Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipulir Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipulir – Menyediakan beragam jenis tumpeng terbaik. Ada banyak ragam jenis tumpeng dan masing-masing jenis tersebut memiliki nama, fungsi, serta makna yang berbeda-beda. Apa sajakah jenis-jenis nasi tumpeng yang ada di Indonesia? Untuk Anda yang penasaran, berikut adalah informasi dan ulasan selengkapnya.

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipulir

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipulir Jakarta Selatan

  1. Tumpeng Seremonial

Tumpeng yang pertama yaitu tumpeng seremonial. Tumpeng jenis ini memiliki tema yang bebas dan dapat digunakan dalam kesempatan apapun. Kenapa demikian? Karena tumpeng seremonial tidak mengutamakan makna serta filosofis yang terkandung di dalamnya. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan tumpeng lainnya. Umumnya, tumpeng seremonial memiliki hiasan yang menarik dan dibuat sebagus mungkin. Sebab, tumpeng ini nantinya akan dipersembahkan dalam event-event tertentu seperti perlombaan atau hari kemerdekaan. Anda bisa membeli tumpeng untuk acara seremonial di jasa catering nasi tumpeng di Cipulir Jakarta Selatan.

  1. Tumpeng Putih

Nasi tumpeng putih biasa dipilih untuk acara tertentu karena melambangkan kesucian hidup. Sehingga tumpeng jenis ini kerap disajikan dalam acara-acara keagamaan dan tradisi sakral. Tumpeng putih juga dilengkapi dengan sayuran dan lauk-pauk yang bermakan filosofis. Seperti ayam ingkung, yakni ayam jantan (jago) yang dimasak secara utuh. Pemilihan ayam ini bermakna untuk menghindari diri dari sifat-sifat buruk yang tertanam pada diri ayam jantan. Seperti sombong dan angkuh. Selain itu, juga ditemani dengan beragam lauk-pauk lain seperti ikan asin dan tempe atau tahu bacem.

  1. Tumpeng Nasi Kuning

Beda halnya dengan tumpeng nasi putih yang disajikan dengan ayam ingkung, tumpeng nasi kuning biasanya dilengkapi dengan sajian berupa abon, perkedel, kering tempe, telur dadar yang diiris tipis, serta potongan mentimun. Selain itu, tumpeng nasi kuning juga memiliki makna sebagai lambang kemakmuran dalam kekayaan moral yang luhur. Nasi ini memiliki warna kuning disebabkan karena menggunakan kunyit sebagai bahan pembuatannya. Biasanya disajikan dalam acara syukuran seperti kelahiran bayi, ulang tahun, khitanan, dan pernikahan. Anda bisa mendapatkan tumpeng nasi kuning dengan carapesan nasi tumpeng murah di Cipulir Jakarta Selatan.

  1. Tumpeng Pungkur
baca juga  Tumpeng Terbaik di Jakarta

Tumpeng pungkur tidak hanya bisa disajikan ketika ada acara syukuran atau kebahagiaan saja. Tetapi juga di acara duku cita seperti kematian dan doa tolak bala. Orang Jawa biasa menyebutnya dengan tumpeng ungkur-ungkuran dan sering mengadakan tradisi ungkur-ungkuran ketika ada yang meninggal. Tradisi ini dibuat sebagai ungkapan rasa perpisahan dari keluarga kepada orang yang meninggal tersebut. Hal ini juga melambangkan kalau keluarga yang ditinggal sudah rela mengikhlaskan kepergiannya.

  1. Tumpeng Robyong

Berikutnya ada tumpeng robyong yang biasanya disajikan bersama dengan telur utuh, bawang merah, cabai merah, dan terasi bakar. Keempat bahan tersebut diletakan di atas gunungan nasi dengan cara ditusuk dengan sujen (bilah bambu). Tumpeng ini syarat akan simbol dan filosofi. Tumpeng robyong merupakan simbol keselamatan, kesejahteraan, dan kesuburan. Oleh karena itu, dahulu tumpeng robyong sering disajikan dalam berbagai acara seperti perayaan panen, meminta hujan, atau mengusir penyakit. Namun sekarang, tumpeng seperti ini lebih sering disajikan dalam acara peringatan seperti khitanan, hajatan, serta acara lain yang sifatnya suka cita. Anda bisa dapatkan tumpeng untuk acara-acara seperti itu dengan cara catering nasi tumpeng enak di Cipulir Jakarta Selatan.

Itulah beragam jenis tumpeng yang populer di Indonesia. Dapatkan tumpeng jenis apapun dengan kualitas terbaik dan harga yang menarik dengan cara pesan nasi tumpeng terbaik di Cipulir Jakarta Selatan.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan