Pesan Nasi Tumpeng di Thamrin

Pesan Nasi Tumpeng di Thamrin – Tumpeng merupakan cara penyajian nasi dan lauk pauk pendamping dalam bentuk kerucut. Ada yang menggunakan olahan nasi uduk (nasinya berwarna putih) ada pula yang menggunakan nasi kuning. Tinggal sesuaikan dengan keinginan. Penyajian nasi tumpeng ala Jawa atau Betawi yang masih ada keturunan Jawa biasanya dilakukan ketika ada acara perayaan penting. Tumpeng adalah hasil karya tradisional dari masyarakat Jawa yang hingga kini masih diberdayakan. Meskipun berasal dari tanah Jawa, kepopuleran nasi tumpeng sudah merambah dari Sabang sampai Merauke.

Pesan Nasi Tumpeng di Thamrin

Variasi Tumpeng Sebelum Pesan Nasi Tumpeng Di Thamrin

Ada beragam tumpeng dalam tradisi masyarakat Pulau Jawa yang kemudian dipopulerkan di Thamrin, Jakarta Pusat, di antaranya adalah:

  • Tumpeng Putih

Konon katanya, warna putih yang mewakili warna nasi menggambarkan kesucian dari tradisi tanah Jawa. Nasi tumpeng putih akan hadir untuk menemani acara adat yang sakral. Biasanya lauknya menggunakan urap yang dibumbui manis. Sayur urap sengaja ditata di pinggiran tumpeng, menyesuaikan dengan adat, jumlah urap harus ganjil.

  • Tumpeng Kuning

Jika warna putih menggambarkan kesucian, maka warna kuning pada nasi tumpeng Jakarta melambangkan kekayaan dan moral yang diajarkan oleh para leluhur. Nasi tumpeng kuning umumnya disajikan ketika ada acara syukuran yang sifatnya kegembiraan seperti syukuran hari lahir, acara pernikahan, acara tunangan atau peresmian rumah baru. Lauk pauk yang terdapat pada menu nasi tumpeng kuning umumnya adalah telur ayam, tahu, tempe dan urap.

  • Tumpeng Robyong

Ketika pernikahan adat Jawa dilangsungkan ada berbagai ritual yang harus dilakukan termasuk acara siraman. Pada acara siraman, menu makanan yang disajikan adalah tumpeng robyong yang ditempatkan dalam bakul dengan lauk sayuran lalu telur ayam, bawang merah, terasi dan cabai yang ditempatkan di atas puncak nasi tumpeng. Selain acara siraman, tumpeng robyong juga disajikan pada acara khitanan.

  • Tumpeng Robyong Gundhul

Pada umumnya nasi tumpeng enak ini dibuat sepasang namun salah satu tumpengnya tidak memakai telur ayam digantikan dengan ayam hidup.

  • Tumpeng Gundhul

Mungkin beberapa orang tidak familiar dengan jenis tumpeng yang satu ini, karena nasi tumpeng yang dikenal pada umumnya menggunakan lauk pauk, tidak seperti tumpeng gundhul yang tanpa lauk pauk sama sekali.

  • Tempeng Ropoh

Suka makan pisang raja atau pisang pulut, maka dianjurkan untuk memesan nasi tumpeng ropoh yang penyajiannya menggunakan pisang tersebut.

  • Tumpeng Kencana

Jenis tumpeng ini tidak menggunakan nasi biasa melainkan nasi ketan, lauk pendampingnya bisa urap atau telur dadar.

  • Tumpeng Bango Tulak

Harga nasi tumpeng tidak terpengaruh oleh tema acara, jadi meskipun ingin memesan varian tumpeng bango tulak yang berfungsi sebagai tolak balak, harga tumpeng akan dihitung berdasarkan pada besaran diameter tampah yang dipakai.

  • Tumpeng Panggang

Merupakan jenis nasi tumpeng yang lauknya adalah ayam panggang dan sayur urap.

  • Tumpeng Dhuplak

Tumpeng ini menyajikan lauk pendamping yang cukup beragam, ada ayam panggang, telur ayam rebus, tempe, tahu, sayur urap.

  • Tumpeng Megana

Saat menyelenggarakan upacara wetonan, jenis tumpeng yang dibuat adalah tumpeng megana yang memakai sayur urap, ikan asin bumbu pedas dan jenis sayuran lainnya.

  • Tumpeng Kendhit

Merupakan tumpeng berwarna putih yang menggunakan sedikit parutan kunyit di bagian centernya, untuk menghasilkan warna kuning kunyit.

  • Tumpeng Urubing Damar

Saat melaksanakan ritual khusus pada Ratu Pantai Selatan, masyarakat sekitar akan membuat nasi tumpeng urubing damar yang bentuknya kecil. Uniknya di bagian kiri dan kanan tumpeng, sengaja ditempatkan lampu dari bambu.

  • Tumpeng Nujuh Bulan

Tumpeng ini dibuat sebagai bentuk syukur dari kehamilan yang sudah menginjak usia 7 bulan. Dibuat dari nasi putih dengan total 1 tumpeng berukuran besar serta 6 tumpeng berukuran kecil.

  • Tumpeng Pangkur

Tumpeng terakhir adalah tumpeng pangkur yang dibuat untuk selamatan orang yang telah meninggal. Tumpeng ini dibuat berwarna putih dengan berbagai macam lauk pauk yang mengelilinginya.

Tradisi dan adat yang berkembang di Indonesia memang sangat kompleks, oleh karena itu jenis tumpeng yang ada pun sangat banyak. Jika butuh nasi tumpeng untuk melengkapi sajian makanan di salah satu acara adat atau perayaan, bisa langsung pesan nasi tumpeng di Thamrin. Anda dapat memilih jenis tumpeng yang diinginkan dan besaran diameter tampah yang hendak digunakan sehingga jasa catering bisa langsung membuat pesanan sesuai keinginan Anda.

Jika membutuhkan catering terbaik maka Nasi Tumpeng Jakarta adalah pilihannya. Terdapat berbagai jenis nasi tumpeng yang bisa Anda pilih dalam bentuk paket dengan harga yang menarik. Untuk porsinya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga Anda dapat memastikan semua tamu undangan dapat merasakan kelezatan tumpeng tersebut. Tidak perlu khawatir karena tumpeng pesanan Anda akan langsung dikirimkan ke tempat acara berlangsung.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Balasan