Pesan Nasi Tumpeng di Kalisari Jakarta Timur

Pesan Nasi Tumpeng di Kalisari Jakarta TimurNasi tumpeng sering dijadikan sebagai pengganti kue tart di acara ulang tahun di Indonesia. Selain karena nasi tumpeng lebih bermakna namun juga lebih mengenyangkan saat disajikan. Satu tumpeng bisa dimakan beramai-ramai yang tentunya sangat menenangkan terutama bagi anak-anak yang ingin pengalaman baru. Bagi Anda yang ingin menyajikan tumpeng di acara ulang tahun anak tentunya harus memilih lauk yang cocok. Berikut beberapa ide lauk nasi tumpeng yang sesuai dengan selera anak-anak. 

Pesan Nasi Tumpeng di Kalisari Jakarta Timur

Ide Lauk Nasi Tumpeng Yang Cocok Untuk Ulang Tahun Anak

  • Ayam

Protein adalah lauk yang penting disajikan karena bisa memberikan nutrisi dan energy yang dibutuhkan anak. Dan ayam adalah sumber protein yang tinggi karena terdapat sekitar 23 gram protein.

Selain nutrisinya, ayam juga memiliki rasa yang sangat disukai oleh anak-anak. Di Indonesia ayam bisa diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, diungkep, dengan bumbu rempah dan sebagainya. Dengan demikian rasanya akan lebih unik dan tidak membosankan untuk disantap.

  • Kering tempe

Tempe adalah panganan khas Indonesia yang juga mengandung protein yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan 18 gram protein hanya dengan mengonsumsi 100 gram tempe. Dengan demikian lauk ini juga cukup sehat untuk disajikan bagi anak-anak.

Terlebih karena ada banyak cara menyajikan tempe dalam nasi tumpeng. Salah satunya adalah dengan dibuat menjadi kering tempe. Lauk ini sangat disukai anak-anak karena teksturnya yang krispi.

  • Urap

Selain protein tentunya Anda perlu menyediakan sayuran untuk anak-anak. Urap adalah pilihan yang tepat karena terbuat dari campuran berbagai sayuran seperti kacang panjang, taoge, kangkung dan kelapa parut. 

Dengan demikian terdapat berbagai nutrisi yang ada di dalam masakan ini yang tentunya berguna untuk anak. Saat pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur untuk anak pastikan rasanya tidak pedas agar anak bisa memakannya.

  • Telur

Salah satu lauk kesukaan anak-anak karena warnanya yang kuning cerah sehingga menggugah nafsu makan. Telur juga memberikan banyak protein dan lemak baik untuk anak sehingga cocok dijadikan sajian dalam nasi tumpeng.

Selain itu telur juga sangat mudah untuk diolah Anda bisa membuatnya menjadi telur dadar, telur mata sapi, telur suwir, telur rebus, telur balado dan sebagainya. Anda bisa memesan variasi yang paling disukai anak sehingga mereka senang memakannya.

  • Perkedel

Anak sangat menyukai perkedel karena rasanya yang lezat. Selain itu perkedel juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah dimakan. Rasaya yang gurih akan memberikan kontras yang nikmat saat dimakan dengan nasi tumpeng. 

Perkedel bisa dibuat menggunakan berbagai bahan seperti kentang, daging, sosis, kornet, dan sebagainya. Dengan tambahan bumbu yang sesuai tentunya akan membuat rasanya jauh lebih nikmat saat disantap.

  • Bihun atau Mie Goreng

Saat pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur online jangan lupa untuk meminta lauk berupa bihun atau mie goreng. Kedua lauk ini juga sangat disukai anak-anak karena teksturnya yang lembut.

Dengan bentuknya yang panjang bihun dan mie goreng juga bisa menjadikan tampilan nasi tumpeng lebih cantik. Anak yang tidak sukan makan nasi pun bisa dipastikan akan menyukai lauk ini sehingga mereka pasti mau menyantapnya.

  • Sate

Sebagai salah satu makanan khas Indonesia sate juga sangat disukai oleh anak-anak. Meskipun biasanya disajikan dengan lontong, ternyata sate juga sangat cocok disajikan sebagai lauk untuk nasi tumpeng.

