada tak diletakkan berdekatan atau berdampingan. 

  • Sebaiknya pilih sayuran sederhana

Tujuannya agar lebih mudah saat membuat hiasan, membentuk hingga membuat pola dan guratan. Jangan lupa siapkan daun pisang yang akan digunakan sebagai alas dan hiasan bagian tepi tampah. Untuk hiasannya daun pisang bisa dilipat sesuai selera. Sayuran yang sederhana mulai dari tomat, mentimun, cabai dan kacang panjang. Tomat selain memiliki warna yang indah juga mudah dibentuk. Mentimun dihias membentuk kelopak bunga ialah cara yang mudah. Cabai merah panjang sebagai kelopak bunga yang dapat diletakkan di bagian puncak nasi tumpeng atau sekelilingnya. 

Itulah makna nasi tumpeng dan tips menghias nasi tumpeng, agar lebih mudah pesan nasi tumpeng Kebon Pala, silahkan hubungi Nasi Tumpeng Jakarta.

post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *