Pesan Nasi Tumpeng Duren Tiga, Meriahkan Acara Syukuran

Pesan Nasi Tumpeng Duren TigaMerayakan anniversary, ulang tahun hingga kelulusan memang butuh sesuatu yang bikin berkesan dan tak terlupakan. Setiap kali ada perayaan pasti kue tart menjadi symbol utama. Tak heran, kalau kamu pasti akan berburu mencari model kue yang unik, enak dan pastinya berkesan. Nah, dibandingkan dengan kue tart mengapa tidak pesan nasi tumpeng Duren Tiga? Terlebih lagi, nasi tumpeng menjadi identitas negara Indonesia saat syukuran. 

Pesan Nasi Tumpeng Duren Tiga

Enaknya Nasi Tumpeng 

Siapa yang tak kenal dengan nasi tumpeng? Makanan khas Indonesia yang terbuat dari nasi dengan dibentuk kerucut lengkap dengan lauk pauknya ini memang menjadi hidangan khas untuk syukuran. Kebanyakan nasi tumpeng yang digunakan adalah nasi kuning karena dirasa lebih gurih dibandingkan nasi putih biasanya. 

Pasalnya, rempah dalam nasi kuninglah yang membuat cita rasa nasi tumpeng semakin istimewa. Nasi kuning yang terbuat dari beras dimasak bersamaan dengan kunyit, rempah – rempah dan santan inilah yang membuat aromanya juga berbeda dengan nasi putih. Secara tekstur nasi tumpeng kuning lebih gurih dibandingkan nasi putih karena ada campuran santannya. Inilah yang menjadi ciri khas nasi tumpeng kuning. 

Belum lagi, pesan nasi tumpeng Duren Tiga membuat nasi tumpeng khas jadul, yakni dengan nambahkan daun pandan pada dandang yang digunakan. Dengan begitu, rasa dan aroma nasi tumpeng lebih wangi. Nasi tumpeng biasanya dihidangkan dalam tempeh, yakni piring besar dari ayaman bambu lengkap dengan lauk pauk yang mengitarinya. Mulai dari ayam goreng, telur goreng, sambal goreng, perkedel kentang, abon sapi, mie goreng, emping, sambal dan aneka sayuran. 

Soal rasa tentunya tidak perlu diragukan lagi. Rempah – rempah asli Indonesia menjadi bahan utama dalam pembuatan nasi tumpeng sehingga rasa lokal benar – benar terasa. Pastinya, rasa yang istimewa membuat acara syukuran kamu menjadi lebih istimewa. 

Gizi Nasi Tumpeng Lebih Lengkap 

Dibandingkan menyediakan kue tart saat perayaan ulang tahun, nasi tumpeng bisa menjadi andalan terbaik untuk menyajikan makanan yang bergizi. Misalnya untuk acara ulang tahun anak – anak. Mungkin memang anak – anak akan lebih menyukai makanan manis, seperti kue tart. Tapi tidak ada salahnya sesekali menyediakan nasi tumpeng yang dirasa lebih bergizi. 

Bahkan, gizi dalam nasi tumpeng memenuhi empat sehat lima sempurna. Di mana, nasi yang ada menjadi sumber karbohidrat yang baik. Kemudian adanya protein dari ayam goreng dan telur goreng. Bahkan serat yang baik dari sayuran untuk pencernaan juga ada. 

Lagipula sekarang pesan nasi tumpeng Duren Tiga menyediakan nasi tumpeng mini yang bisa digunakan  untuk souvenir pada perayaan ulang tahun anak – anak. 

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

Melestarikan Adat Indonesia Dengan Nasi Tumpeng 

Secara tidak langsung menyajikan nasi tumpeng pada acara syukuran memang bentuk melestarikan adat budaya Indonesia. Lagipula, nasi tumpeng juga memiliki filosofi di dalamnya. Tak heran, kalau selalu ada dalam acara penting. Berbicara sejarah, tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung yang merupakan tempat bersemayam para nenek moyang. Filosofi ini sangat berkaitan erat dengan kondisi geografi Indonesia yang dipenuhi dengan jajaran gunung berapi, terutama Pulau Jawa.

Bagi masyarakat Jawa, nasi tumpeng menjadi bagian penting untuk perayaan kenduri tradisional. Belum lagi, perayaan atau kenduri merupakan wujud syukur dan rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dulunya bentuk syukuran dilakukan setiap musim panen tiba sebagai bentuk syukur akan hasil panen yang berlimpah. Selain itu, beberapa syukuran lainnya juga menggunakan tumpeng. 

Dengan nilai rasa syukur inilah, saat ini nasi tumpeng juga biasa dijadikan sebagai kue ulang tahun dalam setiap perayaan pesta ulang tahun menggantikan kue tart. Tidak hanya masyarakat Jawa saja, Madura dan Bali juga menggunakan nasi tumpeng setiap ada syukuran. 

Dalan tradisi Islam Jawa, Tumpeng berasal dari bahasa Jawa, yakni yen metu kudu sing mempeng atau kalau keluar harus dengan sungguh – sungguh. Lauk pauk yang disediakan mengitari nasi tumpeng pun biasanya berjumlah tujuh. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Mengingat dalam filosofi Jawa, angka tujuh atau pitu merupakan maksud dari pitulungan atau pertolongan.

Ragam Jenis Nasi Tumpeng Untuk Acara Syukuran 

Pesan nasi tumpeng Duren Tiga menyajikan berbagai ragam nasi tumpeng yang bisa kamu pilih untuk setiap momen acara syukuran. Setiap nasi tumpeng yang disajikan tentunya memiliki makna di dalamnya. Nah, berikut ini beberapa jenis nasi tumpeng dengan makna di dalamnya. 

  1. Nasi tumpeng Megana untuk syukuran kelahiran dengan nasi putih yang menjadi tanpa kesucian dan sayur mayur yang menjadi harapan dan doa orang tua. 
  2. Nasi tumpeng punar yang melambangkan kegembiraan dengan nasi berwarna kuning serta lauk pauk berupa kering tempe, abon, kedelai goreng dan lain sebagainya. 
  3. Nasi tumpeng robyong yang biasa disajikan pada acara besar. Keunikannya ada pada puncak tumpeng yang ditusuk dengan terasi, telur ayam, cabai dan bawang merah. Selain itu, ada lidi yang disulut kapas dan diberi minyak, kemudian dibakar. 
  4. Nasi tumpeng pungkur menggunakan nasi putih dicetak setengah, kemudian dibelah dua dan dipasang terbalik. Biasanya digunakan untuk acara kematian. 
  5. Nasi tumpeng kapuranto menjadi lambang permintaan maaf dengan nasi berwarna biru
  6. Nasi tumpeng kendit menjadi lambang terlepas dari kesusahan dengan nasi berwarna putih dan kuning. 
  7. Nasi tumpeng tumbuk biasanya digunakan untuk acara ulang tahun orang tua yang sudah berumur lebih dari 60 tahun karena menjadi lambang panjang umur. 

Pesan nasi tumpeng Duren Tiga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memeriahkan acara syukuran kamu. Terlebih lagi, nasi tumpeng yang disajikan sesuai dengan lidah semua orang, penuh makna dan harga bersahabat. 

Tinggalkan Balasan