Apalagi sate juga memiliki rasa yang unik perpaduan manis dan gurih yang tentunya sangat disukai oleh anak-anak. Selain itu anak-anak juga sangat suka menarik daging sate dari tusukannya. Sehingga jangan ragu untuk menambahkan lauk yang satu ini saat pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur terdekat.

  • Lalapan

Sayangnya banyak anak yang kurang suka dengan sayuran, untuk itu lalapan bisa jadi alternatif yang bagus. Dengan demikian anak akan tetap mengonsumsi sayuran meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak Anda bisa meminta untuk menambahkan lalapan yang lebih bervariasi. Tidak hanya dengan menyajikan timun tetap juga tomat bahkan kemangi. Semua sayuran tersebut sangat enak dan bernutrisi sehingga bagus untuk dikonsumsi anak.

Pesan Nasi Tumpeng di Tanjung Priok

Alasan Kenapa Tumpeng Merupakan Hidangan Yang Istimewa Untuk Ultah

  • Memiliki Sejarah yang Panjang

Keistimewaan yang pertama adalah tumpeng ternyata sangat erat dengan sejarah Indonesia. Terlebih karena Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik karena banyaknya gunung berapi di wilayah ini.

Meskipun pada awalnya nasi tumpeng digunakan sebagai penghormatan untuk dewa dewi yang bersemayam di gunung tersebut. Namun seiring berjalannya waktu penggunaanya juga mulai berubah. 

Di zaman modern ini tumpeng sering digunakan sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan. Karena itulah banyak yang menggunakan tumpeng pada berbagai acara mulai dari acara syukuran, peresmian, acara doa, sampai acara ultah.

  • Memiliki makna filosofis yang dalam

Saat pesan pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata tumpeng memiliki makna filosofis yang dalam. Ternyata tumpeng pada zaman dahulu menggambarkan tentang kebesaran, ikhlas, toleransi serta kekaguman pada Tuhan.

Hal ini juga dinyatakan pada bentuk tumpeng itu sendiri yang seperti kerucut yang lancip di atas namun dikelilingi oleh bermacam lauk di sekitarnya. Hal ini menggambarkan kehidupan dengan ekosistemnya yang beragam. Lancipnya kerucut sendiri menggambarkan agungnya Tuhan yang menciptakan alam di sekitarnya. 

Ternyata warna dari nasi yang digunakan untuk membuat tumpeng sendiri juga beragam. Untuk nasi yang berwarna putih menggambarkan kesucian dan untuk nasi yang berwarna kuning menggambarkan keluhuran dan kekayaan. 

Tidak hanya nasinya saja bahkan berbagai lauk yang digunakan untuk pendamping saat pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur pun juga memiliki makna tersendiri. Telur rebus digunakan untuk menggambarkan tekad yang bulat. Ayam digunakan untuk menggambarkan kepatuhan pada Tuhan, Ikan asin digunakan untuk menggambarkan kerja sama. 

Sedangkan sayuran yang disajikan digunakan untuk menggambarkan rezeki yang melimpah dan masih banyak lauk lainnya yang memiliki makna tersendiri. Bahkan setiap komponen sayuran yang digunakan pada urap pun memiliki makna khusus. Contohnya taoge, kangkung serta bayam sering digunakan untuk menggambarkan kesuburan, keyakinan serta kedamaian.

  • Memiliki cara pemotongan yang khusus

Saat akan memotong nasti tumpeng pun ternyata tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Orang yang pertama yang dipersilahkan untuk memotongnya biasanya adalah orang yang dituakan. Hal ini digunakan sebagai bentuk penghormatan.

Baru kemudian selanjutnya orang yang melaksanakan acaralah yang akan memotong tumpengnya sampai 3/4nya. Hal ini digunakan untuk menggambarkan rejeki yang dibagikan untuk semua orang.

  • Bisa disajikan pada berbagai acara

Pada zaman dahulu tumpeng disajikan pada berbagai acara khusus saja seperti acara adat, Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kemudahan pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur secara online sehingga penggunaannya pun semakin beragam.

