Pesan Nasi Tumpeng Kebon Kacang

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Kacang – Nasi tumpeng selain agar keluarga dan perayaan besar juga bisa dibuat jika ada perayaan untuk anak-anak. Contohnya saat ulang tahun anak yang bisa dibuat sendiri di rumah, namun akan lebih mudah jika dipesan saja. 

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Kacang

Pesan Nasi Tumpeng Kebon Kacang dan Cara Membuatnya

Nasi tumpeng yang dipesan  lebih menghemat waktu dan energi dan rasanya juga tak kalah lezat dari buatan sendiri. Nah, agar sukses membuat pesanan nasi tumpeng anak coba ikuti tips berikut:

  • Jangan terlalu ditekan

Nasi tumpeng jika ada sedikit kesalahan saat proses pencetakan maka nasi tumpeng yang dihasilkan menjadi keras. Tentu konsumen akan kecewa dan tidak ingin sajian yang dipesan keras. Maka nasi tumpeng pulen dicetak dengan hati-hati mulai dari proses pemasukan nasi ke dalam cetakan. Jangan terlalu ditekan sebab jika ditekan terlalu kuat maka nasi tumpeng tersebut akan keras akhirnya. 

Selanjutnya saat menarik cetakan dari nasi tumpeng atau mengeluarkan nasi tumpeng dari cetakan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Jika cetakan ditarik sangat cepat, nasi akan berhamburan sebab belum tersusun dengan baik. Sehingga sangat penting mengaplikasikan daun pisang di bagian ujung cetakan tersebut. Juga perlu diperhatikan agar selalu menggunakan cetakan khusus nasi tumpeng sehingga bisa menghasilkan pesan nasi tumpeng Kebon Pala online sesuai pesanan atau keinginan. 

  • Gunakan kunyit dan santan

Kunyit dan santan dibutuhkan agar nasi tumpeng berwarna kuning mengkilap yang sangat bagus. Nasi tumpeng akan menarik dan menggugah selera jika memiliki warna mengkilap dan cerah. Ada dua cara yang bisa dilakukan jika ingin nasi tumpeng berwarna kuning yang indah. Cara pertama dengan menggunakan santan yang diberi pewarna kuning dari serbuk kunyit. Santan ini direbus bersama daun salam dan serai, kemudian masukkan beras dilanjutkan dengan diaroni. 

Cara kedua ialah beras yang akan dibuat nasi tumpeng direndam dalam air kunyit. Tunggu saja hingga beras berubah warna menjadi kuning baru bisa dimasak seperti biasa. Untuk warna yang mengkilap sangat bagus jika digunakan perasan jeruk nipis. Air perasaan ini dicampur saat beras diaroni atau boleh juga ditambahkan saat nasi sudah matang. 

  • Tambahkan hiasan

Nasi tumpeng meskipun sudah memiliki warna cerah dan mengkilap namun tetap tidak menarik jika tak dihias dengan lauk pauk, sayuran dan buah-buahan. Makanya hiaslah sayuran atau buah yang akan digunakan untuk pendamping nasi tumpeng seperti cabai, kacang panjang, wortel, mentimun juga selada. Bisa dibentuk karakter bunga ataupun bentuk lain sesuai keinginan.

Dengan adanya tambahan hiasan ini maka sajian nasi tumpeng akan mempunyai nilai seni, menarik, cerah dan menggugah selera. Untuk harga terjangkau coba pesan nasi tumpeng Kebon Pala murah. 

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

4 Tips Memilih dan Mengolah Kunyit Untuk Nasi Tumpeng Lezat

Nasi tumpeng yang identik berwarna kuning berasal dari warna kunyit yang digunakan. Kunyit yang digunakan bukan dipilih secara sembarangan, apalagi jika pengolahan yang dilakukan salah maka nasi tumpeng akan terasa pahit dengan bau yang tidak enak. Agar lebih mudah dan menghasilkan nasi tumpeng yang lezat, coba ikuti 4 tips berikut:

  • Pemilihan kunyit

Kunyit harus dipilih yang berkualitas bagus untuk hasil yang bagus. Gunakan kunyit yang sudah tua namun masih segar, yang kering dan kulitnya belum keriput. Selain itu, harus memilih bentuk umbi yang besar dan keras teksturnya saat dipegang. Jangan pula menggunakan kulit yang terlalu tua sebab akan terasa pahit dan nasi tumpeng menjadi tidak lezat. 

  • Pembakaran kunyit

Sebaiknya kunyit yang akan diolah dibakar terlebih dulu supaya getir yang dimiliki kunyit tersebut hilang. Bakar langsung dengan kulitnya sehingga daging kunyit tidak gosong nantinya. Akan lebih baik jika membakar kunyit dengan balutan kertas aluminium foil, kemudian ditusuk menggunakan garpu atau tusuk sate  dan dibakar. Akan lebih mudah dan praktis jika order nasi tumpeng di Kebon Pala. 

  • Bubuk kunyit

Saat ini selain bisa dibakar, di pasaran sudah banyak dijual bubuk kunyit yang langsung bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Menggunakan bubuk kunyit memang lebih praktis dibandingkan menggunakan kunyit yang dibakar, tetapi untuk mendapatkan bubuk kunyit yang berkualitas tak bisa sembarangan. Karena ada juga penjual kunyit yang tidak menjual bubuk kunyit utuh misalnya ada campuran dengan sedikit tepung atau bahan lain, sehingga rasa dan kualitas bubuk kunyit tidak maksimal

Ada juga yang menjual bubuk kunyit dari bahan kunyit sisa, hasilnya tidak segar dan sebaiknya tak digunakan untuk nasi tumpeng. Maka penting memilih bubuk kunyit yang tidak memiliki bau apek dan masih berwarna cerah. 

  • Jangan gunakan berlebihan

Jika memasak nasi tumpeng maka kunyit tak boleh digunakan secara berlebihan tetapi secukupnya saja. Jika digunakan berlebihan maka  warna kuning nasi akan sangat pekat dan tidak enak dilihat, begitu juga rasanya menjadi tidak lezat dan pahit. Jangan berpikir bahwa menggunakan banyak kunyit menghasilkan warna kuning nasi yang cerah. Sama dengan bumbu masakan yang lainnya harus digunakan sesuai takaran atau secukupnya, tidak boleh berlebihan sebab akan mempengaruhi rasa nasi tumpeng nantinya. 

Sekian artikel tentang  tips sukses membuat nasi tumpeng lezat dan tips memilih kunyit yang berkualitas. Jangan lupa pesan nasi tumpeng Kebon Pala lebih hemat energi dan hemat waktu. Selain itu, kini nasi tumpeng bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan rasanya juga lezat.

Tinggalkan Balasan