Tidak hanya digunakan untuk acara adat saja namun juga acara keagamaan, syukuran, 17 Agustusan, ulang tahun bahkan acara kematian. Tentunya tampilan dari tumpeng yang dipesan akan disesuaikan dengan tujuan acaranya.

Infografik Jakarta Nasi Tumpeng

Tips Pesan Nasi Tumpeng di Kalisari Jakarta Timur

  • Pilihlah jenis yang sesuai

Mungkin banyak yang mengenal tumpeng yang berbentuk besar dan bisa dimakan bersama-sama. Namun saat ini tumpeng sudah ada jenis yang baru seperti tumpeng mini yang berbentuk kecil dan cocok untuk dimakan satu orang.

Kedua tumpeng tersebut tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Tumpeng yang besar akan terlihat lebih mewah dan cocok dijadikan acara utama pada event yang diselenggarakan. Sedangkan tumpeng mini lebih mudah disantap karena tidak perlu dipotong lagi. Karena itulah saat pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur Anda harus memilih jenis yang sesuai dengan acara yang diselenggarakan.

  • Pilih nasi yang sesuai

Meskipun biasanya nasi tumpeng dibuat menggunakan nasi kuning, ternyata ada banyak jenis nasi lain yang bisa digunakan. Contohnya adalah nasi merah, nasi putih serta nasi uduk yang tidak kalah gurihnya. Bahkan di zaman modern banyak yang menambahkan pewarna sehingga tampilan nasi terlihat lebih cantik. 

Karena itulah Anda harus memilih nasi yang sesuai dengan selera tamu undangan. Misalnya saja nasi merah mungkin akan lebih dinikmati oleh orang dewasa yang memperhatikan kesehatan makanannya. Sedangkan anak-anak mungkin akan jauh lebih menyukai tumpeng yang berwarna cantik.

  • Perhatikan hiasan yang digunakan

Hiasan yang digunakan pada tumpeng akan menentukan penampilan dari tumpeng yang di pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur. Apalagi zaman sekarang banyak yang kreatif dalam menghias tumpeng buatannya. Karena itulah penting untuk memperhatikan hiasan yang digunakan agar memastikan hiasan tersebut sesuai dengan tema acara.

Tumpeng untuk acara tradisional biasanya akan dihias menggunakan bahan tradisional seperti sayuran yang dibentuk seaneka rupa. Sedangkan untuk acara yang modern Anda bisa menambahkan hiasan berupa boneka bahkan hiasan plastik berupa kata-kata khusus yang sesuai dengan tema.

  • Perhatikan lauk penyertanya

Nasi tumpeng memang selalu disajikan dengan berbagai lauk sebagai penyertanya. Lauk ini tidak hanya mempercantik tampilan tumpeng namun juga menjadikannya lebih lezat. Karena itulah penting untuk memperhatikan lauk yang digunakan pada tumpeng.

Saat pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur Anda harus memastikan lauk sesuai dengan selera dari tamu undangan. Contohnya jika tamu undangan kebanyakan anak-anak maka pastikan bahwa lauk penyertanya tidak pedas. 

  • Sesuaikan jumlah atau ukuran tumpeng

Jika Anda memesan tumpeng berukuran besar maka Anda harus menanyakan pada penjual berapa banyak yang bisa memakan tumpeng itu. Dengan demikian Anda bisa tahu berapa tumpeng yang harus dipesan.

Untuk tumpeng mini maka prosesnya jauh lebih mudah karena satu tumpeng hanya ditujukan untuk satu orang saja. Maka Anda tinggal memesan sesuai dengan jumlah undangan yang Anda sebar. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit jumlahnya untuk berjaga-jaga agar tidak kurang konsumsi.

Jika Anda berniat untuk pesan nasi tumpeng di Kalisari Jakarta Timur maka bisa percayakan pada Jakarta Nasi Tumpeng. Kami menyediakan berbagai paket tumpeng yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Segera hubungi kami lewat 0812.9430.9199 atau email ke jakartanasitumpeng@gmail.com untuk pemesanan.

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *